Brilio.net - Mengandung buah hati selama sembilan bulan bukan perkara mudah. Saat menjadi ibu hamil, tentu perubahan fisik akan terlihat begitu kentara. Bukan hanya itu, perubahan hormonal yang terjadi juga memengaruhi psikologi ibu hamil. Hal tersebut begitu alamiah dialami wanita yang tengah berbadan dua.

Salah satu hal yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah kenaikan berat badan yang signifikan. Salah satu bagian yang terlihat adalah terjadi pembengkakan pada tangan dan kaki. Dikutip dari laman Alodokter, Senin (9/10), pembengkakan tersebut merupakan hal wajar yang dialami ibu hamil.

Kondisi ini terjadi karena wanita hamil mengalami perubahan kadar hormon. Pelepasan hormon-hormon selama masa kehamilan dapat memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan sodium (garam). Hal tersebut membuat beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan yang dalam bahasa medis disebut peripheral edema.

Peripheral edema sendiri juga dialami oleh selebriti yang sedang mengandung janinnya. Deretan selebriti ini pun mengaku sampai melepaskan cincin pernikahannya lantaran jari-jarinya semakin membesar. Siapa sajakah mereka?

1. Chelsea Olivia

 lepas cincin karena hamil © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@chelseaoliviaa

Ibu dari Natusha Olivia Alinskie ini saat mengandung harus melepas cincin pernikahannya dengan Glenn Alinskie. Hal tersebut disebabkan karena adanya pembengkakan pada jari-jarinya saat hamil.

Pemain sinetron Buku Harian Nayla ini pun sempat mengunggah jemarinya yang mengalami pembengkakan. Tampak pula bekas cincin yang melingkar di jari manisnya usai dilepas.

 lepas cincin karena hamil © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@chelseaoliviaa

"My finger misses you," tulis Chelsea Olivia pada foto yang diunggahnya.

2. Tantri Namirah

 lepas cincin karena hamil © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@haykalkamil

Istri dari Haykal Kamil, Tantri Namirah tengah mengandung buah hati pertamanya. Janin yang kerap disapa Baby K ini telah menginjak usia sekitar enam bulan. Selama hamil, Tantri Namirah telah mengalami kenaikan bobot hingga 10 kilogram.

Perubahan tubuhnya begitu terlihat karena tangan dan jarinya ikut membesar. Kendati demikian, cincin pernikahannya pun tak sanggup melingkar di jarinya karena kekecilan.

3. Kim Kardashian

 lepas cincin karena hamil © 2017 brilio.net

foto: people.com

Selebriti Hollywood, Kim Kardashian pernah merasa kesal lantaran cincin pernikahannya dengan Kanye West tak muat di jemarinya. Pada saat itu, Kim tengah mengandung buah cintannya dengan Kanye West. Kehamilan anak keduanya ini, Kim mengalami kenaikan bobot yang signifikan seperti ibu hamil lainnya.

4. Revalina S Temat

 lepas cincin karena hamil © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@vatemat

Aktris berhijab, Revalina S Temat juga mengalami hal sama seperti seleb sebelumnya. Saat mengandung anak pertamanya yang bernama Rihga Sadiwasakti Rabbani, Reva benar-benar takjub dengan kenaikan berat badannya.

Semua pakaian, sepatu, hingga cincin nikah pun tak muat dengan ukuran tubuhnya. Meski begitu, Reva tetap bersyukur karena kondisi yang dialaminya ini tetap sehat.

5. Nina Zatulini

 lepas cincin karena hamil © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@ninazatulini22

Saat mengandung Kenzie Naratama Chandra, Nina Zatulini harus melepas cincin nikahnya karena badannya melar. Istri dari Chandra Tauphan ini tak bisa memakai cincin nikahnya karena tangannya mengalami pembengkakan.

"Tidak terasa sudah masuk trimester 3. Baby kicks makin sering terasa muntah-muntah semoga uda ga lagi ya asal ga salah makan aja soalnya kemarin-kemarin lambungnya sensitif sekali kaki dan tangan aku juga mulai bengkak kata mama harus kurangin makan garem soalnya cincin gada bisa dipake,” tulisnya dalam sebuah keterangan foto yang diposting saat hamil di tahun 2016 lalu.