5. Melibatkan empat menteri untuk persiapan pernikahan Kaesang dan Erina,

fakta persiapan pernikahan kaesang erina © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@erinagudono

Menurut beberapa sumber, ada empat menteri yang turut andil dalam persiapan pernikahan Kaesang dan Erina. Mereka adalah Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman), Erick Thohir (Menteri BUMN), Bahlil Lahadalia (Menteri Investasi), dan Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan).

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan diketahui ikut mendampingi Kaeang ke rumah Erina pada 23 Oktober lalu. Pada saat itu, Kaesang ditemani oleh Luhut untuk mendatangi kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, untuk membahas tentang persiapan pernikahan mereka.

Di sisi lain, ketiga menteri lainnya yakni Erick Thohir, Bahlil Lahadalia, dan Budi Karya Sumadi, ikut andil dalam gladi bersih acara pernikahan pada Minggu 27 November kemarin. Ketiganya terlihat melakukan koordinasi di dalam Puro Mangkunegaran yang merupakan lokasi acara ngunduh mantu mendatang.

6. Dua menteri jadi saksi pernikahan Kaesang dan Erina

fakta persiapan pernikahan kaesang erina © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@kaesangp

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga didapuk sebagai saksi pernikahan Kaesang dan Erina pada 10 Desember mendatang. Fakta tersebut diungkapkan oleh Kepala KUA Kapanewon Depok, Sleman, Muhammad Wiyono.

Menurut Muhammad Wiyono, Pratikno menjadi saksi nikah untuk pihak Erina, sedangkan Basuki Hadimuljono menjadi saksi nikah untuk pihak Kaesang.

7. Bebek peking dan sup iga bakar jadi hidangan acara ngunduh mantu

fakta persiapan pernikahan kaesang erina © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@erinagudono

Berbagai sajian Nusantara dan beberapa camilan akan disajikan dalam acara ngunduh mantu. Diantaranya terapat menu bebek peking dan sup iga bakar, camilannya berupa puding dan dori atau nangka goreng. Selain itu, ada juga potato bryon hingga steamboat.

Beragam hidangan tersebut disajikan oleh Sonokembang Katering yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah. Gelaran acara di Pendopo Pura Mangkunegaran dilakukan untuk jamuan tasyakuran para tamu. Tidak ada perhelatan adat sama sekali dalam momen tersebut, murni hanya jamuan ala gala dinner.

8. Pura Mangkunegaran untuk pesta pernikahan

fakta persiapan pernikahan kaesang erina © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@erinagudono

Pura Mangkunegaran merupakan salah satu keraton dari kota Solo yang hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat aktivitas kerajaan hingga tempat penyimpanan benda bersejarah.

Kaesang dan Erina menjadi pasangan pengantin pertama yang menggunakan Pura Mangkunegaran. Selanjutnya, bukan tak mungkin Pura Mangkunegaran dapat dinikmati oleh masyarakat umum untuk menggelar acara serupa. Namun, harus tetap ada prosedur untuk pemakaiannya juga.

9. Dekor pernikahan bertema Mataram Islam

fakta persiapan pernikahan kaesang erina © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@erinagudono

Dekorasi pernikahan Kaesang dan Erina yang akan diselenggarakan di Loji Gandrung Solo menggunakan konsep bertema Mataram Islam. Presiden Jokowi sendiri telah menyetujui konsep tersebut. Keluarga RI-1 telah menunjuk Pandji Vasco da Gama sebagai pendekorasi pernikahan Kaesang dan Erina.

"Untuk detail, tema yang kita angkat adalah Mataram Islam. Mataram Islam di sini, semua bentuk ornamen kita ambil dari Mataram Islam Jogja dan Solo," kata Pandji Vasco da Gama dikutip brilio.net dari akun YouTube Berita Surakarta, Kamis (1/12).

 

Penulis: Magang/Ricak Milla Suatin