Brilio.net - Orangutan adalah salah satu satwa langka di dunia. Satwa yang bernama lain mawas ini mempunyai lengan panjang dan berbulu lebat berwarna cokelat atau kemerahan. Orangutan hidup di hutan hujan tropis seperti Kalimantan atau Borneo dan Sumatra.

Orangutan terdiri dari dua jenis spesies, yakni orangutan Kalimantan/ Borneo (Pongo pygmaeus) dan orangutan Sumatra (Pongo abelii). Orangutan Kalimantan dan orangutan Sumatra memiliki beberapa perbedaan, salah satunya terletak pada bentuk muka. Orangutan Kalimantan mempunyai bantalan pipi yang lebar. Sehingga bagian wajah terkesan lebih membulat. Sedangkan Orangutan Sumatra memanjang pada bagian dagu.

Banyak organisasi lingkungan dan satwa liar maupun aktivis yang turun untuk merawat orangutan agar tetap lestari. Salah satunya adalah BOS Fondation yang merawat setidaknya 530 ekor orangutan. Satwa tersebut terlalu lama di kandang sehingga orangutan kehilangan adaptasi di alam liar.

BOS Fondation mempunyai misi untuk memindahkan orangutan tersebut dari kandang menuju hutan-hutan yang aman. Mereka akan megawasi setiap tingkah laku hewan langka tersebut. Tahun lalu, saat pelepasan satwa liar, banyak selebriti yang terlibat. Mereka sangat antusias dalam kegiatan tersebut. Aksi tersebut berjalan dengan lancar.

Tahun 2019, BOS Fondation akan turun ke hutan lagi dengan menggaet aktivis lingkungan salah satunya dari kalangan selebritis. Kampanye dengan menggunakan tagar #orangutanfreedom kini marak diikuti. Setiap unggahan foto bernilai 1 USD untuk disumbangkan kepada orangutan kembali ke hutan.

Loading...

Berikut deretan selebriti yang aktif melestarikan orangutan yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (9/5).

1. Sophia Latjuba

artis peduli orangutan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sophia_latjuba88

Sophia Latjuba termasuk selebritis yang pernah mengikuti pelepasan Orangutan. Ia mengaku gembira bisa terlibat dalam kegiatan tersebut. Sophia Latjuba bersama kawan-kawan aktivis membawa orangutan ke hutan menggunakan mode transportasi darat dan air saat menyeberangi sungai di tengah hutan.

Sophia juga meyertakan keterangan pada foto tersebut.

"A step away from freedom, we're taking them home!" Orangutans play a key role in forest ecology and regeneration! As you know, humans need forests, forests need orangutans, therefore we need orangutans!"

Sophia Latjuba menjelaskan betapa pentingnya orangutan untuk ekologi dan keberlangsungan hutan. Begitupun manusia yang butuh hutan, berarti manusia juga butuh orangutan.

2. Richard Kyle

artis peduli orangutan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@richo_kyle

Seperti foto yang diunggahnya di akun media sosial, Richard Kyle mengikuti hastag #orangutanfreedom. Hal ini bukan tanpa sebab, kekasih Jessica Iskandar tersebut pernah terlibat dalam pelepasan orangutan ke hutan bebas. Ia pernah mengunggah foto bersama orangutan yang hendak dilepaskan.

"Happy World Orangutan day! To sit at a distance and admire this beautiful creatures gain life skills while going about their daily activity is a true honour. I know this little one will get the chance to grow up to be the true man of the forest someday @bosfoundation #happyworldorangutanday #bosf #saveorangutan #bluebirdgroup ðŸ“," kata Richard yang mengaku mendapat pelajaran banyak tentang makhluk hidup dan keterampilan sehari-hari.

