Brilio.net - Salah satu ajang kecantikan paling bergengsi di Indonesia adalah Puteri Indonesia. Kontes kecantikan tahunan ini didirikan pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo dan sudah berlangsung sejak 1992. Setelah ini, beragam kontes kecantikan bermunculan - Miss Indonesia mulai diselenggarakan MNC Group sejak 2005, Miss Earth Indonesia diinisiasi oleh Yayasan El John Indonesia sejak 2013, serta Miss Grand Indonesia dimulai pada 2018 oleh Yayasan Dharma Ganitra Indonesia.

Kehadiran berbagai kontes kecantikan ini tentu saja sudah melahirkan banyak pendatang baru di dunia hiburan Tanah Air pula. Kali ini brilio.net akan membahas Puteri Indonesia era 90-an. Sebagian dari kamu mungkin sudah mengenal nama-nama yang berhasil meraih gelar Puteri Indonesia, seperti Indira Sudiro, Venna Melinda, Susanty Manuhutu, dan beberapa lainnya. Yap mereka adalah generasi awal di era 90-an yang sukses karena ajang kecantikan tersebut.

Namun tahukah kamu bagaimana penampilan terbaru mereka? Kegiatan mereka terkini usai menjadi mantan Puteri Indonesia? Dari penelusuran yang dilakukan, ternyata para Puteri Indonesia era 90-an ini masih terlihat begitu memukau. Bahkan penampilan mereka tidak kala dari ABG. Penasaran seperti apa? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Kamis (10/3).

1. Indira Paramarini Sudiro.

Potret dulu dan kini 4 Puteri Indonesia era 90-an Instagram

foto: Instagram/@ms.indirasoediro

Indira Soediro merupakan Puteri Indonesia pertama pada 1992. Sebelum mendapatkan gelar kecantikan tersebut, Indira lebih dulu menyandang status sebagai None Jakarta 1991 serta Miss ASEAN 1991. Meski masa kejayaannya sudah 30 tahun silam, namun tetap mengenai penampilan Indira tampak begitu memesona meski usianya sudah hampir memasuki 52 tahun.

2. Venna Melinda.

Potret dulu dan kini 4 Puteri Indonesia era 90-an Instagram

foto: Instagram/@vennamelindareal

Perempuan kelahiran 1972 ini merupakan pemenang kontes kecantikan, Puteri Indonesia pada 1994. Sebelum dinobatkan sebagai Puteri Indonesia, Venna lebih dulu berkarier di dunia akting lewat Catatan Si Boy II ada 1988. Setelah itu dia berhenti dari hingar bingar dunia hiburan dan fokus pada pendidikannya.

Kemudian kariernya di dunia permodelan dimulai dengan keikutsertaannya pada ajang pemilihan Abang None Jakarta di tahun 1993.

3. Susanty Manuhutu.

Potret dulu dan kini 4 Puteri Indonesia era 90-an Instagram

foto: Instagram/@officialputeriindonesia

Susanty Manuhutu merupakan Puteri Indonesia pada 1995. Pada tahun yang sama dia mewakili Indonesia dalam Miss Universe. Menariknya, meski sudah cukup terkenal kala itu. Susanty tidak tertarik terjun ke dunia hiburan. Dia sempat menjajal bidang jurnalistik pada 1997, sebagai reporter sebuah stasiun televisi.

Kemudian dia pun memilih fokus pada dunia industri. Susanty mulai terjun ke industri migas di Conoco pada 1999. Dia memulai karier di perusahaan asal Amerika Serikat itu sebagai posisi pegawai, perbekalan pengetahuannya mengenai perminyakan dan gas. Usahanya memang tidak sia-sia, Conoco merger menjadi ConocoPhillips perempuan kelahiran 1974 berhasil menjadi Corporate Communications Manager di usia yang sangat muda.

4. Alya Rohali.

Potret dulu dan kini 4 Puteri Indonesia era 90-an Instagram

foto: Instagram/@arohali

Alya mengawali kariernya sebagai None Jakarta 1994. Kemudian pada 1996 dia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia. Di tahun yang sama, dia mewakili Indonesia di ajang Miss Universe. Tahukah kamu, Alya satu-satunya Puteri Indonesia yang memegang gelar tersebut selama empat tahun, 1996 hingga 1999.

Setelah anugerah bergengsi itu, Alya mulai berkarier di dunia akting dengan membintangi beberapa sinetron di antaranya Serpihan Mutiara Retak, Meniti Cinta, Istri Impian, dan Kejar Kusnadi. Kemudian dia juga menjadi presenter dengan membawa beberapa program acara termasuk bersama Helmi Yahya.

Hingga kini Alya masih aktif menyapa penggemarnya lewat sejumlah unggahan di Instagram. Dia juga tampak awet muda di usia 45 tahun.

(brl/lin)

(brl/lin)