Brilio.net - Setiap orangtua yang ada di dunia ini pasti mengharapkan bayi yang sedang di dalam kandungan bisa lahir sesuai dengan hari perkiraan lahir (HPL) yang  telah di perkirakan. Segala usaha sudah barang tentu akan dilakukan untuk melahirkan buah hati dengan sempurna dan lancar.

Selain lancar dalam proses persalinan, pastinya para ibu juga berharap calon bayinya dalam keadaan sehat dan normal. Namun pada prosesnya, kadang sebuah rencana dan harapan tak semulus yang diharapkan. Begitu banyak perjuangan-perjuangan yang harus dilakukan untuk persalinan.

Banyak rintangan yang harus dihadapi para orangtua mulai dari kelahiran bayi lahir lebih awal hingga perawatan yang intens agar bayi bisa tetap sehat. Salah satu kisah perjuangan para ibu melahirkan adalah kelahiran bayi prematur. Kelahiran bayi presmatur ini  bisa disebabkan karena berbagai hal. Mulai dari pre-eklampsia, diabetes gestasional, kondisi kandungan yang tidak sehat bahkan infeksi saluran kemih.

Bayi prematur lahir sebelum usia kandungan 37 minggu dengan berat badan kurang dari 2,5 kilogram. Organ tubuh yang belum berkembang sempurna berisiko pada bayi mengalami masalah kesehatan. Sehingga bayi prematur membutuhkan bantuan alat medis untuk bertahan hidup.

Hal tersebut tak hanya dialami oleh para orang biasa. Banyak juga dari para selebritis yang penuh perjuangan saat persalinan. Berikut kisah haru perjuangan para selebriti tanah air yang harus melahirkan lebih cepat yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin(22/4).  

Loading...

1. Asri Welas

Seleb melahirkan lebih cepat   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@asri_welas

Beberapa hari menjelang persalinan, Asri Welas harus mendapat sejumlah perawatan karena mengalami permasalahan kandungannya. Salah satunya Asri di infus untuk menambahkan air ketubannya yang kurang. Setelah dirawat beberapa hari, kondisi kandungannya semakin membaik.

Sempat mengalami masalah, Asri Welas akhirnya bisa melahirkan anak ketiganya di RSIA Bunda Jakarta melalui proses persalinan operasi caesar. Sesaat setelah dilahirkan, bayi laki-laki yang diberi nama Renzo Gibrar Ridharaharja tersebut harus dibawa ke Neonatal Intensive Care Unit (NICU) karena kesehatannya mengalami gangguan. Meskipun sang anak masih dirawat di NICU, Asri Welas tetap berjuang memberikan ASI untuk sang putra.

2. Chynthia Lamusu

Seleb melahirkan lebih cepat   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@cynthia_lamusu

Istri dari aktor kawakan Surya Saputra ini melahirkan anak kembarnya lebih cepat satu bulan dari tanggal prediksi obgyn. Chynthia Lamusu telah melahirkan bayi kembar putra dan putrinya pada 20 November 2016 lalu melalui persalinan caesar.

Saat itu tekanan darah tinggi yang dialami Chynthia berpotensi pada pre-eklampsia. Akhirnya putrinya yang bernama Tatjana lahir dengan berat 2.100 gram dan Bima hanya 1.200 gram. Setelah melahirkan, bayi perempuannya itu sempat dirawat selama 2 minggu di NICU. Sedangkan bayi laki-lakinya membutuhkan waktu lebih lama yaitu 1 bulan lebih 3 hari. Kini Cynthia dan buah hatinya sering mengunggah momen kebersamaan di akun Instagramnya.

3. Joanna Alexandra

Seleb melahirkan lebih cepat   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

Tak hanya dialami oleh Asri Welas dan Cynthia Lamusu, perjuangan saat melahirkan juga dirasakan oleh Joanna Alexandra. Joanna melahirkan anak keempatnya di Maret 2017 saat usia kandungan baru 36 minggu lebih 3 hari.

Saat itu diketahui kondisi detak jantung sang bayi lemah sehingga membuat dokter menyarankan Joanna untuk segera melahirkan bayinya. Saat hamil dirinya sempat mengalami infeksi dan leukosit tinggi. Pasca kelahiran, Si Kecil Zio juga mengalami penyempitan saluran pernapasan sehingga memerlukan perawatan intensif di rumah sakit. Akhirnya Joanna dan buah hatinya berhasil melewati masa sulit itu.

4. Winda Viska

Seleb melahirkan lebih cepat   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@windaviska

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini melahirkan anak keduanya pada 10 Oktober 2017 lalu. Sementara dokter telah memprediksi kelahirannya pada pada 9 November 2017. Sebelum melahirkan, Winda mengalami pre-eklampsia selama 20 minggu terakhir kehamilannya. Bayi yang diberi nama Mahesa Mulya tan tersebut lahir dengan berat 2,02 kilogram dalam keadaan sehat meski paru-paru yang belum berfungsi sempurna. Namun akhirnya buah hatinya tersebut tumbuh berkembang dengan baik hingga saat ini.

5. Dea Mirella

Seleb melahirkan lebih cepat   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@deamirella

Penyanyi Dea Mirella harus rela kehilangan calon anaknya dengan Roy Hasby setelah menunggu selama lebih dari 2 tahun usia pernikahan mereka. Kandungan Dea terpaksa dilahirkan lebih cepat saat berusia 5 bulan pada 21 April 2016. Namun, Dea kehilangan nyawa bayinya yang diberi nama Radja Amundra Hasby.

6. Aldila Jelita

Seleb melahirkan lebih cepat   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@dhila_bekti

Istri Indra Bekti ini juga mengalami infeksi saluran kemih berat di trimester kedua kehamilannya. Hal tersbeut mengakibatkan bayi yang dikandungnya harus segera dilahirkan saat usia kandungan 22 minggu.

Akhirnya Aldila melahirkan pada 31 Januari 2017 pukul 23.43 WIB, namun malang bayi laki-lakinya hanya bertahan 23 menit sebelum meninggal dunia.

7. Metha Yunatria

Seleb melahirkan lebih cepat   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@methayuna

Metha yang merupakan istri Uki Noah ini diketahui melahirkan saat usia kandungan masih 6 bulan. Hal tersebut terjadi karena Metha mengalami pecah ketuban. Sayangnya, bayi perempuan yang diberi nama Fatimah binti Mohammad Kautsar Hikmat tidak mampu bertahan dan meninggal dunia setelah dilahirkan.