3. Ridho Hafiedz

artis peduli orangutan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@dho_hafiedz

Ridho Hafiedz dikenal sebagai pribadi yang tertarik dengan satwa liar. Ridho Hafiedz atau yang lebih akrab dengan nama Ridho Slank mengikuti acara pelepasan orangutan. Ia juga mengikuti tagar #orangutanfreedom yang diselenggarakan oleh BOS Fondation. Ia juga pernah mengunggah video pelepasan orangutan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Senang bisa melepas liarkan Restu salah satu dari 6 Orangutan ke habitatnya. #Repost @bosfoundation with @get_repost Welcoming #InternationalPrimateDay with the release of 6 Orangutans to Kehje Sewen! After a challenging #OrangutanFreedom journey, we have successfully released 6 more rehabilitated orangutans to the Kehje Sewen Forest! A huge Thank You to everyone for your support > http://bit.ly/17thReleaseSL #SaveOrangutans #OrangutanRelease -------- Kami menyambut #HariPrimataSedunia dengan melepasliarkan 6 orangutan ke Kehje Sewen! Setelah perjalanan #OrangutanFreedom yang menantang, kami kembali berhasil melepasliarkan 6 orangutan rehabilitan ke Hutan Kehje Sewen! Terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak > http://bit.ly/Release17SL

A post shared by Ridho Hafiedz (@ridho_hafiedz) on

Ia mengaku senang bisa terlibat di acara pelepasan orangutan.

"Senang bisa melepas liarkan Restu salah satu dari 6 orangutan ke habitatnya," kata Ridho.

4. Davina Veronica

-foto: Instagram/@davinaveronica

Model berparas cantik Davina Veronica juga mengikuti kegiatan pelepasan orangutan. Ia pernah mengunggah sebuah video pendek yang berisikan dirinya dan tim sedang bersama Taymur, seekor orangutan yang 2 tahun lebih berada di Kuwait. Taymur masuk penangkaran akibat perdagangan ilegal skala internasional. Ia menjemput Taymur bersama tim BOS Fondation ke bandara. Ia menjelaskan bahwa orangutan adalah harta karun ciri khas Indonesia. Davina merasa bangga bisa terlibat melestarikan hutan-hutan yang ada di Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Taymur yang akhirnya pulang ke Indonesia, 17 April 2017. Dua tahun lamanya ia berada di Kuwait, sejak 2015, akibat diperdagangkan secara ilegal skala internasional. Bangga dan merasa terhormat saat itu aku dan @dominiquediyose bisa turut menjemput baby taymur di airport bersama tim BOS Foundation. Orangutan adalah salah satu hewan ciri khas Indonesia, salah satu ‘harta karun’ yang dimiliki oleh bangsa ini. Indonesia harus bangga dengan orangutan. Bangga dengan tetap menjaga kelestarian orangutan dan keamanan hutan-hutan di Indonesia. Sudah saatnya Pemerintah Indonesia untuk segera merevisi Undang-Undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Karena UU yang sekarang ini tidak cukup efektif untuk mencegah atau mengatasi aktivitas perburuan dan perdagangan satwa liar secara ilegal. Karena ancaman hukuman pidanan bagi pelaku sangat rendah, sehingga tidak menimbulkan efek jera. Menurutku revisi ini adalah sesuatu yang mendesak dan harus menjadi prioritas karena saat ini ada satwa yang dinyatakan hampir punah belum dilindungi Undang-Undang, seperti orangutan salah satunya. Catatan juga menyebutkan bahwa kejahatan satwa liar secara global menempati posisi kedua setelah kejahatan narkotika. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan nilai kerugian negara akibat perdagangan satwa liar secara ilegal diperkirakan mencapai Rp. 13 Triliun per tahun. Namun jangan sekedar dilihat sebagai pemahaman satwa secara individu (kerugian perdagangan), tapi fungsinya di ekosistem, kalau dia hilang bagaimana ekosistem bisa runtuh, maka kemudian ini menjadi kerugian kehidupan keberlanjutan negara. Haruskah kita menunggu sampai satwa-satwa ini punah dan baru akhirnya menyadari betapa pentingnya peran mereka di alam untuk keberlangsungan kehidupan di bumi? ------------------------- Repost from @bosfoundation . #BabyBulletin: Taymur direpatriasi dari Kuwait setelah diselamatkan dari kecelakaan lalu-lintas terkait penggunaan narkotika! Kamu dapat mengadopsi Taymur dan membantu proses rehabilitasinya, di sini> http://bit.ly/AdoptTaymur #SaveOrangutans #OJS #OrangutanJungleSchool

A post shared by Davina Veronica Hariadi (@davinaveronica) on

Davina Veronica merupakan aktris sekaligus aktivis lingkungan. Ia mempunyai tempat penangkaran anjing. Baru-baru ini Davina melakukan protes terhadap materi stand up comedy Pandji Pragiwaksono yang dinilai menghina kucing.