Brilio.net - Setiap orang tua menginginkan anaknya terlahir secara sehat dan normal. Namun, ada kondisi tertentu yang membuat bayi lahir lebih cepat tidak pada waktunya atau kerap disebut prematur.

Akibatnya, bayi yang mereka lahirkan harus mendapatkan penanganan intensif karena berisiko terkena beberapa penyakit bahkan sampai meninggal dunia.

Sebagai orang tua pastinya akan memberikan yang terbaik agar sang buah hati tumbuh sehat dan berkembang seperti anak lainnya. Seperti beberapa seleb ini yang telah berjuang merawat bayi prematurnya, kini tumbuh sehat.

Penasaran siapa aja? Yuk, simak kisah perjuangan delapan seleb merawat bayi prematur yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (8/4), berikut. Bikin salut!

1. Asri Welas.

Loading...

Kisah perjuangan 8 seleb merawat bayi lahir prematur, bikin salut berbagai sumber

foto: Instagram/@asri_welas

Aktris senior Asri Welas melahirkan anak ketiganya pada 15 April 2019. Dirinya melahirkan lebih cepat 2 minggu dari hari perkiraan lahir (HPL) yang telah ditentukan. Asri diprediksi akan melahirkan pada 29 April 2019.

Buah hatinya ini diberi nama Renzo Gibrar Ridha Raharja. Renzo lahir dengan berat 1,94 kilogram, sehingga harus menjalani perawatan intensif. Meskipun sang anak masih dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU), Asri Welas tetap berjuang memberikan ASI untuk sang putra.

Berkat perjuangan, kesabaran kasih sayangnya, Renzo tumbuh menjadi anak yang sehat dan ceria.

2. Cynthia Lamusu.

Kisah perjuangan 8 seleb merawat bayi lahir prematur, bikin salut berbagai sumber

foto: Instagram/@cynthia_lamusu

Penyanyi Cynthia Lamusu harus melahirkan sepasang bayi kembarnya secara prematur pada 20 November 2016, melalui operasi caesar. Istri dari Surya Saputra ini diketahui harus melahirkan lebih cepat karena mengalami preeklampsia.

Bayi kembarnya diberi nama Atharva Bimasena Saputra dan Ataya Tatjana Aisyah Putri. Terlahir prematur, keduanya harus dirawat selama 2 minggu di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Di usianya yang sudah tidak lagi muda, Cynthia sempat kesusahan untuk mengeluarkan ASI. Berkat bantuan dokter, akhirnya dirinya berhasil mengeluarkan ASI pada hari ketiga meskipun masih sedikit.

Untuk memenuhi kebutuhan jumlah ASI yang cukup bagi sang anak, Cynthia memutuskan untuk tetap dibantu pendonor ASI. Aktris cantik, Tya Ariestya memberikan donor ASI bagi Bima, dan rekan Cynthia yang lain dipersiapkan untuk Tatjana.

3. Winda Viska.

Kisah perjuangan 8 seleb merawat bayi lahir prematur, bikin salut berbagai sumber

foto: Instagram/@windaviska

Penyanyi cantik, Winda Siska divonis terkena preeklampsia di kehamilan anak keduanya. Akibatnya, Winda harus menjalani persalinan melalui operasi caesar, lebih cepat dari waktu yang diprediksi sebelumnya pada 10 Oktober 2017.

Anaknya ini diberi nama Mahesa Mulya Tan yang terlahir dengan berat badan 2,02 kg. Sang anak ini sempat mengalami beberapa komplikasi dan sempat dirawat di ruang NICU.

Winda merawat putranya dengan penuh kesabaran, dirinya sangat memperhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuh anaknya. Dirinya menjaga sang putra selama 24 jam tanpa menggunakan jasa baby sister. Kini kesabarannya berbuah hasil, Mahesa sekarang tumbuh sehat dan telah memiliki seorang adik.

4. Joanna Alexandra.

Kisah perjuangan 8 seleb merawat bayi lahir prematur, bikin salut berbagai sumber

foto: Instagram/@joannaalexandra

Buah hati dari pasangan Joanna Alexandra dan Raditya Oloan, Ziona Eden Alexandra Panggabean lahir pada 24 Mei 2017 secara prematur. Hal itu dikarenakan detak jantung bayi dalam kandungan Joanna melemah.

