Tak mengikuti jejak sang kakek buyut, gadis kecil ini memilih karier dunia musik. Gadis kecil ini adalah Dewi Yull, yang lahir dengan nama Raden Adjeng Dewi Pudjijati. Penyanyi yang lahir pada 10 Mei 1961 ini sudah mengikuti ajang nyanyi sejak usianya belia.

Dewi menjuarai tingkat pertama provinsi Jawa Barat lewat ajang Penyanyi Nasional Tingkat Nasional. Kemudian mendapatkan posisi keempat di ajang nasional, di bawah Hetty Koes Endang (DKI), Melky Goeslaw/Diana Nasution (DKI), dan Ira Puspita (Jawa Timur).

Dewi Yull cicit pahlawan nasional Tirto Adhi Soerjo © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@dewiyullofficial

Punya karier gemilang di dunia musik, Dewi Yull mengeluarkan berbagai lagu-lagu terbaiknya. Namanya melejit pada era 1980-an hingga 1990-an. Lagu-lagunya yang terkenal adalah Kau Bukan Dirimu, Mengapa Harus Bertengkar, Rindu yang Terlarang, dan masih banyak lainnya.

Berkat lagu-lagunya tersebut, ia mendapatkan penghargaan dari Anugerah Musik Indonesia. Bukan hanya musik, Dewi juga mulai merambah dunia akting. Gadis yang rilis 1980 lalu merupakan debut akting pertamanya. Semenjak itu, ia banyak mendapatkan tawaran untuk akting.

Dewi Yull cicit pahlawan nasional Tirto Adhi Soerjo © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@dewiyullofficial

Lewat film Gadis (1980) tersebutlah Ray Sahetapy dan Dewi Yull bertemu. Keduanya jatuh cinta, sayangnya hubungan mereka ditentang oleh keluarga. Pasalnya mereka menikah beda agama, sehingga membuat keluarga Dewi Yull tidak merestuinya. Namun, Dewi menyebutkan saat itu Ray sudah menjadi mualaf.

Hidupnya pun menjadi berubah. Menikah pada 1981 lalu, Ray dan Dewi harus tinggal di rumah kontrakan dengan dinding bambu. Mereka sempat berpindah-pindah kontrakan. Namun, sayangnya pernikahan mereka kandas pada 2004 lalu karena Ray Sahetapy ingin poligami.

Dewi Yull cicit pahlawan nasional Tirto Adhi Soerjo © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@dewiyullofficial

Dari pernikahannya dengan Ray Sahetapy, keduanya dikaruniai empat orang anak. Mereka adalah Gizca Puteri, Rama Putra, Panji Surya, dan Mohammad Raya. Meski gagal dalam rumah tangga, Dewi akhirnya menikah kembali dengan Srikaton pada 2008 lalu.

Penyanyi berusia 62 tahun ini masih berkarier di dunia hiburan. Kini Dewi masih eksis berakting di berbagai film.