Brilio.net - Resmi menjadi istri dari Bobby Nasution awal November lalu, Kahiyang Ayu putri dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini juga akan menyandang gelar marga baru, Siregar. Sementara itu, acara ngunduh mantu juga akan dilaksanakan 26 November mendatang di Medan, Sumatera Utara.

Upacara adat pemberian marga terhadap Kahiyang sendiri dilakukan hari ini dengan dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh adat. Pada proses ini, Kahiyang menerima beberapa pemberian sebagai bagian dari tradisi.

Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/11), berikut ini tiga pemberian yang diterima Kahiyang Ayu setelah resmi mendapat marga siregar.

1. Keris.

kahiyang ayu siregar © 2017 brilio.net

Loading...

foto: Twitter/@kangdede78

Resmi dan sah menyandang marga boru Siregar, keris yang diberikan kepada Kahiyang Ayu adalah sebagai simbol yang bermakna perisai yang senantiasa akan melindungi Kahiyang.

2. Ulos.

kahiyang ayu siregar © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@kangdede78

Selanjutnya, Kahiyang diberikan abat Batak (Ulos) atau kain tenun khas Batak yang digunakan dalam prosesi manortor para raja.

3. Sertifikat.

kahiyang ayu siregar sah © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@kangdede78

Sertifikat yang diberikan kepada Kahiyang ini adalah tanda bukti autentik bahwa nama Kahiyang telah menjadi Kahiyang Ayu Boru Siregar. Penyerahan sertifikat ini ditandai pemukulan gondang sebanyak tiga kali, serta tradisi lemparan beras kuning.

Ini adalah video prosesi Kahiyang Ayu saat pengesahan marga Siregar.