Brilio.net - Nama Reza Rahadian tentu sudah tak asing lagi di dunia perfilman Indonesia. Selama berkarier 11 tahun, ia sudah membintangi lebih dari 30 film. Pada Minggu (6/11), ia pun memenangkan Piala Citra pada ajang bergengsi Festival Film Indonesia (FFI) kategori Pemeran Utama Terbaik lewat film My Stupid Boss.

Punya paras yang ganteng, kemampuan akting yang keren, jelas membuat Reza Rahadian menjadi pujaan bagi banyak penggemarnya. Apalagi ia selalu sukses memerankan tokoh yang ia mainkan. Maka tak heran jika sejak tahun 2009 namanya selalu ada dalam daftar nominasi FFI.

Nah, di balik kesuksesan Reza, ada banyak hal yang bisa jadi belum diketahui para penggemarnya. Apa aja nih?

Berikut 9 fakta tentang Reza yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (9/11):

1. Nama Rahadian adalah gabungan nama papa dan mamanya.

Loading...

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Reza Rahadian Matulessy. Nama Rahadian ternyata gabungan dari nama sayang papa, Rahim dan mamanya, Pratiwi Widantini Matulessy (Dian).

2. Mulai debut di ajang model Aneka Yess!

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: kaskus

Cowok kelahiran 5 Maret 1987 ini memulai awal karier di dunia model. Ia berhasil meraih juara Favorite Top Guest majalah Aneka Yess! tahun 2004. Dalam talkshow SarahSechan, ia menyebut jika Vivid Fitri Argarini dari Aneka Yess! bisa dibilang sebagai penemu Reza dan membangkitkan semangat Reza untuk selalu belajar.

3. Pernah main sinetron dan film horor.

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: CineMaterial

Reza saat ini dikenal sebagai pemain film yang kerap mendapatkan penokohan yang bagus. Tapi ternyata, dua tahun pertama di dunia seni peran, ia adalah pemain sinetron. Sementara dua film awalnya adalah film bergenre horor yang berjudul Film Horor dan Pulau Hantu 2.

4. Mamanya sempat keluar dari Gala Premiere film Pulau Hantu 2.

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Pada talkshow SarahSechan, Reza menyebut jika pada gala premiere film Pulau Hantu 2, tiba-tiba mamanya keluar di tengah pemutaran film. Ia pun kebingungan dan menafsirkan mamanya tak suka dengan peran yang ia bawakan.

Mulai dari situ, ia pun lebih mencari peran yang serius ke drama hingga akhirnya ketemu Hanung Bramantyo yang memberinya kesempatan untuk bermain di Perempuan Berkalung Sorban.

5. Tak suka film horor.

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Meskipun pernah bermain di film horor, Reza mengakui jika ia tak suka menonton film horor karena dia cenderung takut dan kaget-kagetan.

6. Takut kecoak.

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Selain tak suka film horor, Reza ternyata juga takut dengan kecoak. Dia mengaku trauma atas kejadian saat SMP di mana dia pernah dikejutkan sebuah kado ulang tahun untuknya yang berisi kecoak dari teman-temannya.

7. Tak punya akun media sosial.

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Path, Twitter, dan lain sebagainya sekarang menjadi keniscayaan. Apalagi untuk para selebritis, media sosial menjadi sarana eksistensi dan cara berinteraksi dengan para penggemarnya.

Tapi ternyata Reza tak punya itu semua. Meskipun banyak penggemar yang kecewa, tapi hal itu malah yang membuat Reza tampil beda dan banyak dikagumi penggemarnya.

8. Mendapatkan beasiswa Berlinale Talents.

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Pada awal tahun 2016, pemain film Something In The Way dan Tjokroaminoto ini mendapatkan kesempatan untuk belajar akting Berlinale Talents, yaitu program pendidikan singkat bergengsi yang diadakan paralel di Berlin International Film Festival (Berlinale).

Ia menjadi satu di antara 12 orang yang terpilih mengikuti program itu tahun ini selama sekitar 3 minggu.

9. Peran paling disukai di film yang ia bawakan.

Reza Rahadian © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Sudah tak terhitung penghargaan film yang ia dapatkan. Sejak 2009 ia selalu masuk nominasi di berbagai penghargaan film. Banyak orang yang memfavoritkan peran Reza sebagai Rudy di film Habibie & Ainun.

Tapi di acara SarahSechan, Reza bilang jika peran yang paling berkesan adalah di Perempuan Berkalung Sorban dan Guru Bangsa Tjokroaminoto.

Perempuan Berkalung Sorban ia mendapatkan peran antagonis yang membuatnya banyak dilirik sineas film. Kemudian di Guru Bangsa Tjokroaminoto, ia punya banyak kesempatan untuk mengeksplor kemampuan aktingnya.

Nah, kalau kamu sendiri paling suka akting Reza Rahadian di film apa?