Brilio.net - Natasha Rizki dan Desta Mahendra resmi bercerai pada Juni 2023 lalu. Setelah bercerai, keduanya masih tetap berhubungan baik sebagai partner dan tentunya orang tua untuk anak-anaknya. Meski tak lagi berstatus suami dan istri, Desta dan Natasha Rizki tetap berusaha menjadi sosok orang tua yang baik.

Pernikahan tersebut kandas setelah terjalin selama 10 tahun. Sebab perceraian pasangan seleb ini bukan dikarenakan adanya pihak ketiga dan kekerasan dalam rumah tangga. Melainkan, ada perbedaan visi misi dalam rumah tangga yang membuat Desta dan Aca cekcok hingga pisah ranjang.

Kendati demikian, tak sedikit warganet yang mendoakan Desta dan Natasha Rizki untuk rujuk. Bahkan, anak-anak mereka juga menginginkan kedua orang tuanya kembali bersama. Desta pun diduga ingin rujuk setelah mengobrolkan perkara rujuk dan talak bersama Habib Ja'far dalam kanal YouTube Vindes pada Kamis (23/5).

"Ngomongin soal rujuk bib, kita kan netizen-netizen kalau cerita gue banyak yang suruh rujuk-rujuk gitu ya. Boleh nggak bib, rujuk setelah keluar akta cerai? Tergantung talaknya ya bib?" tanyanya, dikutip brilio.net pada Kamis (23/5).

desta mahendra tanyakan rujuk talak © 2024 brilio.net

foto: YouTube/VINDES

Habib Ja'far menjelaskan perkara talak tiga. Jika sudah talak tiga, maka mantan istri harus menikah lagi sebelum akhirnya kembali ke mantan suami.

"Kalau dia masih cinta dengan pasangan yang lama, tapi dia udah talak 3 terus biar balik lagi. Okelah, gue nikah dulu, tapi buat formalitas itu boleh nggak bib?" tanya Desta lebih lanjut.

Namun, Habib Ja'far tidak merekomendasikan pernikahan hanya sebagai formalitas. Menurutnya, pernikahan harus dilandaskan dengan ketulusan cinta.

"Sebaiknya ya tidak, jadi sebaiknya dia menikahi orang dengan tulus karena basicnya itu pernikahan seharusnya ketulusan cinta, bukan permainan," jelas habib berusia 35 tahun tersebut.

Lebih lanjut, ia menjelaskan perbedaannya talak tiga dengan talak satu dan dua. Jika ingin rujuk setelah talak 1 dan 2 sebelum masa iddah selesai, maka pasangan hanya perlu rujuk secara lisan maupun perbuatan. Dengan demikian, pasangan tidak perlu melakukan akad pernikahan ulang.

"Cuma kalau talak 1, talak 2, sebelum selesai masa iddah, ingin rujuk, maka tinggal rujuk aja. Makanya menurut para ulama, rujuknya itu bisa dengan kata-kata, bisa dengan kata-kata yang tidak secara langsung, bisa juga dengan hubungan," jelas Habib Ja'far lebih lanjut.

desta mahendra tanyakan rujuk talak © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@desta80s

Lebih lanjut, ia menjelaskan peran pengadilan ketika Desta merasa bingung mengenai akta cerai yang sudah keluar.

"Pengadilan itu tidak menikahkan atau menceraikan orang. Pengadilan itu hanya mencatatakan pernikahan dan perceraian. Makanya kalau buku nikahnya hilang, bukan nikah lagi. Tapi ya bikin buku lagi, jadi catatannya yang hilang, bukan pernikahannya yang hilang," imbuhnya.

Podcast tersebut mendapatkan berbagai komentar dari warganet. Mereka mendoakan Desta agar rujuk dengan Natasha Rizki karena melihatnya serius saat berkonsultasi pada Habib Ja'far.

"Pak desta mulai nanya2 soal rujuk, semoga rujuk beneran," kata @baguzzz18.

"Ihiiiii yg mau rujuk danggg.., uda mulai konsul2 nih. Gua mah amin paling kencengggggg," kata @mernifadillahakbar5537.

"Semoga bisa rujuk," kata @Lilik-me3vj.