Brilio.net - Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Biasanya masa-masa jelang Lebaran, warga berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju baru. Namun, kondisi pandemi corona mengharuskan kita untuk lebih bijak.

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan berbagai mal yang telah buka. Dengan dibukanya mal kembali, banyak orang yang memadati mal untuk berbelanja baju Lebaran. Pemandangan ini sangat miris, apalagi segala aturan mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), social distancing, physical distancing dilanggar

Tak sedikit warga yang kecewa lantaran padatnya warga di pusat perbelanjaan sehingga protokol menjaga jarak tidak dihiraukan. Banyak warganet merasa miris dengan kondisi tersebut. Beberapa seleb juga mengungkapkan kekecewaannya, salah satunya Kartika Putri.

Kartika Putri merasa sedih sampai nggak kuasa menahan air mata karena banyak sekali orang yang melanggar aturan PSBB. Melalui instagram pribadinya, Kartika mengunggah sebuah video Instagram TV yang berisi keluh kesah dirinya mengenai orang-orang yang justru terlihat santai dan mengabaikan imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah saja selama masa pandemi.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI
 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh.. ayo ”sama sama”... ingat sama sama kita lawan virus ini agar kita semua selamat dr virus covid 19 ini.. ikuti aturan pemerintah untuk PSBB / social distancing .. ingat pengorbanan kami yg dirumah saja sudah sangat banyak... tidak bisa tarawih ke mesjid, tdk bisa melaksanakan ibadah umrah, tidak bisa berbuka puasa bersama keluarga bahkan orang tua,tidak bisa bebas beraktifitas... untuk kepentingan bersama tp jangan sampai ada yg tega untuk kepentingan pribadi( beli baju lebaran contohnya) tp berakibat merugikan bnyak nyawa tolong gunakan hati nurani dan akal sehat kita.. kami juga punya keluarga tapi kami tahan demi keselamatan kita semua!!!

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld) on

"Saya Kartika Putri, saya sengaja membuat video ini karena saya sudah tidak tahan lagi untuk berkomentar dan mengutarakan perasaan yang saya rasakan setelah saya melihat video banyak sekali di daerah-daerah dan salah satu nya termasuk di tempat saya tinggal," tulis Kartika.

"Di mana masih melanggar anjuran pemerintah untuk PSBB dan juga berbondong-bondong, beramai-ramai datang ke pusat perbelanjaan hanya untuk membeli baju untuk lebaran. Wahai saudara-saudari ku sekalian sesama muslim, saya juga tahu memang di Idul Fitri dianjurkan menggunakan pakaian terbaik, bukan pakaian baru. Yang bikin miris adalah kalian mengabaikan anjuran pemerintah untuk keselamatan kalian sendiri dan keluarga kalian demi untuk baju baru," sambungnya

Kartika Putri juga mengungkapkan, ini justru saatnya masyarakat untuk menggunakan hati nurani nya. Menurut Kartika, pemerintah dan tenaga medis sudah berjuang menjadi garda terdepan dalam upaya berperang melawan Covid-19 ini. Namun, di satu sisi banyak orang yang justru terlihat santai menanggapi imbauan pemerintah saat Pandemi Covid-19.

karput menangis Instagram

foto: Instagram/ @kartikaputriworld

Dalam keterangan video yang diunggahnya, Kartika mengajak pengikutnya untuk sama-sama berperang melawan Covid-19 ini. Tujuannya tentu saja agar virus ini segera pergi dan tak ada lagi korban yang berjatuhan.

"Ingat pengorbanan kami yg dirumah saja sudah sangat banyak... tidak bisa tarawih ke mesjid, tdk bisa melaksanakan ibadah umrah, tidak bisa berbuka puasa bersama keluarga bahkan orang tua,tidak bisa bebas beraktifitas," ungkap Kartika.

Kartika juga menjelaskan bahwa menahan diri melakukan aktivitas di luar rumah untuk sesuatu yang tak terlalu penting itu justru harus dilakukan saat ini. Soalnya, virus corona bukan hal yang main-main karena berkaitan dengan nyawa manusia.

Ungkapan miris Kartika Putri ini juga menuai beberapa komentar netizen. Banyak netizen yang setuju dengan pendapat Kartika Putri.

"Waalaikum'salam ka Kartika Putri, masyaallah vidionya bikin hati saya ikut menangis juga, kebetulan saya juga anak medis, di mana hari lebaran ini ga bisa pulang karna harus jaga sift pagi, malam takbiran pun harus di tempat kerja ga bisa kumpul bareng keluarga, ga bisa pake baju lebaran karna harus pake APD, semoga dengan Vidio ini semakin banyak orang yang terketuk hatinya dan semakin banyak orang yang sadar untuk menjaga dirinya dan orang lain," ungkap akun @dina_rosdiana.

"Sholat terawaih gak boleh ka. Tapi mall dibuka kata ya biar bisa beli baju lebaran..., " sebut akun @oktaviani.sundari24.

"Waalaikum salam, semoga semua bisa terketuk hatinya dan tetap mengikuti arahan dari pemerintah aamiin,, saya juga anak rantau yang tetap stey di rantau demi keluarga saya dikampung, agar mereka tetap aman. saya juga pengen pulang dan berkumpul dengan keluarga tapi keselamatan mereka lebih penting saya pikirkan dari pada saya pulang kampung tapi di jalan saya membawa penyakit untuk mereka," tulis akun @meylubis23.

(brl/lea)