Ia juga mengungkapkan bahwa keputusannya tersebut membuat hidupnya lebih bahagia. Novi pun mulai melakoni profesi sebagai petani sejak 2018.

nasib biduan top berubah usai jadi petani © berbagai sumber

foto: Instagram/@novilisty_

"Sekarang saya itu beralih menjadi petani, pakaian kotor-kotoran, kerjaannya ya sulit, tapi saya senang," ungkap Novi.

Novi pun mengaku belajar bertani dari sang suami. Awalnya, ia hanya membantu merawat tanaman sayur, memberikan pupuk, obat tanaman, dan ikut membantu kegiatan panen. Rupanya, dari situlah kecintaan Novi pada dunia pertanian semakin tumbuh. Akhirnya, setiap pagi Novi pergi ke ladang untuk merawat tanaman sayurnya.

"Saya itu belajar bertani dari suami saya, diajarin. Terus cara menanamnya itu kayak gini," sambung Novi.

Kini Novi sudah semakin mahir merawat tanaman, mulai dari memberi pupuk hingga panen dan menjualnya ke tengkulak. Ada beberapa tanaman sayur yang ditanam oleh Novi, mulai dari daun bawang, kentang, brokoli, wortel, hingga bawang merah yang ia jual dengan harga beragam.

nasib biduan top berubah usai jadi petani © berbagai sumber

foto: TikTok/@novilisty_

Menurut Novi, penghasilannya sebagai petani bisa mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Novi juga aktif membagikan kesehariannya melalui media sosial miliknya. Kini, pedangdut tersebut diketahui menempati sebuah hunian sederhana di kaki Gunung Merbabu.

nasib biduan top berubah usai jadi petani © berbagai sumber

foto: TikTok/@novilisty_

Alih-alih tinggal di hunian bergaya mewah, rumah Novi justru terlihat sederhana dengan alas lantai dari semen. Meski begitu, rumahnya tampak luas karena dibuat tanpa banyak sekat. Bahkan saking luasnya, bagian belakang rumah Novi pun dijadikan sebagai kandang sapi miliknya.