Brilio.net - Dari tahun ke tahun, tren pengibaran Bendera Merah Putih di dalam air mendapat sambutan antusias meriah dari masyarakat. Bukan hanya karena unik, pengibaran bendera ini sekaligus membawa pesan kepada warga Indonesia untuk menjaga keseimbangan ekosistem dasar laut serta sebagai bentuk rasa cinta dan syukur terhadap ibu pertiwi.

Seperti diketahui, setiap bulan Agustus masyarakat Indonesia akan merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Tahun ini Republik Indonesia genap berumur 74 tahun. Bersamaan dengan kemeriahan semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Ancol mempersembahkan rangkaian acara yang akan meramaikan hari jadi Indonesia nanti.

Salah satu rangkaian acara tersebut adalah Pengibaran Bendera Merah Putih dalam air di Sea World Ancol. Pengibaran bendera umumnya dilaksanakan di lapangan, namun kali ini pengibaran sang saka merah putih akan dilaksanakan di dalam air. Tepatnya di dalam akuarium dengan kedalaman 6 meter di antara ribuan ekor ikan.

Pengibaran bendera yang luar biasa ini juga akan dilakukan oleh bintang tamu spesial yaitu penyanyi muda berbakat Aaliyah Massaid yang tentu saja akan ditemani oleh para penyelam profesional. Kegiatan pengibaran bendera di dalam air ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak hanya saat Hari Kemerdekaan saja, ada juga artis yang mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah air karena kecintaannya pada Tanah Air. Nah, pastinya kamu penasaran bukan, siapa saja seleb yang berhasil mengibarkan Merah Putih dengan cara unik ini?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (14/8), berikut 5 seleb yang mengibarkan Merah Putih di dalam air.


1. Aaliyah Massaid.

Seleb kibarkan Merah Putih di dalam air   © 2019 brilio.net

foto: Liputan6.com



Aaliyah Massaid ikut merayakan HUT RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 nanti. Perayaan yang dilakukan putri mendiang Adjie Massaid dan Reza Artamevia ini pun terbilang tak biasa, sebab Aaliyah Massaid menjadi salah satu pengibar bendera di Aquarium Utama Sea World.

Pada Senin (12/8) lalu, Aaliyah Massaid tampak sedang berlatih bersama dengan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) sebagai persiapan untuk mengibarkan bendera di bawah air.

Berlatih mengibarkan bendera di bawah air jelas bukan hal mudah bagi Aaliyah Massaid. Apalagi, ia harus melakukannya di akuarium Sea World yang dipenuhi dengan ikan laut yang mempesona.

Sebuah insiden kecil sempat mewarnai jalannya latihan pengibaran bendera yang dilakukan Aaliyah Massaid. Ia sempat berteriak karena ada seekor ikan pari yang menghampirinya.


2. Marsha Aruan.

Seleb kibarkan Merah Putih di dalam air   © 2019 brilio.net

foto: Liputan6.com



Selain Aaliyah Massaid, Marsha Aruan yang merupakan sahabatnya juga berkesempatan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di kedalaman air di SeaWorld dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-73 lalu. Bukan hal yang mudah untuk bisa mengibarkan Bendera Merah Putih di dalam air. Marsha Aruan sendiri bertindak sebagai pembawa bendera pada upacara tersebut.

Marsha terlihat mengenakan kemeja putih panjang serta celana panjang putih. Di atas kepalanya, melekat peci hitam dengan pin burung garuda. Tak ketinggalan, di lehernya melekat dasi kacu merah putih.

Sebelum terjun ke akuarium utama, Marsha terlebih dahulu melakukan persiapan di kolam adaptasi. Dalam kolam tersebut, ia sempat mengutarakan ketakutannya. Namun setalah naik ke permukaan, Marsha Aruan menceritakan rasa bangganya terpilih menjadi salah satu pengibar Bendera Merah Putih pada 17 Agustus tahun 2018 lalu di Seaworld.


3. Aurelie Moeremans.

Seleb kibarkan Merah Putih di dalam air   © 2019 brilio.net

foto: Dream.co.id



Atraksi mengibarkan Bendera Merah Putih di dalam air ini memiliki keunikan tersendiri, karena melibatkan para penyelam profesional dan diiringi oleh lagu Indonesia Raya. Pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu, pengibaran bendera diikuti oleh aktris muda berbakat yaitu Aurelie Moeremans.

Kekasih Marcello Tahitoe alias Ello ini mengibarkan bendera bersama para penyelam profesional di akuarium Sea World dengan kedalaman hingga 6,5 meter dan di antara ribuan ikan. Tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pemeran film Catatan Dodol Calon Dokter tersebut.


4. Chua Kotak.

Seleb kibarkan Merah Putih di dalam air   © 2019 brilio.net

foto: Liputan6.com



Pengalaman mengibarkan bendera di dalam air juga dirasakan oleh bassis Kotak, Swasti Sabdastantri alias Chua. Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, Chua mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah air di Sea World Ancol pada 17 Agustus 2015 silam.

Hal tersebut merupakan kali pertama dirinya melakukan pengibaran bendera tersebut. Meski demikian, wanita asli Makassar ini mengaku, bahwa menyelam di Sea World, Ancol, merupakan impiannya sejak kecil. Bahkan, untuk menampilkan hasil yang maksimal, Chua rela berlatih menyelam dan ditemani hiu.


5. Nadine Chandrawinata.

Seleb kibarkan Merah Putih di dalam air   © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nadinelist



Artis cantik Nadine Chandrawinata sudah lama dikenal sebagai selebriti yang mencintai lingkungan. Nadine juga aktif menyuarakan agar masyarakat turut menjaga alam. Di tengah dedikasinya itu, istri dari Dimas Anggara ini juga tentu saja jago menyelam.

Kemampuan Nadine dalam menyelam sepertinya sudah tidak diragukan lagi. Ia beberapa kali membuat bangga, salah satunya dengan berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di dalam laut. Nadine Chandrawinata mengibarkan Bendera Merah Putih di laut Raja Ampat. Saking hobinya, Nadine juga mengatakan jika menyelam sudah jadi kegiatan rutinnya sekali dalam sebulan.