Brilio.net - Coki Pardede dikenal saat ia menjadi salah satu kontestan pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia Season 4 yang diselenggarakan oleh salah satu televisi swasta pada 2014 dan Stand Up Comedy Academy 2 yang diselenggarakan Indosiar pada 2016.

Pada 2017, Coki bersama Tretan Muslim kemudian membentuk Majelis Lucu Indonesia (MLI) sebagai kelompok yang menghadirkan stand up comedy dengan berbagai genre. Dari kelompok inilah, Coki bersama Tretan Muslim eksis dengan berbagai platformnya dan menarik minat banyak orang untuk menontonnya.

Namanya kian disorot karena sering menuai kontroversi dengan beberapa penampilan dan unggahannya di media sosial. Coki pernah menuai kontroversi karena dianggap merendahkan foto anak Afrika yang kelaparan hingga pembelaannya terhadap pelaku kekerasan seksual saat kasus Gofar Hilman ramai diperbincangkan publik. Pada Rabu (1/9), Coki kembali menjadi sorotan setelah ditangkap polisi terkait penyalahgunaan narkoba.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jum'at (3/9), berikut kontroversi Coki Pardede hingga penyalahgunaan narkoba.

1. Masak babi dengan kurma.

6 Kontroversi Coki Pardede Instagram

6 Kontroversi Coki Pardede
Instagram/@cokipardede666

Pada 2018, Tretan Muslim dan Coki Pardede memasak babi dicampur kurma dan disiarkan melalui channel YouTube. Video yang bertajuk Last Hope Kitchen tersebut berisi masak sesuka hati dua orang komika tersebut tanpa mencicipi hasilnya.

Dalam video tersebut, mengatakan akan lebih enak jika masakan mereka dicampur dengan air zamzam. "Sebenarnya karena persiapannya kurang prepare ya, kalau bisa dapatin air zamzam kan menarik juga dong. Ada daging babi dicampur ini minumnya air zamzam," tutur Coki dalam video.

Video ini kemudian ramai dan viral. Kedua komika tersebut menjadi sorotan dan dianggap menistakan salah satu agama. Setelah video tersebut menuai pro dan kontra, mereka meminta maaf atas video tersebut.

2. Soal Banjir setelah tahun baru 2020.

6 Kontroversi Coki Pardede Instagram

6 Kontroversi Coki Pardede
Instagram/@cokipardede666

Pada awal tahun 2020, Coki membuat geger warganet dengan cuitannya yang menyinggung banjir. Saat itu, setelah perayaan malam tahun baru, Jakarta banjir besar dan membuat banyak daerah tergenang.

"Buat yang semalem ga 'maksiat' tapi ikut kena dampak 'azab' banjir, nyesel kan anda? Kalo tau sama sama kena banjir juga, mending semalem mabok dan n***e. Kami Basah basahan tapi dalam keadaan senang. Anda basah basahan tetep sebel hahahahahaha," tulis Coki di akun Twitter @pardedereza yang kini sudah ditangguhkan oleh pihak Twitter.

3. Angpao Imlek dan virus Covid-19.

6 Kontroversi Coki Pardede Instagram

6 Kontroversi Coki Pardede
Instagram/@cokipardede666

Saat perayaan Imlek 2020, Coki Pardede pernah menulis cuitan selamat Imlek, tetapi dengan menyangkutpautkannya dengan virus Corona atau Covid-19 yang mulai mewabah di Wuhan, Tiongkok dan beberapa negara, termasuk Indonesia.

"Gong Xi Fa Cai !! Apakah di tiongkok pas angpao di buka isi nya virus Corona ?" kicau Coki melalui @pardedereza, akun Twitter pribadinya yang saat ini sudah berubah menjadi @PardedeReza666.

4. Foto minum dengan background anak Afrika.

6 Kontroversi Coki Pardede Instagram

Coki Pardede menjadi semakin menyebalkan saat ia mengunggah foto minum dengan background anak Afrika. Foto tersebut ia unggah di Instagram pribadinya dengan caption "Mari kita berbagi".

Postingan tersebut pun menuai kritik dari berbagai pihak, termasuk dari rekannya di MLI, Tretan Muslim. "Jumat bukannya bertaubat malah begini," tulis Tretan Muslim di kolom komentar. Selain itu, foto tersebut ditanggapi berbagai pihak dan menyatakan bahwa foto tersebut tidak lucu sama sekali dan dianggap merendahkan orang yang tertimpa musibah.

5. Membela pelaku pelecehan seksual.

6 Kontroversi Coki Pardede Instagram

6 Kontroversi Coki Pardede
Instagram/@cokipardede666

Saat kasus Gofar Hilman mencuat pada Juni 2021, Coki memberikan pandangan berbeda dengan kebanyakan warganet yang menyudutkan Gofar Hilman. Ia menyebut beberapa nama yang menjadi predator seks, tetapi dengan karya luar biasa.

"Kok pada sebel gw suka dan kagum ama Harvey Weinstein? Dari awal gw menikmati org' ini dari konteks konten kreator dan karya. Gw TENTU ga setuju ama perbuatannya. gw gak bilang itu bener, TAPI mau sebejat bejat nya moral dia, FAKTA kalo karya nya bagus ya, bagus aj," kicau Coki.

"Tapi sukak apa enggak, Biasanya public figur yg kena kasus. Pelecehan Sexual atau skandal seks itu rata" bakat nya luar biasa lho atau pencapaian nya gokil. Harvey weinstein, Bill Cosby, Bill Clinton, Tiger wood, Arnold Schwarzenegger Dll Yg ga bisa disebut satu satu."

Utas Twitter tersebut menuai beragam komentar dan kontroversi yang menganggap Coki membela pelaku pelecehan seksual.

6. Terlibat penyalahgunaan narkoba.

6 Kontroversi Coki Pardede Instagram

6 Kontroversi Coki Pardede
Instagram/@cokipardede666

Setelah beragam kontroversi di media sosial, Coki kembali membuat geger warganet setelah tertangkap polisi. Penangkapan tersebut terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. Kasus tersebut masih didalami oleh pihak kepolisian dan membuat Coki harus mengikuti semua prosedur pihak kepolisian.