Brilio.net - Menikah bukanlah halangan bagi seseorang untuk terus menimba ilmu hingga jenjang Perguruan Tinggi. Kendati bukan hal yang mudah, nyatanya sederet selebriti ini tetap berusaha menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah meski sudah berumah tangga.

Dengan segala perjuangannya, mereka berhasil membuktikan jika dirinya memiliki manajemen yang baik dalam mengurus pekerjaan domestik, bekerja di industri hiburan, dan berkuliah, dengan menyabet gelar sarjana.

Nggak sedikit pula yang mampu menuntaskan kuliahnya saat tengah mengandung buah hati. Meski begitu, mereka membuat bangga atas prestasinya dengan mendapatkan nilai cumlaude. Nggak salah jika kegigihan mereka dalam belajar patut diapresiasi dan diacungi jempol.

Nah, bagaimana kisah seleb yang lulus kuliah S1 usai menikah? Yuk, simak ulasannya di bawah ini seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (5/8).

1. Rachel Vennya.

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: Instagram/@rachelvennya

Saat dipersunting Niko Al Hakim pada tahun 2017, Rachel Vennya belum menamatkan pendidikan S1-nya. Keduanya lalu lulus secara berbarengan dari kampus yang sama LSPR pada Oktober 2019. Saat sidang skripsi dilaksanakan, diketahui bahwa Rachel tengah hamil anak kedua, Aurorae Chava Al Hakim.

2. Anissa Aziza.

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: YouTube/Anissa Aziza

Anissa Aziza baru sempat menyelesaikan pendidikan S1-nya setelah menikah dengan Raditya Dika. Sempat tertunda, artis kelahiran 1994 ini berhasil meraih gelar sarjana Ilmu Komunikasi saat tengah mengandung anak pertamanya, Alinea Ava Nasution.

"Aku sempet nunda kuliah karena satu dan lain hal, tapi akhirnya tahun kedua aku daftar di Bandung. Aku sempet vakum juga karena persiapan pernikahan waktu itu. Terus lanjut lagi, tapi terus cuti lagi," terangnya lewat laman YouTube-nya.

3. Shireen Sungkar.

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: Instagram/@shireensungkar

Setelah sempat menunda kuliah di semester 6, istri Teuku Wisnu ini akhirnya berhasil meraih gelar sarjana dari Universitas Prof Dr Moestopo pada 2017 lalu. Total, ia menghabiskan waktunya selama 6 tahun untuk bisa lulus dari jurusan Public Relations.

"Makasi abi dukungannya makasi mama papa @fenny.bauty @marksungkar doanya dukungannya ,,ahirnya bisa selesai doain bisa bermanfaat ilmunya," ucap Shireen lewat Instagram.

4. Donita.

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: Instagram/@donitabhubiy

Donita menyelesaikan pendidikan S1-nya di jurusan ilmu komunikasi Universitas Pembangunan Jaya setelah menikah dengan Adi Nugroho. Berhasil lulus dengan nilai cumlaude, Donita menuntaskan kuliahnya saat sedang hamil.

5. Najwa Shihab.

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: Instagram/@najwashihab

Presenter kondang, Najwa Shibab lulus kuliah setelah menikah dengan Ibrahim Assegaf. Saat dipersunting oleh sang suami di Solo pada tahun 1997, ia masih mengenyam semester tiga di fakultas hukum, Universitas Indonesia.

"Iya, 20 tahun aku (menikah), semester tiga di Fakultas Hukum UI waktu itu. Aku ingat semua yang datang ke kawinan, kayaknya sekampus dateng deh, sama seluruh teman SMA datang," ujar putri Quraish Shihab ini seperti dilansir dari kanal YouTube Merry Riana.

"Waktu itu abi, my dad dan mama memang syaratnya cuma satu kalau memang mau nikah. Sekolahnya nggak boleh berhenti, jadi pendidikan itu tetap harus, jadi kalau mau nikah ya nggak apa-apa, asal make sure kuliahnya tetap kelar," imbuhnya.

6. Arumi Bachsin.

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: Instagram/@arfenz20

Dipersunting oleh Bupati Trenggalek, Emil Dardak, Arumi Bachsin disibukkan dengan tugas negara. Namun, kesibukannya sebagai istri Bupati dan ibu dua orang anak tak menghalanginya untuk melanjutkan pendidikan.

Ia berhasil lulus S1 dari Jurusan Ekonomi Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung. Istri dari Emil Elestianto Dardak ini lulus degan raihan IPK 3,4 yang berperdikat sangat memuaskan.

7. Virnie Ismail.

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Kebahagiaan juga dirasakan oleh Virnie Ismail usai berhasil jenjang kuliah S1. Ia menyelesaikan studi kuliahnya ditengah kondisi hamil buah cinta keduanya dengan Ferry Indrayudha. Kendati penuh perjuangan, keberhasilannya menjadi kado terindah baginya dan calon buah hati.

"Kalau buat saya, kuliah lama itu tidak perlu dikutip. Bagi saya niat adalah utama, apalagi saya di tengah kehamilan 5 bulan dan ada anak pertama usia 3 tahun," terangnya dilansir dari Kapanlagi.com.

8. Vira Yuniar.

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Dipersunting Teuku Ryan, Vira Yuniar berhasil menyelesaikan studinya di bangku kuliah dan berhasil meraih gelar Sarjana Komunikasi saat tengah hamil delapan bulan. Sama seperti Rachel Vennya, Anissa Aziza, dan Donita, Vira Yuniar juga baru lulus saat sedang hamil.

9. Sarah Gibson

kisah seleb lulus kuliah usai menikah © berbagai sumber

foto: Instagram/@sarahgibson21

Keberhasilan selebgram Sarah Gibson menuntaskan pendidikan S1-nya menjadi kebahagiaan tersendiri, usai dipersunting Diska Resha Putra pada 31 Januari lalu. Setelah 4 tahun berjuang, ia mendapat gelar sebagai Sarjana Hukum.

"Perjuangan 4 tahun finally paid off! (Unofficially) Sarah Alana Gibson S.H," terangnya.