Brilio.net - Berbicara mengenai film dan serial TV, tentu tak bisa lepas dari rumah produksi yang menjadi ujung tombak setiap proyek tersebut dikerjakan. Proses kreatif inilah yang kemudian menarik perhatian para artis seni peran untuk terlibat langsung dalam proses pembuatannya.

Selain tampil di depan layar, para selebriti Bollywood ini juga sukses dengan merambah ke dunia bisnis rumah produksi atau production house (PH). Usaha tersebut dipilih tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya, mereka sadar bahwa eksistensi di dunia hiburan ada kalanya pasang surut.

Kendati butuh upaya yang besar dengan tingkat risiko tinggi, para seleb Bollywood ini percaya bahwa usaha rumah produksinya akan sukses melahirkan karya-karya film dan serial TV Bollywood.

Penasaran kan, siapa saja mereka? Berikut deretan seleb Bollywood yang punya rumah produksi sendiri, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (10/11).


1. Salman Khan.

seleb bollywood punya rumah produksi © Instagram

foto: Instagram/@beingsalmankhan



Sukses memerankan puluhan judul film, aktor Salman Khan juga terjun ke balik layar melalui rumah produksi miliknya. Diberi nama Salman Khan Films, rumah produksi milik aktor 53 tahun ini telah memproduksi lebih dari 10 judul film Bollywood.


2. Shah Rukh Khan.

seleb bollywood punya rumah produksi © Instagram

foto: Instagram/@iamsrk



Tak hanya sukses membintangi berbagai judul film, Shah Rukh Khan juga sukses dalam membangun bisnis yang dirintisnya. Bersama sang istri, Gauri Khan, mereka membangun rumah produksi Red Chillies Entertainment yang telah berdiri sejak tahun 2000 silam.

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 25 judul film yang diproduksi. Sebut saja 'My Name Is Khan', 'Om Shanti Om', 'Dear Zindagi', dan masih banyak lagi.


3. Sanjay Dutt.

seleb bollywood punya rumah produksi © Instagram

foto: Instagram/@duttsanjay



Tak berbeda jauh, pemeran Sanju ini juga melebarkan sayapnya ke dunia bisnis rumah produksi. Kendati rumah produksi milik aktor Sanjay Dutt sempat dikabarkan tutup pada 2015 silam, namun hal tersebut tak terbukti. Di 2019 lalu, rumah produksinya kembali memproduksi film berjudul 'BABA' bersama Blue Mustang Creations.


4. Anushka Sharma.

seleb bollywood punya rumah produksi © Instagram

foto: Instagram/@anushkasharma



Bukan hanya menggeluti bakat akting, Anushka Sharma juga merintis bisnis rumah produksi, Clean Slate Films. Berdiri di tahun 2014 silam, rumah produksi miliknya telah melahirkan karya-karya film Bollywood.


5. Ajay Devgan.

seleb bollywood punya rumah produksi © Instagram

foto: Instagram/@ajaydevgn



Ajay Devgan Films merupakan rumah produksi milik suami Kajol, Ajay Devgan. Bukan hanya memproduksi, perusahaan milik Ajay Dvgn ini juga menjadi distributor. Tak heran jika sejak tahun 1999, rumah produksi ini telah menaungi belasan film Bollywood.


6. Priyanka Chopra.

seleb bollywood punya rumah produksi © Instagram

foto: Instagram/@priyankachopra



Model dan aktris Priyanka Chopra bukan hanya lihai di depan layar, namun juga di balik layar. Hal ini terlihat dari keseriusannya menggeluti usaha rumah produksi yang bernama Purple Pebble Pictures.

Berdiri sejak 2015 lalu, rumah produksi miliknya telah menaungi berbagai judul film dan serial TV. Bahkan, film produksinya berhasil memenangkan tiga piala National Film Awards.


7. John Abraham.

seleb bollywood punya rumah produksi © Instagram

foto: Instagram/@thejohnabraham



Memulai debut karier di dunia perfilman sejak 2003, membuat John Abraham tertarik untuk membangun rumah produksi sendiri. Berdiri tahun 2012, JA Entertainment memulai debutnya dengan memproduksi film Vicky Donor.


8. Aamir Khan.

seleb bollywood punya rumah produksi © Instagram

foto: Instagram/@_aamirkhan



Aamir Khan berhasil membuktikan kesuksesan dirinya. Tak hanya berkarya di Industri Bollywood saja, Aamir Khan kini mulai merambah usaha rumah produksi. Didirikan sejak tahun 1999 silam, Aamir Khan Production telah menaungi belasan film Bollywood.