Brilio.net - Menggunakan transaksi non tunai alias cashless sudah sering menjadi pilihan transaksi masyarakat beberapa tahun belakangan. Transaksi ini juga dapat digunakan secara online maupun transaksi langsung ke toko. Namun banyak orang cenderung memilih menggunakan kartu seperti kartu debit ataupun kartu kredit dalam bertransaksi. Penggunaan kartu kredit sendiri sebenarnya memiliki keunggulan, dimana kamu nggak perlu repot-repot saat melakukan pembayaran.

Mudahnya penggunaan ini rupanya juga memiliki dampak buruk, membuat orang menjadi lebih tertarik melakukan transaksi lagi dan lagi dengan kartu kredit. Tanpa sadar mereka tak memikirkan kemampuan membayar tagihan atau cicilan di bulan yang akan datang.

Hal ini ternyata juga dirasakan betul oleh presenter sekaligus desainer kondang, Ivan Gunawan. Bahkan, pria berusia 38 tahun itu memilih untuk menutup semua kartu kredit yang dimilikinya, lalu berhenti hutang lagi untuk kedepannya nanti.

"Aku lagi pengen hidup tanpa kartu kredit. Jadi berusaha menutup-nutupi kartu kredit yang selama ini aku pake. Ya gitu, kemarin hari Jumat udah nutup 3, hari ini nutup 3 lagi dan masih ada beberapa kartu kredit juga yang mau aku tutup," ungkap pria yang biasa disapa Igun saat seperti dilansir dari kapanlagi.com, Selasa (9/6).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ini alasan Ivan gunawan © 2020 brilio.net  Instagram/@ivan_gunawan

foto: Instagram/@ivan_gunawan via merdeka.com

Awal mula kabar ini berasal dari postingan Igun di akun Instagram. Kala itu, ia memperlihatkan foto sejumlah kartu kredit warna hitam miliknya yang telah digunting-gunting sehingga tak bisa digunakan lagi.

"Thank you kartu credit. Makasih udah nemenin belanja selama ini," tulis Igun.

Keputusan Igun ini tentu menimbulkan tanda tanya di benak publik. Dengan senang hati, presenter bertubuh kekar itupun menjelaskan alasan di balik keputusannya tersebut.

"Sebenernya bukan karena tagihan membeludak, maksudnya ya aku nggak kepengen memperbanyak hutang-hutang yang nggak penting sih. Karena kalau ada kartu kredit kan sesuatu yang nggak ada, terkadang bisa diada-adain. Pengen sesuatu tapi ternyata uangnya nggak ada akhirnya gesek pake kartu kredit," tambahnya.

Ini alasan Ivan gunawan © 2020 brilio.net  Instagram/@ivan_gunawan

foto: Instagram/@ivan_gunawan

Ke depannya, Igun ingin membeli barang sesuai dengan kemampuannya. Ia tak lagi ingin bergantung pada kartu kredit. Sejauh ini sudah ada 6 kartu yang telah ditutup alias dilunasinya. Namun rupanya PR Igun masih cukup banyak.

"Masih ada 4 lagi. Karena kemarin Desember aku masih jalan-jalan kan, masih ada sisa-sisa hutang jalan-jalan kemarin. Ya doain, Insya Allah bisa hidup tanpa kartu kredit. Masih ada 4 lagi, kebetulan itu yang besar-besar lagi. Jadi yang bisa aku lunasin, aku lunas-lunasin," tutup Igun.

(brl/lin)