Brilio.net - Hiperpigmentasi merupakan sebutan bagi masalah kulit yang ditandai oleh penumpukan melanin di area kulit tertentu. Hal ini dalam prosesnya akan menyebabkan munculnya proses penggelapan pada area kulit yang menyebapkan perbedaan pada warna kulit awal. Jenis hiperpigmentasi pada wajah sendiri dapat muncul dalam beberapa bentuk, mulai dari bercak bintik hitam atau flek, kulit kusam, hingga bekas jerawat sekalipun.

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan penggelapan warna kulit adalah paparan terus-menerus terhadap polusi dan sinar matahari. Hal ini dikarenakan sinar tipe UVB matahari serta ditambah menempelnya kotoran bersama polusi sejatinya dapat merusak skin barrier yang melindungi sel-sel kulit. Dalam perkembangannya, hal ini akan memicu peningkatan produksi melanin sebagai pigmen yang memberi warna kulit. Peningkatan yang berujung penumpukan pigmen inilah yang kemudian menggelapkan warna kulit dan memunculkan kesan kotor dan kusam.

Eits, walau begitu, kamu nggak perlu bingung kok untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa banget mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif selain kebanyakan skincare komersil di luar sana. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran kunyit dan yoghurt, seperti yang ditunjukkan oleh @glamtayus di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (5/10).

menghitam akibat hiperpigmentasi © Instagram

foto: freepik.com

Kunyit sendiri adalah rempah dapur yang dikenal mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, seperti kurkumin. Senyawa kurkumin memiliki kemampuan yang dapat membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang secara aktif dapat pula melawan polusi dan kotoran yang menempel di kulit, menjadikan kulit lebih cerah dalam prosesnya.

menghitam akibat hiperpigmentasi © Instagram

foto: freepik.com