Brilio.net - Taqy Malik menjadi salah satu dari sekian banyak selebriti Indonesia yang menyuarakan dukungan untuk Palestina. Tak hanya itu, Taqy Malik juga mengumpulkan donasi yang disalurkan ke Palestina.

Donasi yang digalang Taqy Malik itu pun menuai hasil yang luar biasa. Semula, Taqy Malik menargetkan donasi itu terkumpul Rp 1 miliar dalam 7 hari. Namun baru dua hari berjalan, donasi yang terkumpul sudah jauh melampaui target hingga mencapai Rp 5 miliar lebih.

Namun suami Serell Nadirah itu baru-baru ini dituding warganet menggelapkan uang donasi lantaran dikira baru menyalurkan Rp 1 miliar. Terkait hal itu, Taqy langsung menjelaskannya secara detail melalui akun Instagram terverifikasinya, lengkap dengan bukti penyerahan uang donasi untuk warga Palestina.

jawaban Taqy dituding gelapkan dana © Instagram

foto: Instagram/@taqy_malik

"Adik-adikku yang di slide 1 dan 2, waktu kecil diajarin baca ngga? Kalo ga pernah sini kakak ajarin baca ya, biar baca informasinya lengkap dan ngga di potong potong," tulis Taqy Malik di akun Instagramnya pada Kamis (27/5).

jawaban Taqy dituding gelapkan dana © Instagram

foto: Instagram/@taqy_malik

"Di slide 3 ini bukti dana 1 Milyar sudah di transfer ke PMI untuk keperluan logistik mendesak warga terdampak rudal di Palestina dan sudah dikelola oleh perwakilan PMI yaitu Bulan Sabit Palestina. Sampai sini paham ya dek?" ia menjelaskan.

Pria 23 tahun itu juga menjelaskan bahwa uang total 5 miliar rupiah hasil donasi dibagikan untuk berbagai keperluan secara berangsur.

"Slide 4 : Kami juga salurkan ke lembaga kemanusiaan @inhforhumanity senilai 513 juta rupiah, untuk keperluan sembako dan kebutuhan hidup ke warga terdampak. Aman dek?" sambung Taqy dikutip brilio.net, Jumat (28/5). 

"Slide 5 : Tadi pagi, kami salurkan ke lembaga Nusantara Palestina atau NPC yang didirikan oleh bang onim sejumlah 3 milyar. loh kok banyak? baca dulu ya dek di slide selanjutnya," tulisnya lagi.

Setelah itu, Taqy menunjukkan bukti lain soal penyaluran dana dari donasi yang didapatkan.

jawaban Taqy dituding gelapkan dana © Instagram

foto: Instagram/@taqy_malik

"Slide 6 : Ini RAB yang diajukan oleh NPC ke kami, 2 Milyar untuk keperluan santunan Korban Agresi militer dan pembuatan lahan pabrik air minum yang berjangka panjang. 1 Milyarnya kemana? lanjut ya dek.. jangan skip ya, nanti kaka ga kasih jajan," beber Taqy Malik.

"Slide 7 : ini Anggaran detail NPC untuk ambulan senilai 1,1 Milyar lebih untuk keperluan beli ambulan dengan peralatan yang lengkap, adek bisa baca sendiri deh," terangnya.

Dari penjelasan ini, total uang yang disumbangkan untuk Palestina lebih dari 5 miliar rupiah.

jawaban Taqy dituding gelapkan dana © Instagram

foto: Instagram/@taqy_malik

"Slide 8 : Nah, hari ini juga kami transfer ke lembaga kemanusiaan yang lain Yayasan Sahabat Al Aqsha sejumlah 500 juta untuk kebutuhan mendesak dari logistik dll," Taqy memaparkan.

"Slide 9 : Ustadz Husein Gaza memberikan report langsung, bahwa donasi 500 juta itu betul-betul di peruntukan kebutuhan sembako dll," ungkap Taqy Malik.