Brilio.net - Banyak orang menyebut bahwa dangdut adalah musik Indonesia. Harus diakui memang genre musik ini menjadi sangat familiar di telinga publik, dari kalangan atas hingga orang-orang tua di desa. Para penyanyinya pun seperti jamur di musim hujan, tumbuh pesat setiap tahunnya sejalan dengan makin banyaknya orkes musik dangdut.

Orkes musik itu menjadi hiburan yang punya ruang tersendiri di hati banyak warga. Bahkan, dari panggung-panggung musik dangdut antar kampung itu lahir para pedangdut yang terkenal hingga manca negara. Tujuh nama pedangdut di bawah ini, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (5/7), adalah buktinya.

1. Inul Daratista.

pedangdut Instagram

foto: Instagram @inul.d

Loading...

Goyang Ngebor yang fenomenal melejitkan nama pelakunya, Inul Daratista. Karier wanita yang kini punya banyak bisnis itu pun terus melesat dan membuatnya sebagai salah satu pedangdut sukses Tanah Air.

2. Via Vallen.

pedangdut Instagram

foto: Instagram @viavallen

Namanya melambung setelah berhasil menyisihkan pedangdut top dalam suatu ajang anugerah musik di Indonesia. Via Vallen memulai karier sebagai penyanyi dangdut antar kampung.

3. Ayu Ting Ting.

pedangdut Instagram

foto: Instagram @ayutingting92

Terkenal berkat lagu Alamat Palsu, Ayu Ting Ting dulunya merintis karier bernyanyi dari panggung ke panggung acara pernikahan. Ia bekerja keras sejak kecil di dunia hiburan hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang.

4. Zaskia Gotik.

pedangdut Instagram

foto: Instagram @zaskia_gotix

Bernama asli Syurkianih, pedangdut kelahiran 27 April 1990 ini dikenal publik dengan goyangan khasnya, Goyang Itik -yang kemudian menjadi akronim untuk nama panggungnya, Zaskia Gotik. Pelantun lagu Satu Jam Saja ini dulunya manggung di panggung-panggung kecil demi membantu ekonomi keluarganya.

5. Siti Badriah.

pedangdut Instagram

foto: Instagram @sitibadriahh

Siti Badriah kini memiliki penggemar yang banyak dan tampil di panggung-panggung besar. Tapi tahukah kamu, pelantun lagu Berondong Tua itu dulunya adalah penyanyi kampung yang tampil di panggung-panggung hajatan dengan bayaran yang puluhan ribu rupiah.

6. Cita Citata.

pedangdut Instagram

foto: Instagram @cita_citata

Wanita bernama asli Cita Rahayu ini menjalani lika liku perjalan hidup yang panjang sebagai penyanyi. Sebelum terkenal, pelantun Sakitnya Tuh Di Sini itu adalah penyanyi yang biasa manggung di tempat hajatan kampung. Dia melakukannya ketika akhir pekan, saat sekolah libur.

7. Uut Permatasari.

pedangdut Instagram

foto: Instagram @uutpermatasari99

Pedangdut yang terkenal dengan Goyang Ngecor ini merintis karier sebagai penyanyi di tingkat kecamatan di daerah asalnya Sidoarjo, Jawa Timur. Karier wanita kelahiran 7 April 1972 ini meroket setelah membawakan lagu Putri Panggung di televisi swasta nasional.