1. Jessica Iskandar.

cerita artis kredit rumah © instagram

foto: Instagram/@inijedar

Buntut dari musibah penipuan yang dialami Jessica Iskandar berdampak pada perekonomian ibu dua anak ini. Atas penipuan yang dilakukan mantan rekan bisnisnya, Christoper Stefanus Budianto atau Steven hingga 10 miliar, Jedar tak sanggup membayar tunggakan 3 bulan cicilan rumahnya.

Pasalnya, nominal cicilan rumah tersebut berjumlah ratusan juta rupiah. Hal ini yang kemudian menggerakkan hati Raffi Ahmad untuk ikut membantu membayar cicilan selama 1 bulan lamanya. Kendati demikian, Jedar memutuskan untuk menjual rumahnya karena tagihan cukup besar.

"Karena saldo di tabungan tidak mencukupi, karena cicilan perbulan rumah sangat besar dan karena KPR masih beberapa tahun, aku tidak ingin menambah beban dan stress," terangnya di laman Instagram.

2. Iis Dahlia.

cerita artis kredit rumah © instagram

foto: Instagram/@isdadahlia

Selama ini, Iis Dahlia dikenal dengan kehidupan mewah dan glamor. Namun, ada fakta yang terungkap mengenai Iis Dahlia. Dalam satu kesempatan, ibunda Devano ini mengungkapkan jika rumah mewah yang ia tempati merupakan hasil nyicil KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Tak tanggung-tanggung, cicilan Iis Dahlia yang harus dibayarkan perbulan sebesar Rp 250 juta. Untuk membayar cicilan rumahnya, Iis Dahlia tak hanya mengandalkan penghasilan suaminya yang berprofesi sebagai pilot saja. Selain mengisi berbagai acara, Iis Dahlia juga melebarkan sayapnya ke bisnis kuliner.

"Aku, kan baru utang rumah satu tahun. Tagihan aku per bulan 250 juta rupiah," terangnya dikutip dari laman dream.

3. Jessica Mila.

cerita artis kredit rumah © instagram

foto: Instagram/@jscmila

Berkarier di industri hiburan sejak 2004, mampu mewujudkan keinginan Jessica Mila untuk memiliki rumah idaman dengan ditaksir miliaran rupiah. Namun, Jessica memilih membangun rumah dengan memanfaatkan fasilitas KPR. Menurut Jessica Mila, cara kredit dinilai lebih aman dalam hal pelunasan.

"Ini duit aku sendiri, cuma namanya penghasilan di sini kan nggak langsung keluar (honor). Jadi aku usahakan KPR dulu biar aman. Soalnya suka gitu, harusnya keluar bulan apa, tapi karena ada ini dan itu jadinya mundur," ucap perempuan berpipi chubby ini dilansir dari liputan6.

4. Ringgo Agus Rahman.

cerita artis kredit rumah © instagram

foto: Instagram/@ringgoagus

Tak berbeda jauh dengan Ringgo Agus Rahman yang juga membeli rumah dengan sistem kredit selama 10 tahun. Telah mempersiapkan sebelum menikah dengan istri, proses pembelian rumah diakui Ringgo karena paksaan dari sang ibunda.

Demi bisa membayar rumahnya, Ringgo rela mengorbankan gaya hidupnya dengan menyunat semua pengeluaran konsumtifnya.

"Abis DP rumah itu nggak ada duit terus gue jadi nggak asyik gitu karena nggak ikut nonton konser karena kredit rumah 10 tahun," terangnya saat diwawancarai media.

5. Nikita Mirzani.

cerita artis kredit rumah © instagram

foto: Instagram/@nikitamirzanimawardi_172

Sering memamerkan kekayaan, Nikita Mirzani menunjukkan hal mengejutkan lewat media sosialnya. Artis yang biasa disapa 'Nyai' ini mengaku rumah yang ia tinggali dibeli melalui proses kredit. Melakukan pembayaran dengan gesek, tampak jelas di layar mesin angka tagihan kredit Nikita sebesar Rp 76 juta.

Nikita meyakini apabila membeli dengan cara kredit bukan sebuah aib.

"Alhamdulillah. Kalo sombong. Hasil kerja keras sendiri dan nyata gpp kok. Hukumnya halal. Jadiin motivasi aja buat kalian," terangnya.

6. Yadi Sembako.

cerita artis kredit rumah © instagram

foto: Instagram/@yadisembako_official

Beberapa waktu lalu, Yadi Sembako dikabarkan jatuh sakit karena bisnisnya merugi. Hal ini berdampak pada perekonomiannya karena tidak bisa mencicil rumah yang dibeli secara kredit. Yadi hampir kehilangan tempat tinggalnya karena tidak bisa membayar cicilan.

"Jual mobil, rumah hampir saya jual. Cuman alhamdulillah rumah masih bisa bertahan. Sempet mau disegel, karena kita dua tahun nggak bisa bayar loh. Cicilannya. Alhamdulillah ada negosiasi pihak sana kita bisa bayar, jadi masih bisa bertahan," kata Yadi Sembako di acara Pagi-Pagi Ambyar.

7. Gilang Dirga.

cerita artis kredit rumah © instagram

foto: Instagram/@gilangdirga

Sebelum membangun rumah baru, Gilang Dirga tinggal di hunian minimalis yang menjadi kado pernikahan Gilang untuk sang istri. Namun, di beberapa kesempatan Gilang menyebutkan rumah yang ia tempati masih belum lunas cicilannya. Hal ini diungkapkan Gilang ketika memandu acara di Liga Dangdut Indonesia 2020.