Brilio.net -  Pilpres akan dilaksankan 17 April 2019 mendatang. Setiap orang memiliki hak suara dan diharapkan dapat memberikan hak suaranya dalam memilih presiden mana yang menurutnya tepat untuk memimpin Indonesia kedepannya.

Pilpres 2019 sudah ada dua capres-cawapres yang bisa dipilih. Capres-cawapres dengan nomor urut 1 adalah Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, sedangkan pasangan dengan nomor urut 2 adalah Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Sebagai masyarakat yang bebas menyuarakan hak pilihnya, ada fenomena menarik dalam Pilpres 2019 kali ini. Deretan seleb yang dulunya terlihat mendukung pasangan Prabowo-Hatta di tahun 2014 lalu, kini mulai terlihat pindah haluan. Berbagai alasan yang melatarbelakangi perpindahan pandangan politik dari para seleb tersebut. Salah satunya karena mereka menunjukan kekagumannya terhadap sosok Jokowi-Ma'ruf Amin.

Siapa saja seleb yang dahulunya dari koalisi Prabowo dan sekarang pindah haluan? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/1).

1. Raffi Ahmad.

Loading...

seleb pindah Jokowi instagram -foto: YouTube/@Rans Entertainment

Pada pemilihan presiden 2014 yang lalu, Raffi Ahmad sempat memberikan statement dimana dirinya mendukung pasangan Prabowo-Hatta. "Kalau Mas Dhani bilang Prabowo-Hatta sudah pernah ke rumahnya, tapi alhamdulillah beliau belum pernah ke rumah saya. Tapi setulus hati nurani saya dukung beliau," ujar Raffi Ahmad seperti yang dilansir dari liputan6.

Namun di pemilihan presiden 2019 Raffi Ahmad terlihat beberapa kali menunjukan kedekatannya dengan Jokowi. Raffi pernah terlihat berfoto bersama, menemui Jokowi, hingga membuat vlog bersama Jokowi dan juga Ma'ruf Amin. Saat bertemu dengan Ma'ruf Amin, Raffi Ahmad pernah disinggung mengenai dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf, "Nanti ada waktunya. Tenang aja," jelas Rafi seperti dilansir dari merdeka.

2. Dedy Mizwar.

seleb pindah Jokowi instagram -foto: Instagram/@deddy_mizwar

Sebelumnya di pemilihan umum presiden 2014, aktor lawakan Dedy Mizwar menyatakan dukungannya kepada Prabowo-Hatta. Menurut dirinya waktu itu, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin seperti Prabowo. Menurut Dedy, sosok Prabowo adalah contoh sosok yang berintegritas dan nasionalisme.

Di tahun 2019, Dedy Mizwar justru didapuk menjadi salah satu juru bicara pasangan Jokowi-Ma'ruf di dalam pilpres 2019. Meskipun partai politik yang mengusungnya, yakni Demokrat mendukung Prabowo-Sandiaga. Ini merupakan pilihan politik pribadi Dedy Mizwar.

3. Ashanty.

seleb pindah Jokowi instagram -foto: Instagram/@ashanty_ash

Sebelumnya istri Anang Hermansyah ini mengaku bukanlah pendukung dari Jokowi. Namun setelah Jokowi terpilih menjadi presiden Indonesia, Ashanty melihat kinerja Jokowi. Ashanty kagum atas kerja yang sudah dilakukan Jokowi selama ini, termasuk dalam pembangunan infrastruktur.

Seperti diketahui Ashanty pernah buka-bukaan mengenai pilihannya di Pilpres 2014 yang lalu. Dari dua pasangan calon, dirinya dan Anang Hermansyah mengaku memilih pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

4. Luna Maya.

seleb pindah Jokowi instagram -foto: Instagram/@lunamaya

Pada kampanye terbuka yang diadakan pasangan capres-cawapres dari partai Gerinda pada 2014 lalu dihadiri banyak seleb Tanah Air, termasuk Luna Maya. Di kampanye terbuka tersebut dengan terang-terangan Luna Maya memberikan dukungannya kepada capres-cawapres Prabowo-Hatta. Bagi Luna Maya, Prabowo merupakan sosok presiden yang bisa memberikan rasa aman kepada seluruh rakyat Indonesia.

Setelah waktu berjalan, Luna Maya mulai menunjukan minatnya dan kekagumannya kepada sosok Jokowi. Terlihat dari unggahan Luna Maya di akun Instagram pribadinya, Luna Maya pernah berfoto selfi dengan Jokowi. Pada saat itu Jokowi menyempatkan diri untuk datang dalam pemutaran film yang dibintangi Luna Maya.

5. Venna Melinda.

seleb pindah Jokowi instagram -foto: Instagram/@vennamelindareal

Venna Melinda merupakan seleb Tanah Air yang sudah terjun dalam dunia politik sejak 2009 lalu. Waktu itu Venna menjadi salah satu anggota partai dari fraksi Demokrat. Sebagai anggota Demokrat, pada Pilpres 2014 ia mendukung pasangan Prabowo-Hatta.

Namun seiring berjalannya waktu, di tahun 2018 Venna justru pindah ke partai Nasdem. Menurut Venna, dirinya ingin meningkatkan karier politiknya. Dilansir dari Antara, Venna mengaku salah satu alasan kenapa dirinya pindah ke kubu Nasdem lantaran karena dirinya mendukung Jokowi.

6. Riefian Fajarsyah.

seleb pindah Jokowi instagram -foto: Instagram/@ifanseventeen

Riefian Fajarsyah atau yang sering dikenal dengan Ifan Seventeen ini pernah mencoba menjadi caleg pada tahun 2014. Ifan masuk dalam dunia politik diusung oleh partai Gerinda. Sesuai dengan partai yang mengusung, pada Pilpres 2014, Ifan mendukung capres-cawapres Prabowo-Hatta.

Di tahun 2019 ini Ifan juga akan maju sebagai caleg kembali. Namun bukan dari partai Gerinda kembali, Ifan sudah beralih ke Partai kebangkitan bangsa (PKB). Di pilpres 2019 PKB merupakan partai koalisi pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin.

7. Lucky Hakim.

seleb pindah Jokowi instagram -foto: kapanlagi

Di tahun 2014 yang lalu Lucky Hakim menjadi salah satu wakil rakyat yang lolos di Pileg 2014. Pada saat itu Lucky berada di partai PAN. Sesuai dengan partai yang mengusungnya, pada Pilpres 2014 lalu Lucky Hakim mendukung capres-cawapres dari PAN, yakni Prabowo-Hatta.

Namun di tahun 2019, Lucky kembali menyalonkan diri di Pileg bukan dari PAN lagi. Lucky Hakim berpindah haluan politik ke partai Nasdem. Di Pilpres 2019 partai Nasdem merupakan partai pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

8. Wanda Hamidah.

seleb pindah Jokowi instagram -foto: Instagram/@wanda_hamidah

Wanda Hamidah sebelumnya merupakan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Usai tahun 2014, ia meninggalkan politik dan keluar dari PAN. Pada Pemilu 2019, Wanda kembali maju menjadi caleg DPR dari Dapil DKI Jakarta I dengan diusung oleh partai baru, Nasdem.