5. Irwansyah.

seleb ditipu oleh orang terdekatnya © Instagram

foto: Instagram/@irwansyah_15

Irwansyah juga mengalami pengalaman pahit menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh adiknya sendiri, Hafiz Fatur. Diceritakan, semua aset milik Irwansyah yang dikumpulkan dari hasil syuting siang malam hilang begitu saja karena ulah saudara sendiri.

Ia diduga memalsukan dokumen dan tanda tangan Irwansyah. Dokumen itu diketahui merupakan surat tanah hingga kendaraan mewah. Nama suami Zaskia Sungkar tersebut digunakan Hafiz Fatur untuk meminjam uang kepada bank. Hal ini membuat Irwansyah mengalami kerugian mencapai Rp 5 miliar.

6. Magdalena.

seleb ditipu oleh orang terdekatnya © Instagram

foto: Instagram/@mgdalenaf

YouTuber Magdalena atau ditipu karyawannya sendiri, GC yang kemudian dilaporkan oleh Magdalena ke Polda Metro Jaya pada 31 Agustus 2021. Atas penipuan tersebut Mgdalenaf mengaku merugi hingga Rp 2,4 miliar.

Penipuan tersebut diduga terjadi karena GC membuat invoice palsu. GC mengganti nomor rekening Magdalena dalam invoice menjadi miliknya.

7. Nirina Zubir.

seleb ditipu oleh orang terdekatnya © Instagram

foto: Instagram/@nirinazubir_

Kasus penipuan yang dialami oleh Nirina Zubir sempat bikin heboh publik. Nirina melaporkan penipuan yang dilakukan oleh asisten rumah tangga (ART) pada November 2021. Sang ART yang diketahui bernama Riri Kasmita diduga melakukan penggelapan aset berupa surat tanah.

Akibatnya, bintang film Keluarga Cemara itu mengalami kerugian mencapai Rp 17 miliar. Polisi telah menetapkan lima tersangka yang kemudian dikurangi jadi tiga.

8. Jessica Iskandar.

seleb ditipu oleh orang terdekatnya © Instagram

foto: Instagram/@inijedar

Jessica Iskandar juga melaporkan penipuan atas kasus penyewaan mobil di Bali. Ibu dua anak mengalami kerugian hampir Rp 10 miliar dalam bentuk mobil mewah dan uang.

Pelaku penipuan yang dilaporkan Jessica Iskandar diketahui bernama Christopher Stefanus Budianto atau dikenal Steven. Istri Vincent Verhaag itu menaruh kepercayaan pada Steven karena mereka teman sekaligus rekan bisnis yang baik.

9. Mpok Alpa.

seleb ditipu oleh orang terdekatnya © Instagram

foto: Instagram/@nina_mpokalpa

Komedian Nina Carolina atau Mpok Alpa baru-baru ini mengaku jadi korban penipuan dengan kerugian hingga Rp 2 miliar. Terlalu percaya dengan sahabat, Mpok Alpa mempercayakan uang hasil jerih payahnya bekerja untuk bangun rumah kepada sang sahabat.

Namun, naasnya uang tersebut dibawa kabur oleh sahabat yang sudah dipercayanya sejak lama. Pengisi acara OVJ itu menceritakan, uang Rp 2 miliar tersebut merupakan honor syuting sejak pertama jadi artis, 2018. Setiap honor syuting diserahkan ke sahabatnya untuk ditabung.