Dalam rekaman itu, Teuku Ryan tampak sesekali membawa jetski dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini yang membuat Moana kepayahan menghadapi angin yang menghantam wajahnya.

Ria Ricis ajak main moana jetski © Instagram

foto: Instagram/@riaricis1795

 

Keputusan Ricis untuk mengajak Moana main jetski ini dikecam oleh netizen. Publik menilai bahwa Ricis tidak memperhatikan keselamatan anaknya karena usia Moana belum ada setahun. Selain karena Moana masih sangat kecil, Ricis juga tidak memakaikan pelampung pada anaknya serta Ryan mengemudikan jetski dengan satu tangan yang sangat berbahaya.

"Gak patut dicontoh sama sekali tidak safety , anak tdk pakai pelampung , posisi hanya digendong tangan satu ,, ini bukan publik figur yg memberi contoh yg baik !!!!," @mugimisky.

"maaf ya ka ricis, tp itu bahaya bgt .. moana gapake pengaman d dpegang 1 tangan bukan apa apa ya guys tp bahaya anak kcio," ujar @enengnurfatunsh.

"Demi konten membahayakan anak ga safety anaknya ga pake jaket sedangkan ibu bapak nya pake," tulis @derliyanalubis.

"Moana kalo auto kecebur gimana tuh?? Ngga pake pengaman juga..Demi konten rela anaknya yg jd korban," komentar @rynmakeupart.

Ria Ricis tahu jika aksinya ajak baby Moana naik jetski ini ekstrem dan pastinya bikin netizen ikut was-was. Namun adik Oki Setiana Dewi itu tak ambil pusing dengan berbagai komentar pedas yang ditujukan kepadanya.

Lewat Instagram Story Ricis menuliskan permintaan maaf ke putrinya dan mengakui bahwa cara parenting-nya memang berbeda dari kebanyakan ibu.

"Maaf ya Moana, parenting ibu memang enggak sebagus ibu-ibu yang lain," tulis Ricis di Instagram Story-nya, dikutip brilio.net Kamis (5/1).

Ria Ricis ajak main moana jetski © Instagram

foto: Instagram/@riaricis1795

 

Meski begitu, YouTuber 27 tahun itu memastikan anaknya akan tumbuh kembang dengan baik.

"Tapi Insya Allah Moana aktif terus di tangan Bu Icis," tegasnya.

Ricis mengatakan sejak dini mengenalkan alam ke putrinya agar Moana tumbuh menjadi anak yang cinta Tanah Air. Salah satunya dengan selalu diikutsertakan ke mana dirinya bertualang atau liburan ke tempat-tempat yang indah.

"Ibu gak bisa janji. Tapi ibu akan pastiin bahwa Moana akan selalu nyaman dan aman sama Bu icis. Bu icis dari dulu selalu melalang buana. Kesana kemari. Ke tempat baru, ketemu macem-macem karakter orang baru sehingga menciptakan cerita dalam sebuah karya buku. Moana, dunia ini luas," tulisnya.

Dia pun berterima kasih atas sikap Moana yang senang diajak jalan-jalan.

"Moana akan selalu ikut ibu. Moana, terima kasih sdh bisa beradaptasi dengan baik," ujarnya.

Tak cukup sampai di situ, Ricis pun membagikan tanggapan dokter spesialis anak soal perkembangan Moana. Ricis memang punya dokter langganan yang membimbingnya mengasuh Moana.

Awalnya, Ria Ricis melapor bahwa Moana sudah merangkak dan MPASI di usia 5 bulan. Dokter pun memuji keaktifan dan tumbuh kembang anak tersebut.

"DSA seneng sama perkembangan Moana," tulis Ria Ricis memberi keterangan.

Ria Ricis ajak main moana jetski © Instagram

foto: Instagram/@riaricis1795

 

Rupanya Ricis sengaja membagikan isi pesan itu sekaligus untuk menjawab kekhawatiran netizen yang penasaran dengan kondisi Moana pasca diajak naik wahana ekstrem. Ia menegaskan bahwa kondisi Moana masih sangat sehat dan justru semakin banyak bergerak. Bahkan tak terjadi apa-apa seperti yang dikhawatirkan netizen.

"Moms yang masih mengkhawatirkan Moana sejak main di laut, yang kemarin nunggu kabar Moana ketika pulang, alhamdulillah masya Allah tabarakallah berkat doa uncle Moana justru semakin aktif," ujar Ria Ricis.