Brilio.net - Belum lama ini Deddy Corbuzier diberikan pangkat Letkol Tituler Angkatan Darat. Sebelumnya, pangkat tituler pernah diberikan untuk Almarhum Idris Sardi pada 1996. Pangkat tersebut juga sudah diresmikan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Sesuai peraturan yang ada, pemberian pangkat tersebut juga membuat Deddy menerima sejumlah hak terbatas sebagai perwira TNI. Sejumlah hak yang didapatkan Deddy mulai dari gaji, hingga tunjangan honorarium.

Deddy Corbuzier tak ambil gaji © berbagai sumber

foto: Instagram/@mastercorbuzier

Kendati demikian, hal tersebut ternyata ditolak oleh Deddy. Deddy Corbuzier beralasan, masih banyak orang yang lebih membutuhkan uang ketimbang dirinya. Hal ini disampaikan Deddy Corbuzier di akun Twitter pribadinya @corbuzier, pada Rabu (14/12).

"Just info buat yg bertanya, saya tidak akan mengambil gaji atau tunjangan apapun sebagai Tituler. Saya balikkan ke Negara, masih banyak lainnya yg lebih membutuhkan," tulis suami Sabrina Chairunnisa dikutip brilio.net pada Kamis (15/12).

Deddy Corbuzier tak ambil gaji © berbagai sumber

foto: Twitter/@corbuzier

Pernyataan ini seolah menjawab sindiran berbagai pihak bahwa ia mendapatkan gaji dan tunjangan dengan pangkat pemberian ini. Salah satunya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Dearest Deddy, kamu enggak perlu keuntungan finansial itu, sumbangkan langsung kepada orang di TNI yang membutukan," cuit Susi di akun Twitternya.

Politikus dari Partai Nasdem, Akbar Faizal pun membandingkan jasa Deddy dengan ayah kandungnya yang mengikuti operasi militer di Irian Barat. Ayah Akbar terluka terkena peluru hingga lengannya bengkok.

"Operasi di Timtim/Timor Leste dapat bintang seroja. Hingga wafat berpangkat sertu. Kami bangga padanya. Dan seseorang pesohor tiba-tiba dapat pangkat Letkol dari Menhan Prabowo, panglima TNI dan Kasad. Negeri suka-suka," cuit Akbar.

Unggahan Deddy tidak akan mengambil gaji itu alih-alih mendapatkan simpati justru membuat netizen mengkritiknya. Banyak yang mempersoalkan pangkat Letnan Kolonel Tituler yang diberikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada ayah Azka itu. Netizen mempertanyakan kontribusi apa yang telah diberikan Deddy kepada negara sehingga mendapatkan pangkat kehormatan tersebut.

"bukan masalah uangnya om ded, masalah statusnya, apa yang sudah dan akan anda lakukan sebagai pertanggung jawaban atas status tersebut, kenapa anda terima?," komentar akun @dongdigidong.

"gw gag peduli honoriumnya bakal elu ambil atau gag ,hanya biar masyarakat paham sebutkan kegentingan apa yang terjadi di negara ini, sehingga pangkat tituler elu dapatkan?," kata @kenapa_bingung_

"bro @corbuzier kalau anda pintar dan punya integritas, sebenarnya orang minta anda menolak pangkat itu, doesn't make any sense. what you had been doing for this country and you deserve for the title? be a man," tulis @azmibagindo.