Brilio.net - Di Indonesia proses mengadopsi atau mengangkat anak umumnya dilakukan melalui panti asuhan maupun keluarganya langsung. Tahapan yang dilalui biasanya lewat pengadilan di wilayah tempat tinggal calon anak, serta dinas sosial.

Lamanya mendapat momongan usai menikah kadangkala menjadi alasan tersendiri bagi segelintir pasangan memutuskan mengadopsi anak, tak terkecuali kalangan selebriti.

Namun beberapa selebriti ini memutuskan mengangkat anak karena terketuk hatinya mendengar kisah bayi yang ditelantarkan orangtuanya. Meski harus menjalani proses panjang, perjuangan mereka patut diacungi jempol.

Siapa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/10), seleb-seleb yang adopsi bayi karena ditelantarkan orangtuanya.

1. Venna Melinda.

seleb adopsi bayi © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@vaniaathabina24

Menjelang magrib, seorang petugas masjid toilet wanita di masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, menemukan seorang bayi perempuan yang baru lahir tapi ditinggalkan orangtuanya. Melihat kabar tersebut tersebar di media, Venna langsung ingin membesuk bayi itu. Hatinya bahkan terketuk ingin mengasuhnya.

Semua prosedur panjang adopsi anak telah ia lewati, Venna akhirnya berhasil mengadopsi Vania, nama yang diberikan kepada bayi mungil itu. Selama ini Venna memang berkeinginan memiliki anak perempuan.

2. Dewi Perssik.

seleb adopsi bayi © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@dewiperssikreal

Di tengah keretakan rumah tangganya dengan Syaiful Jamil beberapa tahun lalu, pedangdut Dewi Persik juga disibukkan dengan perannya sebagai ibu usai mengadopsi anak yang baru berusia dua minggu. Sebelumnya Depe, sapaannya, pernah mengalami keguguran sebanyak dua kali. Bayi itu diberi nama Felice Gabriel. Bayi ini ditinggalkan orangtuanya dan ditemukan oleh pihak rumah sakit di Kota Tegal.

3. Apoy Wali.

seleb adopsi bayi © 2018 brilio.net

foto: Liputan6.com

Salah satu personel grup Wali, Apoy, juga harus menjalani beragam prosedur karena keinginan mengadopsi bayi perempuan bernama Shania. Keinginannya itu bermula saat melihat Shania ditelantarkan orangtuanya di sekitar SPBU, Jalan Raya Jombang, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren.

Meski mulanya Apoy sendiri yang berkeinginan merawat Shania, saat ini bayi cantik itu dirawat dan dibesarkan oleh additional bassist Wali Band, Titik.

"Awalnya saya pribadi mau ngambil, tapi saya pun introspeksi. Saya sudah punya anak. Kemudian bassist kami sudah nikah selama sembilan tahun belum diberikan anak. Lalu coba koordinasikan dengan dinas sosial bolehkah kita limpahkan dengan tetap mengikuti SOP. Alhamdulillah boleh," jelas Apoy seperti dilansir dari Liputan6.com.

4. Nafa Urbach.

seleb adopsi bayi © 2018 brilio.net

foto: Istimewa

Belum lama ini publik sempat dihebohkan dengan pemberitaan mengenai seorang bayi yang dilempar dari lantai 3 sebuah pusat perbelanjaan di Magelang, Jawa Tengah. Beruntung, bayi tersebut masih hidup. Melihat kabar itu, lewat akun Instagram pribadinya, Nafa Urbach mengungkapkan kemauannya untuk mengadopsi bayi mungil itu.

Namun karena terkendala masih berada di luar negeri, ia meminta kepada salah satu orang yang dipercayainya untuk mencari tahu informasi apakah bayi mungil itu bisa diadopsi atau tidak. Mantan istri Zack Lee tersebut juga berharap agar prosesnya bisa berjalan lancar.

(brl/tin)

(brl/tin)