Saat dilahirkan, bayinya tidak menangis, sehingga dibawa ke ruangan perawatan intensif. Selain itu, Ziona menderita kelainan pernapasan, jantung bocor, serta terlahir dengan kondisi kaki yang membengkok.

Perlahan kondisinya berangsur membaik berkat perhatian dan kasih sayang yang Joanna berikan. Hal itu terlihat dari unggahan Instagram pribadinya, Joanna kerap membagikan momen kebersamaan dengan Ziona. Tak hanya itu, Joanna juga memberikan sepatu khusus untuk membantu proses berjalan Ziona.

5. Aura Kasih.

Kisah perjuangan 8 seleb merawat bayi lahir prematur, bikin salut berbagai sumber

foto: Instagram/@aurakasih

Aktris cantik, Aura kasih telah melahirkan bayi perempuan secara caesar di salah satu rumah sakit di Jakarta, Minggu (16/6) tahun 2019.

Anak pertama Aura Kasih ini terlahir prematur. Sang buah hati diprediksi lahir beberapa minggu lagi, tepatnya Juli 2019. Namun, saat melakukan pemeriksaan, ternyata Aura Kasih sudah mengalami pembukaan.

Diketahui dari unggahan Instagram pribadinya, Aura Kasih kerap menggendong dan mengajak bermain sang anak. Bahkan saat sakit, anaknya dimanja dan diberikan banyak mainan boneka. Kini anak pertamanya yang diberi Arabella itu tumbuh menjadi anak yang periang.

6. Zaskia Gotik.

Kisah perjuangan 8 seleb merawat bayi lahir prematur, bikin salut berbagai sumber

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Penyanyi dangdut Zaskia Gotik telah melahirkan anak pertamanya dari pernikahannya dengan Sirajuddin Mahmud, pada Sabtu (7/11/2020) sore hari.

Anak berjenis kelamin perempuan ini diberi nama Arsila Bungalia Sirkiani. Zaskia Gotik mengungkapkan bahwa anak pertamanya dilahirkan secara normal dan prematur, sehingga bayinya harus jalani perawatan intensif. Perlahan anak pertama Zaskia Gotik kini tumbuh sehat dan menggemaskan.

Pemiliki goyangan 'Goyang Itik' ini sangat mencintai buah hatinya. Dirinya sangat memperhatikan kondisi anaknya agar tumbuh sehat seperti memberikan vaksin, spa dan konsultasi laktasi di Rumah Sakit Brawijaya.

7. Venna Melinda.

Kisah perjuangan 8 seleb merawat bayi lahir prematur, bikin salut berbagai sumber

foto: Instagram/@vennamelindareal

Pada tahun 2016 silam, Venna Melinda mengadopsi seorang bayi perempuan yang ia temukan dan diberi nama Vania Athabina. Vania merupakan bayi prematur yang memiliki berat 1,7 kg. Saat itu, Vania sempat keracunan akibat tali pusarnya belum dipotong oleh ibu kandungnya.

Setelah menjalani perawatan, Vania pulih dan sehat. Vania kini tumbuh menjadi gadis kecil yang cantik dan menggemaskan. Meski bukan anak kandungnya, Vania sangat dicintai Venna dan kedua kakak laki-lakinya.

Terbukti, Venna selalu memberikan yang terbaik untuk Vania, mulai dari susu formula yang diberikan, asupan gizi, pendidikan bahkan dirinya kerap memberikan hadiah untuk Vania.

8. Nikita Mirzani.

Kisah perjuangan 8 seleb merawat bayi lahir prematur, bikin salut berbagai sumber

foto: Instagram/@nikitamirzanimawardi_172

Nikita Mirzani menjalani proses persalinan caesar untuk melahirkan anak ketiganya. Dirinya mengaku merasa khawatir karena bayinya harus lahir prematur.

Menjadi single parent, tidak membuat Nikita terpuruk. Dirinya merawat anaknya, Arkana dengan sepenuh hati. Dirinya membatasi anaknya dari terpaan media, terbukti Nikita jarang mengunggah wajah anaknya.

Meskipun begitu, dirinya mengungkapkan bahwa dirinya selalu siaga apabila ada masalah terhadap anaknya. Ketika Arkana sakit, dirinya langsung memanggil dokter untuk memeriksanya.

Reporter: Desinta Ramadani