Brilio.net - Era 90-an hingga awal 2000-an, jadi momen dimana film Mandarin begitu populer di Indonesia. Beberapa diantara film Mandarin ini menghadirkan genre action yang kerap disebut film kungfu.

Ada saja berbagai adegan menegangkan yang tetap dikemas secara menarik, baik dipadukan dengan unsur komedi atau romantis.

Aksi bela diri para aktor-nya pun turut mencuri perhatian. Kiprah para aktor film kungfu ini pun cukup gemilang. Mereka berhasil membintangi puluhan film populer dan mempertahankan eksistensinya hingga kini.

Kini sudah berusia lebih dari 60 tahun, berikut kabar aktor langganan film kungfu Mandarin era 90-an, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (8/6).

1. Jackie Chan.

kabar aktor langganan film kungfu Mandarin © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jackiechan

Kiprah Jackie Chan sebagai aktor laga memang tak perlu di ragukan. Selain eksis di film Mandarin, ia juga beberapa kali ambil peran di film Hollywood. Hingga usianya yang kini menginjak 62 tahun, Jackie Chan terus mempertahankan eksistensinya. Tahun 2021 ini saja, ia tampil di film Good Night Beijing.

2. Jet Li.

kabar aktor langganan film kungfu Mandarin © 2021 brilio.net

foto: istimewa; Instagram/@jetli

Jet Li yang ikonik memerankan karakter legendaris China ini memang tak pernah mengikuti kursus akting, namun ia sudah berlatih bela diri sejak umur 8 tahun. Selama menjadi aktor, Jet Li sudah membintangi puluhan film populer.

Namun pada tahun 2013, Jet Li mengikuti saran dokter untuk mengurangi kegiatannya di dunia hiburan. Balum lama ini, Jet Li baru mengungkap bahwa ia mengidap penyakit tiroid sejak 2010 lalu. Kini, Jet Li mengaku fokus melakukan meditasi serta membaca tulisan suci ajaran Buddha untuk menstabilkan kondisi.

3. Donny Yen.

kabar aktor langganan film kungfu Mandarin © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@donnyyenofficial

Donny Yen telah membintangi banyak film kungfu seperti Ip Man, Sa Po Lang, Flash Point dan masih banyak lagi. Meski sudah tenar seperti sekarang, Donny Yen masih terus belajar bela diri dari berbagai aliran lho.

4. Sammo Hung.

kabar aktor langganan film kungfu Mandarin © 2021 brilio.net

foto: Liputan6.com

Sammo Hung disebut-sebut sebagai salah satu aktor yang mempopulerkan film-film Hong Kong ke kancah internasional sejak tahun 80-an. Setelah menghasilkan karya-karya terkenal, Sammo Hung memilih untuk istirahat dari dunia hiburan di usia senja. Terbaru, media China mengabarkan bahwa Sammo Hung kini menggunakan kursi roda saat beraktivitas.

5. Yuen Biao.

kabar aktor langganan film kungfu Mandarin © 2021 brilio.net

foto: istimewa; Kapanlagi.com

Yuen Biao merupakan salah satu aktor yang sudah membintangi 80 film kungfu. Puluhan tahun berada di industri hiburan, Yuen Biao pun kini fokus menjadi produser dan bekerja di balik layar.