×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cara Tantri Kotak kelola keuangan ini keren banget untuk  ditiru

View Image

0

BRILIO » Selebritis

Cara Tantri Kotak kelola keuangan ini keren banget untuk ditiru

Jika tidak telaten, bisa saja uang itu kalap buat hal-hal yang kurang bermanfaat.

11 / 02 / 2019 09:25

Brilio.net - Setiap orang yang bekerja tentunya akan mendapat penghasilan dari hasil kerjanya. Entah itu per hari, per bulan, atau mungkin dalam jangka waktu tertentu.

Hasil dari bekerja pastinya nggak serta merta langsung dipakai buat berfoya-foya dong ya? Ada berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi, seperti kebutuhan harian, bulanan, dan tahunan.

Terkadang orang pun kesulitan mengelola uang tersebut. Bahkan, jika tidak telaten, bisa saja uang itu kalap buat hal-hal yang kurang bermanfaat. Hasilnya, jadi nggak bisa nabung deh. Padahal yang namanya nabung itu penting banget untuk simpanan jika sewaktu-waktu kita membutuhkan.

Nah, menanggapi fenomena ini, Tantri Kotak punya tips dan solusinya nih. Penyanyi rock yang kini berhijab itu pun menjabarkan rincian pengelolaan uang versinya di akun Instagram, Sabtu (9/2).

rincian biaya tantri instagram

Loading...

foto: Instagram/@tantrisyalindri

"Jadi istri dan ibu itu harus pintar mengolah keuangan dalam rumah tangga, menteri keuangannya lah. Banyak yang sampai detik ini masih bingung cara ngolah keuangan biar bisa nabung? SAMA! Tapi akhirnya saya punya rumus buat saya pribadi, dan mungkin bisa dicoba untuk semuanya. Inget ini versi saya, saya bukan konsultan keuangan tapi hanya konsultan rumah tangga pribadi, pengen share aja biar kita tetep bisa nabung ya geeess!," tulis Tantri.

Ia pun menuliskan prosentase pendapatan secara rinci yang biasanya ia alokasikan untuk keperluan tertentu.

"Kalo aku biasanya setiap pendapatan bulanannya selalu dipotong untuk:
30% tabungan
10% Sedekah (bebas kalo yg ini mau dipakai atau ga. Kembali ke masing2 individu ya)
10% Tabungan sekolah Kara (kalo yang sudah punya anak ya, klo yang blm bisa di alokasiin untuk persiapan pernikahan/pengeluaran tak terduga) .
.
Misal gaji Rp 3jt
900rb untuk tabungan
210rb untuk sedekah
189rb untuk pengeluaran tak terduga
Sisa Rp. 1.701.000
.
.
Totalin pengeluaran pasti setiap 1 tahun sekali di luar bensin, tol, parkiran (misal, asuransi, kendaraan, STNK, servis kendaraan ) lalu dibagi 12 untuk tau cost yang harus di keluarin tiap bulannya. Misal punya 1 motor harus keluar angka 5jt/tahun jika di bagi 12. Rp 416.000/bulan
.
.
Sisa Rp.1.285.000
.
.
Baru deh ke pengeluaran bulanan pasti, (misal kos, pulsa hp) katakan kosan 700rb dengan pulsa 100rb total 800rb.
.
.
Sisa Rp. 485.000
Ini digunakan untuk makan, bensin dll. Dan kita masih bisa nabung & sedekah lhooo! Jangan diutak atik tabungannya itu kuncinya. Dan makin banyak sedekah makin berkah nikmat yang kita punya, Ini contoh ya ges, bukan bermaksud menggurui tapi rasanya ingin sekali membagikan racikan hitungan ini. Semoga bermanfaat yaa," ujar istri Arda Naff itu.

Unggahan Tantri tentang rincian biaya ini pun mendapat respons positif dari warganet.

"Wah keen bgt ka itungannya, terimakasih ka ilmunya," kata @octa_silviana_dewi.

"boleh d'coba nih kak soal'y q IRT yg baru mmpunyai baby masih bingung ngatur uang yg bener. Paling utk biaya skolah q ganti utk biaya kebutuhan baby.. thanks kak...," ujar @fhaajjah.

"Beemanfaat sekaaliiii mbakkuuuu.. Terkadang kita lupa akan tabundan dan sedekah.. Supaya rizqy kita terus bermanfaat dan mengalir @tantrisyalindri," ungkap @husnilaidak.

"Mantul kak tips nya saya malah gak kepikiran perencanaan sepwrti itu,uang gaji selalu habis terus gk pernah ada sisa.. Heee @tantrisyalindri," komentar @ienasoekma.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more