Brilio.net - Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Tentu saja, sosok Raden Ajeng Kartini merupakan pahlawan serta tokoh emansipasi wanita yang kisahnya akan selalu melegenda. Ia merupakan kalangan ningrat yang menyerukan kesetaraan hak untuk wanita, khususnya di bidang pendidikan.

Semasa muda, Kartini sudah gemar membaca serta berkirim surat dengan teman-temannya di Belanda. Surat-suratnya ini diterbitkan dalam satu buku terkenal berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Kisah dari Kartini ini pada akhirnya diadaptasi menjadi film. Sejauh ini, ada 3 film yang mengambil kisah sejarah Kartini dengan lima aktris pemerannya. Masing-masing aktris pemeran Kartini ini juga menghidupkan karakter yang ikonik dan memorable.

Nah, berikut beda gaya lima seleb saat perankan tokoh Kartini, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (21/4).

1. Jenny Rachman.

beda gaya seleb pemeran Kartini © 2021 brilio.net

foto: istimewa; Instagram/@jennyrachman18

Aktris kawakan, Jenny Rachman merupakan sosok yang pertama kali memerankan karakter Kartini di film tahun 1984. Ia pernah dijuluki sebagai salah satu dari The Big Five yang menerima bayaran paling tinggi di masanya. Dalam film ini, Jenny Rachman menghidupan sosok Kartini dengan memperlihatkan perjuangannya menyeru emansipasi wanita. Di keseharian, Jenny Rachman kini tampil berhijab. Usianya sudah lebih dari 60 tahun tapi masih tampak awet muda kan?

2. Rania Putrisari.

beda gaya seleb pemeran Kartini © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@raniaps

Tahun 2016, rilislah film Surat Cinta Untuk Kartini yang tokoh utamanya diperankan oleh Rani Putrisari. Sesuai judulnya, film ini menghadirkan kisah cinta fiksi dengan latar belakang sejarah. Sosok Kartini diceritakan memiliki penggemar pria bernama Sarwadi yang diperankan oleh aktor Chicco Jericko. Pembawaan Kartini dalam film ini juga begitu anggun dan bersahaja.

Sementara Rania Putrisari di keseharian tampil stylish dan kerap melakukan berbagai pemotretan. Peran sebagai Kartini ini ia dapatkan dari audisi online dan menjadi debutnya sebagai aktris.

3. Neysa Chan.

beda gaya seleb pemeran Kartini © 2021 brilio.net

foto: istimewa; Instagram/@neysa_chan

Setahun setelahnya yakni pada 2017, ada lagi film Kartini yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Karena mencoba menyajikan kisah yang lengkap namun padat, ada 3 pemeran Kartini dalam tersebut. Pemeran Kartini saat anak-anak diperankan oleh Neysa Chan. Dimana kala itu, sosok Kartini kecil harus berpisah dari ibunya, Ngasirah yang diceritakan bukan dari kalangan ningrat. Neysa Chan juga dinilai berhasil memerankan adegan dimana Kartini menangis karena menahan rindu.

Neysa Chan sendiri kini sudah beranjak remaja. Penampilannya juga kian cantik dan memesona.

4. Adelheid Bunga.

beda gaya seleb pemeran Kartini © 2021 brilio.net

foto: istimewa; Instagram/@adelheidbunga

Kemudian untuk Kartini remaja diperankan oleh Adelheid Bunga, kali ini Kartini diceritakan mulai menyukai buku-buku bacaan. Ia juga sudah mulai memiliki keinginan memiliki pendidikan yang sama dengan para kakak lelakinya. Beberapa kali pula Kartini remaja merasa bimbang dengan berbagai situasi yang ada.

5. Dian Sastrowardoyo.

beda gaya seleb pemeran Kartini © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr

Terakhir, karakter Kartini dewasa diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Beda dengan karakter lain, Dian Sastro menghidupkan sosok Kartini yang cenderung lebih berani melawan tradisi. Namun sosok Kartini ini digambarkan begitu cerdas dan bisa meyakinkan keluarga yang lain untuk mempertimbangkan pendapatnya.

(brl/lin)

(brl/lin)