4. Ayu Azhari.

Seleb kuliah S1 di usia tak muda © berbagai sumber

foto: Instagram/@ayukhadijahazhari

Ayu Azhari jadi artis selanjutnya yang memutuskan untuk mendaftar kuliah lagi di usia yang tak muda. Usut punya usut, pesinetron tersebut mengambil kuliah S1 Psikologi Komunikasi di Universitas Kristen Indonesia pada 2017 lalu, saat usianya 47 tahun. Uniknya lagi, Ayu ditempatkan sekelas dengan sang anak, Axel Gondokusumo.

Alasan yang mendorong Ayu Azhari kuliah lagi adalah amanah dari almarhum ibunya.

"Aku nggak suka nganggur. Aku inget pesen ibuku, dia nangis dia bilang aku harus kuliah, pasti bisa maksimal, itu keinginan ibuku," ungkapnya, dikutip dari KapanLagi.com.

5. Ruben Onsu.

Seleb kuliah S1 di usia tak muda © berbagai sumber

foto: Instagram/@ruben_onsu

Meski berusia 33 tahun, Ruben Onsu tidak minder untuk melanjutkan pendidikannya. Ia kemudian mendaftar Ilmu Komunikasi di Universitas Bung Karno pada 2016 lalu. Keinginannya kuliah tersebut merupakan amanat dari mendiang Julia Perez.

"Ini kan saya kuliah dari Jupe wisuda. Dia yang masukin, dia yang daftarin, eh pas dia nggak ada saya rasa ini jadi amanat. Niat juga kuliah di sini dia ambil komunikasi, dia pasti lebih cepet kalau saya mungkin lama banget," kata Ruben, dikutip dari KapanLagi.com.

Meski sibuk sebagai artis, Ruben pun berhasil lulus tepat waktu pada 2020 lalu.

6. Sarwendah.

Seleb kuliah S1 di usia tak muda © berbagai sumber

foto: Instagram/@sarwendah29

Tak berbeda dari Ruben Onsu, Sarwendah rupanya juga bertekad untuk mendapatkan gelar sarjana. Ia diketahui satu almamater dengan adik dari Ruben Onsu, Jordi Onsu. Sarwendah sendiri mendaftar di Universitas Bung Karno, jurusan Ilmu Komunikasi, pada 2018 lalu. Saat itu, usianya 29 tahun, tetapi ia memiliki keinginan untuk menimba ilmu.

7. Luna Maya.

Seleb kuliah S1 di usia tak muda © berbagai sumber

foto: YouTube/Luna Maya

Terbaru ada Luna Maya memutuskan untuk melanjutkan kuliah yang sempat terhenti. Lewat konten YouTubenya, ia membuktikan dirinya serius untuk menempuh pendidikan S1 di salah satu kampus di Surabaya.

Saat ini Luna Maya sudah menginjak usia 39 tahun. Namun itu tidak menjadi penghalang dirinya. "Kampusnya temen gua. Ambil (jurusan) wirausaha, semester ganjil," ujar Luna Maya, dikutip dari kanal YouTube Luna Maya.

Sebelumnya, Luna Maya pernah menjadi mahasiswa Hukum dan Hubungan Internasional.

"Dan ternyata gue, transkrip nilai gue yang dulu, udah 8 tahun nggak keterima. Jadi harus ngulang. Gue harus S1," tegas Luna Maya.