Brilio.net - Pendidikan merupakan pilar utama untuk membangun peradaban dunia. Melalui pendidikan yang mumpuni akan melahirkan generasi yang berkarakter kuat.

Berangkat dari fenomena itu, tak sedikit sejumlah selebriti Tanah Air menaruh perhatian lebih terhadap dunia pendidikan. Mulai dari mendirikan sekolah hingga memberikan beasiswa bagi anak yang tidak mampu, seperti yang dilakukan oleh aktris Dian Sastrowardoyo. Pemain film "Ada Apa Dengan Cinta" ini memang diketahui memiliki kepedulian terhadap pendidikan khususnya wanita yang sangat tinggi.

Menurut Dian, wanita Indonesia sesungguhnya mandiri, berdaya juang tinggi dan ingin terus belajar. Ia percaya, wanita berpendidikan akan menularkan ilmu dan karakter kepada anak-anaknya untuk bisa menjadi generasi penerus yang juga berilmu.

Sudah banyak hal yang dilakukan Dian demi mengangkat pendidikan di Tanah Air, baik itu dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, rekam jejak Dian Sastro yang sangat peduli pendidikan pada Rabu (22/9).

1. Membuat yayasan pendidikan.

Rekam jejak Dian Sastro dari berbagai sumber

foto: Instagram/@yayasandian

Pada Desember 2009, Dian mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS) bersama ibu kandungnya, Dewi Parwati Setyorini, dan Wisnu Darmawan. Yayasan ini memiliki tiga fokus utama, yaitu memberi kontribusi positif dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan dasar, pemberdayaan perempuan, dan budaya Indonesia.

Yayasan ini didirikan sebagai bentuk ucapan syukur Dian Sastro terhadap segala berkat yang telah diterimanya selama ini.

"Jadi sebenarnya kenapa gue awalnya bikin Yayasan Dian itu, kalau enggak salah dekat-dekat setelah gue dapat Piala Citra tahun berapa gitu, Gue merasa kayaknya gila gue harus berterima kasih banget nih," kata Dian Sastro, dikutip brilio.net dari kanal YouTube Daniel Mananta Network.

2. Distribusikan seragam ke berbagai daerah.

Rekam jejak Dian Sastro dari berbagai sumber

foto: Instagram/@onefinesky

Sejak didirikan pada 2009, yayasan ini langsung aktif mengadakan kegiatan, dengan mementaskan fragmen "Kirana", karya Leila S. Chudori. Kemudian sepanjang tahun 2010, YDS menjalankan program "Berbagi Buku, Berbagi Ilmu", aktif menggalang dana yang kemudian disumbangkan dalam bentuk pemberian buku dan peralatan sekolah ke berbagai taman bacaan dan sekolah di berbagai daerah, meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan bahkan hingga ke Sumba.

3. Jadi produser film guru guru gokil.

Rekam jejak Dian Sastro dari berbagai sumber

foto: Instagram/@therealdisastr

Guru-Guru Gokil merupakan film pertama dari rangkaian tiga film Dian Sastrowardoyo yang berkolaborasi dengan BASE Entertainment, berkisah mengenai sisi lain kehidupan para guru yang jarang ditampilkan dalam publik.

Dian yang memang aktif di bidang pendidikan, usaha, dan kegiatan sosial yang bermuara pada bidang pemberdayaan perempuan, dan budaya Indonesia ini memproduseri film karena murni ingin memberikan apresiasi kepada para guru di seluruh Indonesia. Selain menjadi produser, Dian Sastrowardoyo juga merangkap sebagai pemeran pendukung. Ia menjadi Ibu Nirmala, guru Kimia di sebuah sekolah.

4. Menyelesaikan pendidikan sampai S2 meski sibuk jadi ibu rumah tangga.

Rekam jejak Dian Sastro dari berbagai sumber

foto: Instagram/@therealdisastr

Dian Sastrowardoyo membuktikan kalau pendidikan sangatlah penting. Lulus sarjana dari Jurusan Filsafat Universitas Indonesia tak membuat dirinya langsung berpuas diri. Dian Sastro berhasil lulus dari program Magister Manajemen Universitas Indonesia pada 2014 lalu. Saat itu, dirinya bahkan sudah memiliki dua orang anak dari pernikahannya dengan Maulana Indraguna Sutowo.

5. Jadi moderator acara pendidikan wirausaha.

Rekam jejak Dian Sastro dari berbagai sumber

foto: Instagram/@yayasandian

Dian memang tampaknya pandai dalam segala bidang. Di tahun 2020 ia juga pernah moderator dalam acara pendidikan wirausaha yang digelar oleh Yayasan Dian. Dalam pembahasan tersebut dijelaskan bagaimana cara memulai usaha di usia muda dengan persiapan yang matang.

6. Melakukan kerjasama untuk memberi beasiswa.

Rekam jejak Dian Sastro dari berbagai sumber

foto: Instagram/@yayasandian

Bekerjasama dengan Hoshizora Foundation, Dian memberikan beasiswa kepada anak-anak kurang mampu. Beasiswa Dian adalah beasiswa yang diberikan kepada perempuan-perempuan Indonesia berprestasi dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan, namun terkendala masalah finansial. Ini merupakan kali kedua bagi Dian Sastro untuk memberikan beasiswa kepada alumni Adik Bintang perempuan Hoshizora Foundation.