Brilio.net - Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Mantan Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) dan guru spiritual Reza Artamevia, Gatot Brajamusti meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 58 tahun. Seperti diketahui, Gatot Brajamusti meninggal di RS Pengayoman Cipinang Jakarta, Minggu (8/11).

Kabar ini pun dibenarkan oleh juru bicara Parfi, Evry Joe. Namun, ia membantah isu yang menyebut Gatot Brajamusti meninggal akibat infeksi Covid-19.

“Bukan karena Covid-19. Aa Gatot Brajamusti sudah sakit sejak lama,” ungkap Evry Joe, seperti dilansir brilio.net dari Liputan6.com pada Senin, (9/11)

Sepanjang hayatnya dalam berkiprah di dunia perfilman, Gatot Brajamusti telah memproduksi dan membintangi sejumlah film. Mengenang Gatot Brajamusti, berikut deretan karya Gatot Brajamusti di dunia perfilman Tanah Air, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin, (9/11).

1. Ummi Aminah

Loading...

6 karya Gatot Brajamusti © Instagram

foto: Instagram/@gempak.id

Dalam film yang dirilis pada tahun 2012 ini, Gatot Brajamusti memerankan tokoh Umar. Tampil dalam porsi cukup, ia pun tak menggangu alur utama cerita yang berpusat pada Ummi Aminah (Nani Wijaya). Seperti diketahui, film ini disutradarai oleh Aditya Gumay.

2. Sayap Kecil Garuda

6 karya Gatot Brajamusti © Instagram

foto: Instagram/@filmnasional

Selain sebagai aktor, Gatot pun kian menguatkan posisinya di industri film layar lebar. Ya, Gatot Brajamusti mendirikan rumah produksi bernama Brajamusti Films. Sejumlah film diproduksi salah satunya Sayap Kecil Garuda yang dibuat bersama Smaradana Pro.

Film ini juga merupakan karya Aditya Gumay, pendiri Sanggar Ananda. Sayap Kecil Garuda menempatkan Gatot Brajamusti sebagai Abah Pulung orangtua dari tokoh utama Pulung (Rizky Black).

3. Bait Surau

6 karya Gatot Brajamusti © Instagram

foto: Instagram/@baitsurauthemovie

Dalam film Bait Surau, Gatot Brajamusti tampil singkat karena titik berat film ada di tokoh Rommy (Rio Dewanto). Selain Rommy film ini juga menampilkan tokoh penting yakni Ramdhan (Ihsan Tarore) dan Nadia (Nadia Vella). Meski demikian, Bait Surau menambah panjang daftar produktivitas Gatot Brajamusti di layar lebar.

4. DPO

6 karya Gatot Brajamusti © Instagram

foto: Instagram/@sfc_makassar

Selanjutnya ada DPO (Detachement Police Operation). Film bergenre aksi kriminal ini merupakan hasil kolaborasi Brajamusti Films dan Putaar Productions. DPO mengisahkan Satam (Toro Margens) gembong kriminal yang bermarkas dengan memanfaatkan permukiman kumuh penduduk.

Sepandai-pandainya bajing meloncat, pasti akan jatuh juga. Adalah Sadikin (Gatot Brajamusti) yang kemudian jadi lawan tangguhnya. Pertarungan hingga titik darah penghabisan jadi klimaks film ini.

5. Tanah... Surga Katanya

6 karya Gatot Brajamusti © Instagram

foto: Instagram/@la_siro

Tanah Surga... Katanya adalah puncak karier Gatot Brajamusti sebagai seniman. Dirilis pada 15 Agustus 2012, Tanah Surga... Katanya menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia agar pemerintah berkaca pada isu sosial yang diusung karya Herwin Novianto ini.

Tanah Surga... Katanya memenangkan banyak penghargaan pada Piala Citra di FFI 2012 untuk Cerita Asli, Tata Artistik, Tata Musik, Pemeran Pendukung Pria, Sutradara, dan Film Terbaik. Dalam film ini, Gatot Brajamusti menjabat produser bersama Deddy Mizwar dan Bustal Nawawi.

6. Azrax Melawan Sindikat Perdagangan Wanita

6 karya Gatot Brajamusti © Instagram

foto: Instagram/@tunanada

Azrax Melawan Sindikat Perdagangan Wanita menjadi yang paling ikonik bagi Gatot Brajamusti lantaran ia tampil bak Sylvester Stalonne. Selain aksinya yang seru, film ini bertabur bintang kondang di antaranya Yama Carlos, Nadine Chandrawinata, Mario Irwinsyah, hingga penampilan spesial Reza Artamevia.