Brilio.net - Selain boyband, K-Pop juga memiliki girlband yang tak kalah populer. Mereka pun diharuskan memenuhi standar visual yang ditentukan di Korea Selatan. Seperti misalnya, untuk idola cewek, mereka dituntut harus bertubuh langsing, berkulit putih, serta berkaki jenjang, atau lebih tepatnya tampil sempurna memenuhi standar kecantikan yang ditetapkan masyarakat.

Eits, tak cuma modal wajah cantik, personel girlband K-Pop juga identik dengan aksi panggung yang menonjolkan kualitas suara serta gerakan dance yang enerjik.

Sayangnya dua tahun belakangan, banyak grup K-Pop yang memutuskan untuk bubar dengan berbagai alasan. Kendati grup yang membesarkan namanya bubar tak lantas membuat sang idola berkecil hati dan berhenti mengejar mimpinya. Pasalnya, karier sang idol sebagai solois justru kian moncer.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, idol K-Pop yang solo kariernya makin sukses usai grupnya bubar. Siapa saja ya? Simak ulasannya berikut ini dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (18/2).

1. Sunmi

Loading...

idol solo karier Istimewa

foto: Instagram/@miyayeah

Sunmi mengawali kariernya bersama Wonder Girls tahun 2007. Nama Wonder Girls tak bisa disepelekan. Mereka disebut-sebut sebagai salah satu pelopor awal yang menyebarkan demam K-Pop di Asia dan Amerika Serikat. Setelah bongkar pasang member beberapa kali, akhirnya grup yang dibentuk oleh JYP Entertainmet ini bubar pada 2017 lalu. Sunmi lantas memutuskan untuk bersolo karier di bawah naungan MAKEUS Entertainmet. Pada Agustus 2017 Sunmi merilis single berjudul "Gashina". Lewat single tersebut, Sunmi meraih hasil yang sangat menggembirakan di banyak chart musik Korea.

2. CL

idol solo karier Istimewa

foto: Instagram/@chaelincl

Kamampuan vokal dan rap perempuan satu ini memang tidak diragukan lagi. Bahkan kendati grup yang membesarkan namanya, 2NE1 bubar pada 25 November 2016 lalu, solo karier CL cukup sukses. Tak cuma di Korea Selatan, di Amerika pun karier perempuan bernama asli Lee Chae-rin terbilang cemerlang. Ia menandatangani kontrak di bawah Republic Records yang menangani berbagai artis top Amerika, seperti Ariana Grande, Justin Bieber, dan lainnya.

3. Soyou

idol solo karier Istimewa

foto: Instagram/@soooo_you

Pasca Sistar dinyatakan bubar pada Mei 2017, Soyou secara resmi menjalani kehidupannya di dunia hiburan dengan bersolo karier. Sekitar 7 bulan setelah SISTAR bubar, Soyou merilis album solo perdananya, 'Part.1 RE:BORN'. Uniknya, perempuan bernam asli Kang Jihyun ini dijuluki sebagai ratu duet karena banyak berkolaborasi dengan musisi Korea Selatan.

4. Hyuna

idol solo karier Istimewa

foto: Instagram/@hyunah_aa

Bubarnya 4Minute pada 2016 lalu begitu disesalkan oleh fans setianya. Hal ini diputuskan mengingat hanya HyunA yang melanjutkan kontrak dengan agensi, Cube Entertainment sementara personel lain memilih hengkang. Kendati berjuang sebagai solois, pelantun Hyuna tak kaget. Pasalnya, sebelum 4Minute bubar pun ia telah menjalankan kegiatan solo dengan merilis sejumlah single hits.

5. Suzy

idol solo karier Istimewa

foto: Instagram/@skuukzky

Bae Suzy dikenal sebagai anggota girlband Miss A, hingga grup itu bubar pada 27 Desember 2017. Sejak saat itu, aktris yang berada di bawah naungan JYP Entertainment ini sepenuhnya bersolo karier. Tak cuma di dunia tarik suara, kariernya di dunia akting pun kian moncer.