Brilio.net - Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Banyak orang yang ingin menjalankan bulan Ramadan bersama orang-orang tercintanya. Orangtua, sahabat, maupun pasangan. Bulan puasa pun sering dijadikan momen untuk kembali bersilaturahmi dengan orang yang lama tak dijumpai.

Namun, betapa hancurnya perasaan saat orang yang dicintai justru meninggal dunia di bulan Ramadan. Kesedihan dan rasa kehilangan tentu saja sangat besar bersarang dalam hati, termasuk dari kalangan selebriti Tanah Air.

Sederet publik figur dan selebriti Tanah Air meninggal dunia di bulan Ramadan. Kabar meninggalnya mereka sontak membuat publik berduka, terutama orang terdekat dan penggemar. Yang terbaru adalah Adi Kurdi.

Pemeran Abah dalam sinetron Keluarga Cemara, yaitu Adi Kurdi dikabarkan meninggal dunia. Kabar tersebut dibenarkan oleh sahabat Adi Kurdi yang juga seorang penulis skenario, Harry Tjahjanto.

"Ya benar (meninggal dunia) tadi pukul 11.31," dikutip Liputan6.com.

Loading...

Dari penuturannya, Adi Kurdi meninggal dunia lantaran sakit di bagian otaknya.

"Serangan stroke, pembengkakan otak," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan jenazah Adi Kurdi akan dibawa ke rumah duka di Bengkel Teater Rendra, Depok.

"Rencana dimakamkan di Bengkel Teater Rendra," terangnya.

Sebelumnya, Adi Kurdi diketahui sempat dirawat di RS PON Cawang karena gangguan syaraf otak. Di kondisinya yang seperti itu, Adi Kurdi masih sempat terlibat dalam sebuah film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah.

Selain Adi Kurdi, ada beberapa seleb Tanah Air yang meninggal di bulan Ramadan dan kepergiaannya meninggalkan duka mendalam. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/5).

1. Hendrik Ceper.

Seleb meninggal saat Ramadan © 2020 brilio.net

foto: KapanLagi.com

Komedian Hendrik Ceper telah bertahun-tahun mengidap penyakit jantung. Pria bertubuh mungil itu dilarikan ke ICU pada 22 Juni 2016 silam. Kondisinya kritis sampai harus mendapat alat bantu pernapasan.

Hendrik Ceper meninggal dunia pada Minggu, 3 Juli 2016 dini hari. Berita kematiannya pertama kali diinformasikan oleh sahabatnya, Ustaz Zacky Mirza. Hendrik meninggal tepat tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri.

2. Julia Perez.

Seleb meninggal saat Ramadan © 2020 brilio.net

foto: Kapanlagi.com

Bertahun-tahun Julia Perez berjuang melawan penyakit kanker rahim. Kondisinya sempat membaik dan bisa kembali lagi ke dunia hiburan. Namun, penyakit yang dideritanya sejak 2014 membuatnya kembali terbaring di rumah sakit pada 2016.

Selama berbulan-bulan Julia Perez dirawat, keadaannya justru semakin menurun. Hingga akhirnya, pelantun lagu Belah Duren itu mengembuskan napas terakhirnya pada 10 Juni 2017 silam.

3. Yana Zein.

Seleb meninggal saat Ramadan © 2020 brilio.net

foto: Kapanlagi.com

Artis sinetron Yana Zein meningggal dunia pada Kamis 1 Juni 2017 di rumah sakit Mayapada, Jakarta Selatan. Artis cantik yang sering perankan tokoh antagonis ini harus menyerahkan hidupnya di usia 47 tahun akibat penyakit kanker payudara yang diidap sejak tahun 2015 silam.

Jenazah Yana Zein dimakamkan di TPM Bulak Lebar, Cinere, Depok pukul 16.45 WIB. Artis yang meninggal dunia karena kanker payudara itu kini sudah beristirahat dengan tenang.

4. Ustaz Arifin Ilham.

Seleb meninggal saat Ramadan © 2020 brilio.net

foto: Kapanlagi.com

Ramadan tahun 2019 lalu, kabar duka datang dari dunia dakwah Tanah Air. Ya, pada 22 Mei 2019 lalu, Ustaz Arifin Ilham berpulang ke sisi Tuhan setelah setahun terakhir berjuang melawan penyakit kankernya. Ustaz Arifin yang meninggal di Penang, Malaysia ini meminta untuk dimakamkan di Gunung Sindur.

5. Erwin Prasetya.

Seleb meninggal saat Ramadan © 2020 brilio.net

foto: Kapanlagi.com

Seniman yang juga meninggal pada saat bulan Ramadan adalah musisi Erwin Prasetya. Ia meninggal dunia pada 2 Mei lalu sekitar pukul 05.00 WIB di RS Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Pendiri dan mantan pemain bas Dewa 19 ini meninggal karena ada pendarahan di lambung. Ia meninggal pada usia 48 tahun.

Jenazahnya kemudian dimakamkan di TPU Keputih, Surabaya, Jawa Timur. Selama berkarier di belantika musik Tanah Air, Erwin Prasetya setidaknya telah membuat sejumlah lagu, seperti Misteri Ilahi, Kirana, Kamulah Satu Satunya, Still I'm Sure We'll Love Again, Sebelum Kau Terlelap, hingga Restoe Boemi.

6. Didi Kempot.

Seleb meninggal saat Ramadan © 2020 brilio.net

foto: Liputan6.com

Beberapa hari lalu, maestro campursari Didi Kempot, meninggal dunia pada Selasa (5/5). Ia mengembuskan napas terakhirnya di RS Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Didi Kempot meninggal dunia di usia 53 tahun akibat serangan jantung. Jenazahnya kemudian dimakamkan di TPU Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Sejumlah kalangan baik mulai dari Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, para pejabat, dan para politisi, hingga kalangan selebriti turut menghaturkan rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya.

Sepanjang hayatnya, Didi Kempot telah menciptakan lebih dari 700 lagu. Kepopuleran Didi Kempot tidak hanya di Indonesia, tetapi juga telah sampai di Amerika Latin, seperti Suriname.

7. Adi Kurdi.

Seleb meninggal saat Ramadan © 2020 brilio.net

foto: KapanLagi.com

Bintang serial Keluarga Cemara, Adi Kurdi meninggal dunia pada Jumat (8/5/) pukul 11.31 WIB. Dikutip Liputan6, salah satu sahabat Adi Kurdi menyatakan, rekannya itu meninggal dunia bukan karena Covid-19. Ia diketahui meninggal dunia karena stroke dan pembengkakan otak.

Adi Kurdi meninggal di usia 71 tahun. Ia adalah aktor senior Indonesia yang mulai eksis di dunia hiburan sejak tahun 1980-an. Ia pernah bergabung dengan Bengkel Teater pimpinan dramawan kenamaan W. S. Rendra. Kepiawaian Adi berteater sempat dipercaya oleh Rendra sebagai pemeran utama dalam pementasan teater Kisah Perjuangan Suku Naga yang terkenal.