Brilio.net - Tak melulu tentang sesuatu yang bersifat ketenaran atau kesenangan duniawi, ada pula beberapa artis yang melakukan kegiatan mulia, salah satunya membangun pesantren. Pembangunan pesantren tentu saja tidaklah mudah karena membutuhkan banyak dana, lahan yang luas, serta tekad besar untuk merealisasikannya.

Beberapa artis pun dengan kerelaannya menyedekahkan harta untuk membangun pesantren yang menjadi tempat belajar bagi para santri.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/5), para artis yang membangun pesantren untuk tujuan mulia.

1. Baim Wong.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

artis bangun pesantren © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@baimwong

Karier suami dari Paula Verhoeven ini tengah melejit, pasalnya ia meraup omset besar dari YouTube channel dan usaha yang ia kelola. Tak hanya bergelimang harta, Baim Wong pun membangun pesantren untuk para penghafal Alquran.

Dalam akun instagramnya, Baim Wong menuliskan, "Inysaallah ini adalah tanah wakafnya.. Kalau ingin ikut membantu.. yuk sama2 bangun rumah pesantren penghafal Quran .. Tidak penting seberapa besar jumlahnya.. Cukup Niatkan untuk membantu sesama.."

Lokasi pesantren dari Baim Wong ini berjarak satu jam dari Purwakarta. Lahan yang dipilih untuk membangun pesantren pun memiliki luas sebesar enam hektar, serta dikelilingi pedesaan dan hutan.

2. Azis Gagap.

artis bangun pesantren © 2021 brilio.net

foto: Youtube/GagapOfficial

Sejak April, 2020 silam, komedian Azis Gagap memilih keluar dari acara Opera Van Java (OVJ) yang telah membesarkan namanya. Setelah keluar dari acara tersebut, Azis Gagap memilih untuk mengurus pondok pesantren yang telah dibangunnya. Bahkan, Azis Gagap turun langsung untuk mengurus pesantrennya sendiri, mulai dari gotong royong, berkebun, hingga merawat kambing.

3. Oki Setiana Dewi.

artis bangun pesantren © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@okisetianadewi

Oki Setiana Dewi tak hanya membagikan ilmu agamanya saja, tetapi turut berkontribusi dalam pembangunan pesantren. Berbeda dari pesantren-pesantren pada umumnya, kakak dari Ria Ricis ini terlibat pula dalam pesantren pertama yang akan dibangun di 613 Town St. Moodus CT 06469, Amerika Serikat.

Untuk mewujudkan pembangunan pesantren di negeri orang, Oki Setiana Dewi tidak sendiri. Ia menggalang dana dari masyarakat, serta mengkampanyekan lewat konser yang dihadiri artis papan atas seperti Opick, Indah Dewi Pertiwi, dan Dude Harlino.

"Saya bersama teman-teman, ada Ustaz Derry Sulaiman, Ustaz Shamsi Ali, kami bersama-sama perkenalkan untuk mengadakan konser Satu Hati di beberapa kota di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menggalang dana, berdonasi untuk mendirikan pesantren pertama di bumi Amerika," ungkap Oki Setiana Dewi (18/01/2018)

4. Ustaz Yusuf Mansur.

artis bangun pesantren © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@yusufmansurnew

Sama seperti Oki Setiana Dewi, Ustaz Yusuf Mansur pun tidak hanya berdakwah saja, tetapi juga mendirikan pesantren. Ia membangun pondok pesantren bernama Pesantren Tahfidz Daarul Quran di Karawang, Jawa Barat.

Ustaz Yusuf Mansur tak hanya membangun sendiri pesantrennya, melainkan bersama dengan Pertamina Gas. "Hari ini Senin (20/6/2016) kita peresmian Daarul Quran Karawang, ini beda karena akan dijadikan tempat belajar guru-guru tahfidz yang akan dikirimkan di seluruh desa-desa di seluruh tanah air," ungkapnya ketika peresmian pesantren dikutip dari kapanlagi.

5. Atta Halilintar.

artis bangun pesantren © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@Attahalilintar

YouTuber ternama, Atta Halilintar tak henti-hentinya mencuri perhatian publik. Setelah melangsungkan pernikahan mewah dengan Aurel Hermansyah, tenyata ia telah menyiapkan lahan pesantren yang kelak dinamakan Pesantren AHHA Binaumma.

Lahan yang akan menjadi lokasi pesantrennya pun terlihat memiliki lingkungan asri, luas, dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Dalam akun Instagramnya, Atta menuliskan, "Bismillah Pesantren AHHA Binaumma dengan izin Allah on Progresss, bersama OM ARYO Tersayang yang selalu mendampingi saat pernikahan kemarin."

Atta pun mengungkapkan bahwa pesantren yang ia bangun merupakan hadiah untuk anak pertamanya yang telah ada di surga.

(brl/lin)