Brilio.net - Pepatah mengatakan bahwa ada pertemuan maka ada juga perpisahan. Makna dari pepatah tersebut pun memiliki banyak arti, salah satunya adalah berpisah karena ditinggal 'pergi' untuk selamanya. Ditinggal pergi oleh seseorang yang kita sayangi, misalnya oleh orangtua memanglah berat dan pilu. Momen tersebut menjadi bagian hidup yang menyedihkan bagi banyak orang.

Orangtua senantiasa merawat dan menjaga anaknya agar hidup sang anak dapat lebih baik dari mereka. Makin menyedihkan ketika ditinggal pergi oleh orangtua saat usia kita masih muda, di mana kita belum bisa membalas kebaikan mereka.

Proses pendewasaan tanpa adanya orangtua pun juga menjadi hal yang menyedihkan bagi banyak orang. Seringkali, kehilangan orangtua di usia muda membuat orang harus bekerja keras dan memotivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Tidak jarang, beberapa anak menggantikan peran orangtua untuk menafkahi keluarganya. Hal ini dirasakan banyak orang, termasuk seleb. Beberapa seleb yang masa mudanya telah kehilangan orangtua bahkan harus menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Mereka bekerja keras dan hidup lebih mandiri dari teman-teman lainnya agar bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Siapa saja mereka?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (16/6), berikut kisah deretan seleb Indonesia yang merasakan kehilangan orangtua saat masa mudanya.


1. Raffi Ahmad.

foto: Instagram/@raffinagita1717



Kepergian sang ayah saat Raffi Ahmad berumur 16 tahun membuat dirinya menjadi tulang punggung keluarga. Ia bekerja keras banting tulang untuk keluarganya lantaran ia satu-satunya lelaki, adik-adiknya masih sekolah dan ibunya bekerja di rumah.

Sebelum kepergiannya, sang ayah sempat menginginkan foto bersama keluarga, namun hal tersebut tidak jadi lantaran Raffi belum pulang.


2. Febby Rastanti.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@ebbyrastanty



Di usianya yang masih terbilang muda, Febby Rastanti harus bangkit saat mengetahui ayahnya meninggal karena menderita kanker. Satu hari sebelum kepergiannya, Febby sempat mengobrol dengan sang ayah. Sebelum meninggal, sang ayah pun sempat mengungkapkan harapannya untuk bisa melakukan ibadah umrah.


3. Tasya Kamila.

foto: Instagram/@tasyakamila



Tasya Kamila kehilangan sang ayah di usia mudanya. Kepergian sang ayah secara mendadak diketahui akibat serangan jantung. Sang ayah memang enggan memeriksakan diri ke dokter. Tasya pun mengikuti acara wisuda tanpa sang ayah, satu tahun setelah kepergiannya.


2 dari 3 halaman



4. Nikita Willy.

foto: Instagram/@nikitawillyofficial94



Beberapa waktu lalu Nikita Willy ditinggal pergi ayahnya. Meski keduanya tidak tinggal di tempat yang sama lantaran kedua orangtuanya telah bercerai, namun hubungan antara ayah dan ini tetap harmonis. Lebaran tahun ini menjadi momen lebaran pertama bagi Nikita Willy tanpa sang ayah.


5. Puti Titian.

foto: Instagram/@putrititian



Putri Titian kehilangan sang ayah saat mengandung anak kedua, ini membuat hidupnya sangat terpukul kala itu. Terlebih lagi malam sebelumnya, sang ayah masih beraktivitas seperti biasa dan sempat berkumpul bersama keluarga. Sang ayah dikenal sebagai orang yang selalu mendukung anak-anaknya.


6. Mikha Tambayong.

foto: Instagram/@miktambayong



Ibu Mikha Tambayong meninggal karena penyakit autoimun. Ibunya pergi saat usianya masih muda. Mikha benar-benar menyayangi ibunya. Kala itu hidupnya terpuruk lantaran ditinggal sang ibu. Ia juga tampak sedih karena tidak bisa mendampingi ibunya di detik-detik kepergiannya.


3 dari 3 halaman


7. Vino G Bastian.

foto: Instagram/@vinogbastian__



Beberapa bulan lalu, ibunda Vino G Bastian meninggal dunia. Ternyata, sang ayah lebih dahulu meninggalkan dirinya ketika Vino masih muda. Vino harus merelakan kepergian sang ayah saat usianya 24 tahun. Saat sang ayah meninggal, Vino harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.


8. Dinda Hauw.

foto: Instagram/@dindahw



Meski sudah menjadi sukses, namun kepergian sang ayah tetap membuat Dinda Hauw terpuruk untuk beberapa saat hingga mampu bangkit lagi. Diketahui, ayahnya meninggal akibat penyakit ginjal. Sang ayah tampak akrab dengan Dinda semasa hidupnya. Dinda juga menuruti keinginan sang ayah agar dimakamkan di Palembang.


9. Dea Annisa.

foto: Instagram/@deaaannisa



Kehilangan ayah saat berada tidak di sampingnya merupakan hal yang sangat menyedihkan. Ini juga dirasakan oleh Dea Annisa yang sempat merasa terpukul lantaran kehilangan sang ayah saat dirinya menjalani pendidikan di Korea. Sang ayah sempat dirawat di rumah sakit, namun sayangnya takdir berkata lain.



[crosslink_1]