Brilio.net - Debat Calon Presiden (Capres) 2019 ke-4 segera dilaksanakan pada Sabtu (30/3) pukul 20.00 WIB di Hotel Shangri-La, Jakarta. Debat kali ini akan mempertemukan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Adapun tema debat kali ini ialah ideologi, pertahanan dan keamanan, pemerintahan dan hubungan internasional.

Jelang debat, dua capres bersama timses telah bersiap dengan sangat matang. Di media sosial, para pendukung juga menyerukan dukungan sebesar-besarnya untuk kedua capres. Namun mereka tidak sedikit yang debat kusir di media sosial dan saling menjatuhkan.

Melihat fenomena ini, pelawak Andre Taulany akhirnya angkat bicara. Ia meminta agar masyarakat tidak saling serang atau menjatuhkan. Sebaliknya, ia berharap masyarakat bersifat lebih terpuji dan bijak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Manusia tdk ada yg sempurna, kalian tdk sempurna, saya tidak sempurna, kita semua tidak ada yg sempurna, MEREKA para calon pun juga tdk ada yg sempurna, banyak yg bertanya kpd saya anda pilih no 1 ya? Anda pilih no 2 ya?? Trs saya bilang : soal pilihan urusan saya di TPS nanti .. yg penting kita doakan mereka semua agar sehat dan amanah, siapapun yg terpilih ya hrs kita dukung .. dan kita juga hrs mendoakan diri kita sendiri dan semua rakyat indonesia supaya berakal sehat, positif, berjiwa besar, gak norak, gak fitnah, gak hoax, tidak sok benar, tidak sok pinter, tidak songong, tidak sok jagoan, tidak memecah belah ... IKHLAS dan SENYUM utk menerima hasilnya nanti .. INDONESIA HEBAT.. #indonesiahebat #indonesiadamai #iloveindonesia

A post shared by Andre Taulany (@andreastaulany) on

Ujaran Andre Taulany ini diunggah di akun Instagram @andreastaulany. Berikut nasihat Andre Taulany.

Loading...

"Manusia tdk ada yg sempurna, kalian tdk sempurna, saya tidak sempurna, kita semua tidak ada yg sempurna, MEREKA para calon pun juga tdk ada yg sempurna, banyak yg bertanya kpd saya anda pilih no 1 ya? Anda pilih no 2 ya?? Trs saya bilang : soal pilihan urusan saya di TPS nanti .. yg penting kita doakan mereka semua agar sehat dan amanah, siapapun yg terpilih ya hrs kita dukung .. dan kita juga hrs mendoakan diri kita sendiri dan semua rakyat indonesia supaya berakal sehat, positif, berjiwa besar, gak norak, gak fitnah, gak hoax, tidak sok benar, tidak sok pinter, tidak songong, tidak sok jagoan, tidak memecah belah ... IKHLAS dan SENYUM utk menerima hasilnya nanti .. INDONESIA HEBAT..".

Nasihat ini mendapat sambutan baik dari beberapa pihak. Bahkan artis Chicka Jessica juga menyerukan semangat "Semarrtttt pa Gatoootttttt, Nyaleg gih bang Andre," tulis akun Instagram @chikajessica88.

Warganet juga banyak menanggapi ujaran Andre Taulany. Berikut komentar warganet dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (30/3).

"Setuju wa haji..mereka semua punya tujuan baik untuk negeri ini,gak mungkin mereka menghancurkan rumahnya sendiri..NKRI," kata akun Instagram @hammett.sham.

"Betul.... Ingat asas LUBER (langsung umum bebas rahasia) , kn jelas t ada asas rahasia...jadi g perlu gembar gembor jelek2in paslon yg g kita dukung... Keep aja siapa yg kita dukung...biar Allah dn kita sndiri yg tau," ujar akun Instagram @chairunisa_chayatinufus.

"Doakan saja siapa pun yg menang nanti.. Indonesia akan jadi lebih baik,aamiin," tulis akun Instagram @chika_budiantoro.