Brilio.net - Industri hiburan Korea Selatan semakin berkembang sejak kemunculan para idol K-Pop yang mencuri perhatian. Tidak hanya digemari di negara asalnya, mereka juga populer di berbagai negara.

Para fans dengan antusiasnya menikmati karya sang idola dan tak ingin ketinggalan aksi memukaunya dalam berbagai acara. Bahkan mereka yang fanatik bisa mencari tahu apapun mengenai sang idola dan melakukan apa saja demi mendukungnya.

Kepopuleran para idol grup K-Pop tidak diperoleh secara instan. Mereka harus senantiasa berlatih dalam pengolahan vokal maupun gerakan dance. Sayangnya, tuntutan harus selalu tampil sempurna kadang membuat sebagian grup K-Pop melakukan lip sync.

Sebenarnya lip sync yang dilakukan para idol grup K-Pop tergolong wajar. Sebab, mereka sambil nge-dance yang butuh banyak tenaga. Sedangkan suara mereka dalam bernyanyi tetap harus stabil.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Meski demikian, ada juga para grup idol K-Pop yang memilih untuk tampil live tanpa lip sync. Hal itu dianggap sebagai sikap profesional dalam berkarier, sekaligus demi mewujudkan ekspektasi penggemar.

Siapa saja mereka yang memilih live? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin(6/1), ini tujuh grup idol K-Pop yang paling jarang lip sync.

1. BIGBANG.

idol kpop tidak lipsinc istimewa

foto: soompi.com

Debut pada 19 Agustus 2006, BIGBANG merupakan grup idol K-Pop yang pada awalnya beranggotakan lima orang, yakni G-dragon, T.O.P, Seungry, Taeyang, dan Daesung. Namun, kini Seungry telah memutuskan untuk keluar karena persoalan hukum yang menjeratnya.

BIGBANG jarang bahkan hampir tak pernah melakukan lip sync. Sebagai grup idol senior, BIGBANG membuktikan bahwa kualitas suara tetap bisa stabil, meski dibarengi dengan aksi panggung yang tak kalah keren.

2. BTS.

idol kpop tidak lipsinc istimewa

foto: soompi.com

BTS memiliki tujuh member, yakni RM, Jin, J-Hope, Suga, V, Jimin, dan Jungkook. Menjadi salah satu grup idol yang populer, BTS juga jarang melakukan lip sync lho.

Beberapa waktu yang lalu BTS sempat dituduh melakukan lip sync, namun Suga dengan cerdiknya membuktikan diri pada saat tampil di SBS Gayo Daejun. Ia sengaja menurunkan mikrofon untuk membuktikan tidak ada lip sync. Aksi tersebut membuat banyak orang tak meragukan kualitas suara dari para member BTS.

3. MAMAMOO.

idol kpop tidak lipsinc istimewa

foto: Twitter/mamamoo pics

MAMAMOO juga merupakan girl group K-Pop yang tidak pernah lip sync. Dalam sebuah interview, salah seorang membernya, Moonbyul, mengaku grupnya pernah ingin mencoba lip sync namun gagal. Posisi mereka memegang mic sambil menggumam dianggap tidak sesuai harapan.

Akhirnya mereka memutuskan untuk tidak lip sync dan memilih lebih banyak berlatih menyanyi sambil menari. Karena itulah MAMAMOO sering menjadi nominasi vocal idol performance group dan dikenal memiliki suara powerful di panggung.

4. Winner.

idol kpop tidak lipsinc istimewa

foto: soompi.com

Salah satu grup idol yang dinaungi YG Entertaiment ini debut pada 2014. Sejak itu Winner sudah dikenal memiliki kualitas vokal yang baik. Karena image yang telah melekat padanya, Winner terus menolak apabila mendapatkan tawaran lip sync.

5. iKON.

idol kpop tidak lipsinc istimewa

foto: soompi.com

Dibentuk pada 2015 oleh YG Entertaiment, iKON pada awalnya terdiri dari B.I, Jay, Ju-ne, Song, DK, Bobby, dan Chan. Namun pada 2019, B.I iKON sempat terseret kasus narkoba dan mundur dari grup idol yang membesarkan namanya. iKON lebih suka melakukan pertunjukan secara live untuk menyenangkan para penggemarnya.

6. BTOB.

idol kpop tidak lipsinc istimewa

foto: soompi.com

Selanjutnya ada BTOP, grup idol K-Pop yang dinaungi Cube Entertaiment. BTOP beranggotakan tujuh orang, yakni Eunkwang, Minhyuk, Ilhoon, Sungjae, Paniel, Hyunsik, dan Changsub. Atas kerja keras pada membernya, BTOP pernah meraih penghargaan "Single of the Year" di KBS Music Festival.

BTOP juga dikenal memiliki line vokal yang stabil sehingga hampir tak pernah melakukan lip sync. Salah satu penampilan yang membuktikan mereka tidak lip sync adalah saat menyanyikan lagu "Missing You" versi akustik di acara Dingo Music.

7. EXID.

idol kpop tidak lipsinc istimewa

foto: soompi.com

EXID girl group yang dinaungi agensi Banana Culture ini juga dinilai paling jarang melakukan lip sync. Saat menyanyikan lagu, mereka tetap bernyanyi dengan full termasuk pada pembuka lagu dan back up parts.

Reporter: Deta Jauda Najmah

(brl/pep)