Brilio.net - Abdul Mateen Bolkiah merupakan pangeran Brunei Darussalam. Namanya sudah lama dikenal di Indonesia ketika menghadiri acara pelantikan Presiden Jokowi tahun 2019 lalu.

Pangeran Mateen kembali jadi sorotan. Setelah beberapa waktu lalu ustaz Yusuf Mansur berencana menjodohkan putrinya, Wirda Mansur, dengan anak mendiang Syekh Ali Jaber Hasan Ali Jaber. Kini dirinya mengaku pernah melirik Pangeran Mateen untuk dijadikan menantunya.

"Pernah nih saya ngepoin satu orang ternyata dia juga ngepoin orang yang sama. Tapi tinggalnya di Brunei dia. Sultan Mateen, Pangeran Mateen, mudah-mudahan dia denger, ha ha ha, anaknya Sultan Hassanal Bolkiah, haha," kata Ustaz Yusuf Mansur dilansir dari liputan6.com, Kamis (4/2).

Ketampanan pangeran Mateen memang tak bisa dipungkiri lagi. Sosoknya tak hanya menarik perhatian Ustaz Yusuf Mansur, namun juga menjadi idola para perempuan Indonesia.

Lalu seperti apa sosok Pangeran Mateen yang sebenarnya? Berikut fakta pangeran Mateen, yang dirangkum dari liputan6.com pada Kamis (4/2)

Loading...

1. Putra ke Empat Sultan Hassanal Bolkiah.

fakta pangeran mateen © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@konfiguratsi

-Pangeran Mateen merupakan anak ke sepuluh dan putra keempat dari Sultan Hassanal Bolkiah. Pangeran Abdul Mateen lahir pada tanggal 10 Agustus 1991. Ibu Pangeran Abdul Mateen istri kedua dari Sultan Hasslan Bolkiah. Ibundanya bernama Puan Mariam binti Abdul Aziz.-2. Tempuh pendidikan di sekolah bergengsi.

fakta pangeran mateen © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tmski

-Pangeran Abdul Mateen menempuh pendidikan di sekolah bergengsi. Pangeran Mateen lulus dari Royal Military Academy Sandhurst pada 2011 dengan pangkat Letnan Dua. Ia juga memiliki gelar Master of Arts dari School of Oriental and African Studies, University of London, pada tahun lalu.-Pada 2016 dirinya juga berhasil menyabet gelar master dari The School of Oriental and African Studies, University of London. Sementara tahun 2018, pangeran mendapatkan gelar sebagai pilot. Pangeran Abdul Mateen lulus dari Helicopter Flying School at RAF Shawbury.-3. Hidup dengan kemewahan.

fakta pangeran mateen © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tmski

-Hidup sebagai seorang pangeran tentu membuat Abdul Mateen Bolkiah bergelimang harta. Wajar jika ia selalu memakai barang-barang mewah dan bermerek. Tak hanya mobil mewah, ia pun juga kerap menggunakan jam dengan merek-merek mahal. Salah satu jam tangan yang ia miliki yakni jam bermerek Patek Philippe. Patek Philippe adalah perusahaan jam tangan terkenal asal Swiss yang telah berdiri sejak 1851. Jam tangan ciptaan Antoni Patek dan Adrien Philippe itu memang dikenal dengan harganya yang selangit.-Jam tangan tersebut terlihat pada foto yang diunggah sang pangeran pada Januari 2014. Pangeran Mateen menunjukkan jam tangan merek  kepunyaannya.-4. Gemar berolahraga.

fakta pangeran mateen © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tmski

-Dalam unggahan instagramnya, pangeran Mateen sering memperlihatkan aktivitasnya saat berolahraga. Salah satu olahraga favoritnya adalah gym. Ia menggeluti gym dengan salah satu aktivitasnya boxing. Pangeran Abdul Mateen juga memiliki hobi sepakbola. Dirinya kerap bermain sepakbola dengan timnya.-5. Memelihara harimau.

fakta pangeran mateen © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tmski

-Pangeran Mateen punya peliharaan yang tak biasa dipelihara oleh orang-orang. Pangeran Mateen memelihara harimau. Kedekatannya dengan sejumlah hewan peliharaan terlihat jelas dari unggahan fotonya di Instagram. Pada July 2016, ia memposting foto bersama dua ekor harimau. Tak dijelaskan siapa nama dua harimau kecil tersebut. Namun ia menulis keterangan "Father of tigers" atau "ayah dari harimau-harimau". Foto kedekatannya dengan harimau bukan terjadi sekali. Pada Agustus 2016, ia mengunggah foto dengan harimau sambil berbaring di ruang terbuka.-6. Gemar berkuda.

fakta pangeran mateen © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tmski

-Selain memelihara kucing dan harimau, hewan lain yang dekat dengan Pangeran Mateen adalah kuda. Salah hobi yang ia gemari yakni berkuda. Tak jarang Ia mengikuti perlombaan pacuan kuda. Fotonya saat berkuda kerap diunggah. Tak hanya digunakan untuk berpacu, kuda itu juga kerap digunakan untuk bermain polo.-7. Fans Manchester United.

fakta pangeran mateen © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tmski

-Pangeran Abdul Mateen mengidolakan klub sepakbola asal Inggris. Dirinya menjadi fans Manchester United. Pada 2016 ia menonton langsung pertandingan klub idolanya. Dirinya mengunggah di akun instagramnya pada 2016 silam dengan menulis postingan tagar 'GGMU' yang menunjukkan fans Manchester United.-