Sosok yang di foto itu adalah aktor laga terkenal Iko Uwais. Sejak kecil ia menyukai olahraga sepak bola dan pencak silat. Ia pernah tergabung dalam Liga-B klub sepakbola Indonesia, namun karena klub itu bangkrut ia putuskan untuk meninggalkan sepak bola dan fokus pencak silat.

Karena ia membutuhkan dana, akhirnya pria kelahiran 1983 ini menjajal untuk membuat SIM A guna mendaftar kerja sebagai driver. Setelah pekerjaan itu didapatkan ia bertugas untuk mengemudikan truk pada perusahaan telepon seluler. Pekerjaan itu ia lakoni selama 2 tahun sembari tetap bergabung dengan grup pencak silat di Jakarta.

bocah cilik iko uwais © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@iko.uwais

Di tahun 2008 kariernya sebagai aktor dimulai setelah ia ditemukan oleh sutradara Gareth Evans. Sutradara asal Inggris itu sedang melakukan riset tentang pencak silat di Jakarta untuk film dokumenternya.

Dari situlah akhirnya Gareth menggaet Iko untuk menjadi pemeran film berjudul Merantau di tahun 2009. Film itu adalah film pertama yang Iko perankan. Perlahan ia mengundurkan diri sebagai supir dan memilih bekerja bersama Gareth Evans.

Namanya melambung setelah memainkan film selanjutnya berjudul The Raid (2012) dan The Raid 2 : Berandal (2014). Bahkan ia ditarik untuk mendapuk film Star Wars : The Force Awakens (2015) sebagai Razoo Qin Fee. Iko resmi berkarier di kancah internasional.

bocah cilik iko uwais © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@iko.uwais

Star Wars membuka jalan keberuntungan untuknya, pasalnya setelah itu beragam tawaran film Hollywood mendatangi aktor tampan ini.

Film Hollywood yang pernah ia perankan di antaranya Man of Tai Chi, Star Wars Episode VII: The Force Awakens, Beyond Skyline, Mile 22, Triple Threat, Stuber, Chinatown Express, dan Snake Eyes. Terbaru ia membintangi film Expend4ble sebagai Suarto yang akan tayang September tahun ini.

Kini Iko telah menikah dengan aktris Audy Item pada tahun 2012 dan dikaruniai 2 anak. Keluarganya pun tak pernah mendapat isu miring.