Buntut aksi Ria Ricis ajak Moana main jetski berbagai sumber

foto: YouTube/Arist Merdeka Official

Seperti diketahui, Ria Ricis adalah salah satu YouTuber paling digemari di Indonesia yang memiliki jumlah subscriber mencapai 30 juta. Ketua Komnas Perlindungan Anak ini takut konten-konten video semacam itu dapat memberi pengaruh tidak baik.

"Semua orang tahu bahwa Ria Ricis adalah sosok yang digemari para netizen. Namun satu lagi saya tidak menghalangi hak anak untuk mendapatkan rekreasi. Tidak pada konteks itu. Tetapi sekali lagi kalau ada niatan untuk meningkatkan konten itu adalah eksploitasi," ujar Arist dikutip brilio.net dari kanal YouTube Arist Merdeka Official, Kamis (12/1).

Saat melihat konten video Moana hanya digendong dengan satu tangan dan tak mengenakan life jacket saat naik jetski, Arist Merdeka Sirait mengaku ngeri. Menurutnya, bukan tidak mungkin terjadi kecelakaan sehingga mengancam keselamatan anak.

"Apa yang sekarang sedang viral, Ibu Ria Ricis membawa anaknya, Moana, yang masih berumur 5 bulan naik jetski, ini ketika saya melihat tayangannya ini saja saya sudah takut. Kenapa? dimungkinkan akan terjadi kecelakaan," tuturnya.

Pria berusia 55 tahun itu pun dengan tegas mengimbau Ria Ricis dan sang suami, Teuku Ryan untuk menghentikan aksinya mengeksploitasi anak hanya demi konten semata.

"Sekali lagi Komnas Perlindungan Anak menghimbau dan meminta dengan hormat pada ibu Ria Ricis dan juga suaminya untuk menghentikan mengeksploitasi demi konten," ucap Arist.

Arist melanjutkan, anak berusia 5 bulan seharusnya mendapat kegiatan atau hiburan yang lebih baik demi tumbuh kembang anak.

"Karena anak 5 bulan adalah anak yg sungguh-sungguh harus mendapatkan pelayanan yang baik, tumbuh kembang yang baik," kata Arist.

Buntut aksi Ria Ricis ajak Moana main jetski berbagai sumber

foto: Instagram/@riaricis1795

Atas kehebohan yang terjadi, Ria Ricis dan Teuku Ryan mengaku salah dan minta maaf. Mereka mengatakan sebagai orang tua baru masih butuh banyak belajar. Dengan adanya kejadian kemarin, pasangan yang menikah pada 12 November 2021 ini justru berterima kasih pada netizen dan semua orang yang telah mengingatkan, memberi kritik dan juga saran.

"Kita makasih, banyak banget teman-teman yang sudah ingetin, maaf kalau ada salah, salah sih, jadi jangan ditiru," kata Ricis saat hadir di acara Rumpi No Secret.

Meski begitu, Ricis sendiri tak merasa tindakannya itu akan begitu saja ditiru orang lain yang melihat konten tersebut. Menurutnya, tidak ada satu pun orang tua yang akan membahayakan anaknya.