Brilio.net - Pandemi corona yang kini tengah dihadapi dunia menggugah banyak orang untuk turun tangan dan membantu petugas medis, masyarakat terdampak dan pemerintah. Bantuan ini juga datang dari kalangan selebriti dunia. Salah satunya yakni aktor Bollywood Shah Rukh Khan.

Selain tampan dan jago akting, kini kata sifat 'dermawan' seperti sangat cocok untuk menggambarkan Shah Rukh Khan. Pasalnya, mega bintang Bollywood berusia 54 tahun tersebut tak sungkan-sungkan merelakan sebagian hartanya untuk membantu sesama selama wabah corona Covid-19. 

Seperti diketahui, India saat ini juga sedang menghadapi wabah corona. Bahkan, pemerintah India memberlakukan lockdown selama hampir dua pekan terakhir.

Melansir dari The Hindu, Senin (6/4), Shah Rukh Khan lewat sejumlah perusahaan dan yayasannya, yakni Kolkata Knight Riders, Red Chillies Entertainment, Meer Foundation, dan Red Chillies VFX, aktif terlibat dalam melawan virus corona.

"Kami awalnya memfokuskan usaha kami di tiga kota, yakni Mumbai, Kolkata, dan New Delhi, dengan kesadaran bahwa ini adalah permulaan dan kamu siap berkontribusi dengan cara apa pun di masa depan," tutur bintang Dilwale ini dalam pernyataan tertulisnya.

Loading...

Shah Rukh Khan berharap apa yang ia lakukan, setidaknya bisa membuat perubahan kecil.

Lalu, apa saja yang dilakukan Shah Rukh Khan untuk membantu lawan corona? Brilio.net melansir dari berbagai sumber, Senin (6/4), enam aksi mulia Shah Rukh Khan lawan corona.

1. Pinjamkan gedung untuk karantina.

aksi mulia Shah Rukh Khan lawan corona © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@iamsrk

Shah Rukh Khan dan istrinya, Gauri, menawarkan kantor pribadi mereka kepada Brihanmumbai Municipal Corporation (BMC) untuk menambah fasilitas karantina. Gedung empat lantai di kawasan Khar West, Mumbai ini, akan dilengkapi fasilitas karantina untuk anak-anak, wanita, dan orang tua.

2. Sumbang APD.

Kolkata Knight Riders dan Meer Foundation juga menyiapkan 50.000 alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis. Ini adalah hasil kolaborasi dengan pemerintah Bengal Barat dan Maharashtra. Meraka juga berkampanye meningkatkan kesadaran atas bahaya corona, dan mengajak orang lain untuk ikut berdonasi.

3. Sediakan paket makanan.

Meer Foundation bersama dengan Ek Saath - The Earth Foundation, bekerja sama menyediakan makanan untuk lebih dari 5.500 keluarga di Mumbai, setidaknya selama sebulan ke depan.

Didirikan pula dapur yang akan mengirim 2.000 paket makanan setiap harinya untuk membantu keluarga dan rumah sakit.

Meer Foundation juga bekerja sama dengan Roti Foundation, menyediakan tiga paket makanan untuk 10.000 orang per hari selama setidaknya satu bulan. Roti Foundation sendiri, adalah yayasan yang didirikan mantan petinggi polisi Maharashtra, D Sivanandhan.

4. Sediakan kebutuhan hidup.

aksi mulia Shah Rukh Khan lawan corona © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@iamsrk

Tak hanya makanan, Meer Foundation akan menyediakan kebutuhan hidup pokok dan sembako selama setidaknya sebulan untuk 2.500 pekerja harian di sekitar wilayah Delhi.

Upaya ini adalah hasil kerja sama Meer Foundation dengan Working People's Charter.

5. Bantuan untuk korban cairan asam.

Selain untuk warga ekonomi lemah, penyintas serangan cairan asam juga mendapat bantuan dari Meer Foundation dan Working People's Charter. Lebih dari 100 penyintas yang berada di sekitar Uttar Pradesh, Delhi, Bihar, Bengal Barat, dan Uttarakhand, akan mendapat jatah bulanan.

6. Beri semangat.

aksi mulia Shah Rukh Khan lawan corona © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@iamsrk

Di luar semua donasinya, Shah Rukh Khan juga belakangan kian aktif muncul di media sosial. Pesan utama yang ia sampaikan, adalah kewaspadaan terhadap virus corona, sekaligus tetap menjaga optimisme di masa sulit ini.

Salah satunya, terlihat dalam unggahannya, Minggu (5/4) kemarin.

"Aku percaya momen ini nantinya akan menjadi kenangan di mana kita memiliki banyak waktu luang dan dekat dengan orang-orang yang kita sayang. Ini doaku untuk semua orang. Jaga Diri. Jaga Jarak. Jaga Kesehatan," tulisnya di kolom caption.