Brilio.net - Buntut kasus aksi Will Smith menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022 pada Minggu (27/3) ternyata berdampak serius. Dewan Gubernur Komite The Academy memvonis suami dari Jada Pinkett Smith ini tidak bisa menghadiri acara Oscar selama 10 tahun. Will Smith tidak diizinkan menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Academy, baik langsung maupun virtual, dan tidak terbatas pada Academy Awards saja.

“Dewan telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Tuan Smith tidak diizinkan menghadiri acara atau program Akademi apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk tidak terbatas pada Academy Awards,” kata Presiden The Academy, David Rubin dan CEO The Academy, Dawn Huston, dilansir dari Deadline melalui surat resmi yang dirilis The Academy.

Dalam pernyataan resmi tersebut, The Academy menyampaikan terima kasih kepada Chris Rock karena bersikap tenang dalam keadaan tersebut. Mereka juga berterima kasih kepada penyelenggara, nominasi, presenter, dan para pemenang atas kondisi ketenangan mereka selama siaran.

"Tindakan yang kami ambil hari ini sebagai tanggapan atas perilaku Will Smith adalah langkah menuju tujuan yang lebih besar untuk melindungi keselamatan para pemain dan tamu kami, dan memulihkan kepercayaan pada Akademi," imbuh David Rubin dan Dawn Huston.

Tanggapan Will Smith.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Will Smith (@willsmith)

 

Dampak dari kasus ini membuat Will Smith mengundurkan diri dari The Academy pada Jumat (1/4) lalu. Aktor King Richard tersebut memberikan pernyataan usai The Academy merilis surat tersebut. "Saya menerima dan menghormati keputusan Akademi," kata Will Smith dalam pernyataan singkatnya, dikutip dari Deadline.

Sebagai informasi, sebelumnya Will Smith telah merilis surat permintaan maaf kepada The Academy dan Chris Rock atas tindakannya tersebut pada Selasa (29/3).

"Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan. Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang terkasih saya, semua yang hadir, dan audiens global di rumah. Aku mengkhianati kepercayaan Akademi," tulis Chris pada surat terbuka yang diunggah di Instagramnya @willsmith.

Meksi dilarang menghadiri berbagai acara yang diselenggarakan The Academy, tapi tidak menutup Will Smith dinominasikan dalam Oscar mendatang, dilansir dari CNN pada Minggu (10/4).