Brilio.net - Melihat persaingan di industri hiburan yang begitu ketat, tak sedikit para selebriti yang mengasah kemampuan di bidang lain. Tak hanya bernyanyi dan berakting, beberapa seleb ini juga membangun label musik sendiri.

Peran produser terhadap karier seorang penyanyi nyatanya memiliki andil cukup besar. Beberapa tahun terakhir, terdapat fenomena unik yang terjadi di industri musik Tanah Air. Beberapa seleb wanita ini memilih untuk banting setir menjadi produser musik dan mengorbitkan penyanyi pendatang baru.

Ternyata tak hanya dari kalangan penyanyi saja lho, ada juga aktris yang tertarik menekuni bidang tersebut.

Sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (30/9), berikut tujuh seleb wanita yang terjun menjadi produser musik.

1. Maia Estianty.

Seleb wanita jadi produser musik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Seperti kita tahu, Maia Estianty tak hanya sukses sebagai musisi, tapi juga sebagai produser musik. Lewat tangan dinginnya, ibu tiga anak itu sudah melahirkan banyak musisi berbakat. Melalui label musik Le Moesik Revole, ada beberapa musisi yang ia produseri, mulai dari Duo Maia, Pasto, hingga Prilly Latuconsina.

2. Melly Goeslaw.

Seleb wanita jadi produser musik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@melly_goeslaw

Tak hanya dikenal sebagai musisi, pasangan Melly Goeslaw dan Anto Hoed juga menjadi seorang produser musik. Biasanya Melly selalu memproduseri khusus untuk pembuatan soundtrack film. Beberapa soundtrack film pun telah ia produseri seperti film Ada Apa dengan Cinta? dan Ayat-Ayat Cinta.

Lewat label 100 % Production, semua karya dari Melly Goeslaw dan Anto Hoed memiliki lantunan yang sangat merdu, dan sesuai dengan kebutuhan film.

3. Cita Citata.

Seleb wanita jadi produser musik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@cita_citata

Pedangdut Cita Citata juga memiliki label musik bernama Chorus.co.id. Lewat bendera itu, ia berupaya untuk mengembangkan bakat baru di panggung musik. Ia menginginkan ada regenerasi di industri hiburan Tanah Air agar kamera tak selalu menyorot artis-artis dengan nama besar.

Menjadi produser musik merupakan hal baru bagi pelantun lagu "Sakitnya Tuh Disini". Tapi hal tersebut tak menyurutkan tujuannya mengembangkan bakat talenta baru di panggung hiburan.

"Ini pertama kali dan pengalaman baru, pelajaran baru buat Cita (jadi produser musik). Cita juga banyak masih belajar dari mereka. Mereka juga jadi inspirasi buat Cita mengapa Cita membuat manajemen artis dan label ini sendiri," ujar Cita Citata seperti dilansir brilio.net dari Liputan6.com.

Sejumlah penyanyi dipastikan ikut bergabung dalam manajemen artis yang dijalankan Cita Citata. Di antaranya ada Abah Lala, Desy Thata, Tiara Bahar, AKD Band dan Tiwi eks T2.

4. Agnez Mo.

Seleb wanita jadi produser musik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@agnezmo

Bermodal kemampuan musik mumpuni, kini Agnez Mo sedang fokus memproduseri grup musik The Freaks. Tidak tanggung-tanggung, grup musik tersebut diisi oleh beberapa artis kenamaan seperti Nikita Willy, Calvin Jeremy, Aliando Syarief hingga Rasya. Bahkan Agnez juga memiliki anak didik yang tergabung dalam Nez Academy yang ditanganinya secara langsung.

5. Gita Gutawa.

Seleb wanita jadi produser musik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gitagut

Lama tak muncul di layar kaca, ternyata Gita Gutawa tengah disibukkan sebagai seorang produser. Kini ia memproduseri grup vokal anak bernama Di Atas Rata-Rata. Grup vokal ini terdiri dari anak-anak berbakat yang telah diseleksinya dari berbagai wilayah di Indonesia.

6. Raisa.

Seleb wanita jadi produser musik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@raisa66990

Beberapa tahun yang lalu, Raisa memang tengah mencoba peruntungan sebagai produser musik. Bersama Marco Steffiano (Barasuara) dan Dipha Barus membentuk label bernama Juni Records. Band yang pernah diproduserinya salah satunya adalah Barasuara.

7. Chelsea Olivia.

Seleb wanita jadi produser musik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@SA-Itainment

Berbeda dengan seleb lainnya yang memang terjun ke dunia musik, Chelsea Olivia yang bukan musisi justru tertarik mencoba peruntungan dengan membangun sebuah label musik. Bersama sang suami, Glenn Alinskie, pasangan ini membentuk agensi hiburan di Korea Selatan yang berlabel SA-Itainment.

Sudah ada beberapa girlband asal Korea yang mereka produseri. Salah satunya adalah Craxy. Setelah merilis debut pertama mereka ‘ARIA’ pada Maret 2020 lalu, kini Craxy siap comeback dengan album perdana mereka bertajuk ‘Zero’ pada bulan Oktober mendatang.

SA Itainment selaku agensi Craxy telah merilis trailer untuk album kedua melalui saluran SNS (Social Network Service) resmi Craxy pada 29 September pukul 00.00 waktu Korea Selatan.

Dalam video trailer ‘Zero’, kelima anggota Craxy, yaitu Woo-Ah, Chae, Karin, Hyejin dan Swan menampilkan penampilan yang berbeda, di mana dalam video tersebut akan mengungkapkan sejarah melalui lima gerbang dan memperlihatkan keindahan visual dalam skala besar.

Saat ini, SA Itainment telah memulai promosi comeback ‘Zero’ yang berlangsung dalam 5 tahap, Chapter 1 – GAIA pada 7 Oktober, Chapter 2 – Dance With God pada Februari 2022, Chapter 3 – Requim pada Juni 2022, Chapter 4 – End of Game pada Oktober 2022 dan Chapter 5 pada Desember 2022 yang akan dirilis satu tahun dua bulan kedepan.

Sebelum merilis trailer ‘Zero’, Craxy telah merilis video ‘Craxy’s Theme’ pada 24 September lalu melalui saluran resmi mereka. Dalam video berdurasi 3.17 menit tersebut menampilkan visual kelima member yang diiringi dengan instrumen piano, yang dikomposeri oleh Ghaki.

Menghitung hari menjelang comeback, Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia selaku co-produser selalu memastikan agar semuanya berjalan dengan baik walaupun hanya berkomunikasi secara online.

“Kita sangat antusias karena comeback kali ini akan menghadirkan konsep yang berbeda dari sebelumnya di mana pada akhir music video akan ada film cinematography. Konsep video ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah K-Pop,” ujar Glenn Alinskie melalui konferensi pers baru-baru ini.

Glenn menambahkan nantinya dalam video comeback itu akan ada storytelling yang tayang pada 7 Oktober pukul 00.00 waktu Korea Selatan.

“Kita berharap dengan comeback-nya Craxy ini dapat mengobati rindu Crown, yang merupakan sebutan untuk para penggemar, setelah hiatus hampir satu tahun lebih,” pungkas Glenn.