Brilio.net - Setelah menghilangnya informasi di internet terkait artis Vicky Zhao, pemerintah China kini makin ketat dalam membuat aturan baru untuk selebriti yang mempunyai kewarganegaraan asing. Diketahui, China memang mengatur dunia hiburan di negerinya.

Lembaga berwenang mengatakan regulasi atas program budaya akan diperketat, di mana mereka akan menindak konten yang dianggap tidak baik, termasuk membatasi gaji bintang dan mengejar seleb yang mengemplang pajak, hingga melarang menayangkan pria yang terlalu feminin.

Sebuah daftar reorganisasi yang belum diverifikasi telah ramai beredar di internet akhir-akhir ini. Daftar itu mengklaim bahwa Administrasi Radio dan Televisi Nasional China akan menempatkan batasan baru pada selebritas dengan kewarganegaraan asing.

Sutradara China Zhou Guogang juga memberikan bocoran bahwa ada beberapa selebriti China yang masuk daftar hitam pemerintah China.

Dilansir brilio.net dari laman Newsweek dan Bloomberg, Selasa (7/9), berikut lima seleb masuk daftar hitam pemerintah China.

1. Jet Li.

Seleb masuk daftar hitam pemerintah China Berbagai sumber

foto: Instagram/@jetli

Aktor laga Jet Li menjadi sasaran blacklist pemerintah China. Masalah utamanya adalah sang aktor merupakan warga negara Singapura.

Jet Li diketahui lahir di Beijing, lalu menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1997. Dia kemudian melepaskan kewarganegaraan Amerika-nya dan menjadi warga negara Singapura pada tahun 2009 karena pemerintah Singapura tidak mengizinkan kewarganegaraan ganda.

2. Liu Yifei.

Seleb masuk daftar hitam pemerintah China Berbagai sumber

foto: Instagram/@yifei_cc

Aktris yang membintangi film Mulan ini juga masuk ke daftar hitam pemerintah China. Liu Yifei lahir di Wuhan pada 25 Agustus 1987. Walaupun lahir di Wuhan, dia memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat. Liu Yifei menjadi WN Amerika karena naturalisasi.

3. Mark Chao.

Seleb masuk daftar hitam pemerintah China Berbagai sumber

foto: Instagram/@markchao_kr

Mark Chao artis berikutnya yang masuk daftar hitam pemerintah China. Aktor kelahiran Taipei 25 September 1984 ini merupakan sosok yang memiliki kewarganegaraan Kanada. Karena kewarganegaraannya inilah dia menjadi artis yang masuk daftar blacklist di China.

4. Will Pan.

Seleb masuk daftar hitam pemerintah China Berbagai sumber

foto: Instagram/@willpan23

Selebriti selanjutnya yang masuk daftar hitam pemerintah China ada penyanyi Will Pan. Dia lahir di Virginia, Amerika pada 6 Agustus 1980. Walaupun lahir dan memiliki kewarganegaraan Amerika, ia masih mempunyai darah China. Namun demikian, ia tetap masuk dalam daftar blacklist.

5. Wang Leehom.

Seleb masuk daftar hitam pemerintah China Berbagai sumber

foto: Instagram/@wangleehom

Yang terakhir masuk daftar blacklist ada penyanyi sekaligus penulis lagu Wang Leehom. Dia lahir di Rochester, New York, Amerika pada 17 Mei 1976. Seperti Will Pan, meskipun ia mempunyai darah China, ia tetap masuk ke dalam daftar hitam.

(brl/tin)

(brl/tin)