Brilio.net - Pemilik nama lengkap Sarwendah Tan ini sudah berkarier di dunia hiburan selama lebih dari satu dekade. Namanya mulai dikenal publik setelah bergabung dengan grup vokal Cherrybelle pada 2010 lalu.

Sepanjang kariernya bersama Cherrybelle, Wendah, sapaannya telah mengeluarkan satu album dan beberapa single yang hits di kalangan remaja. Sebut saja, Beautiful, Love Is You, dan masih banyak lagi. Namun sayang, perjalanannya dengan Cherrybelle hanya bertahan 2 tahun sebelum ia memutuskan hengkang.

Namun, nggak banyak yang tahu jika sebelum berkarier di industri hiburan, ibu tiga anak ini pernah menjadi seorang guru dan pekerja kantoran. Hal itu ia ungkapkan saat berbincang dengan Venna Melinda belum lama ini.

Nah, berikut cerita perjalanan karier Sarwendah, seperti dihimpun brilio.net dari YouTube Venna Melinda Channel pada Rabu (24/3).

1. Sekolah di tiga negara.

Loading...

perjalanan karier sarwendah © berbagai sumber

foto: YouTube/Venna Melinda Channel

Selain cantik, ibu tiga anak ini juga sangat pintar. Mungkin nggak banyak yang tahu, Sarwendah rupanya pernah mengenyam pendidikan di tiga negara berbeda. Mulai dari pendidikan SMP hingga jenjang perkuliahan.

"Aku sekolah di luar. Jadi waktu itu aku SMP nya di Malaysia, SMA di Taiwan, kuliahnya di Beijing," terang Sarwendah.

2. Sempat bekerja sebagai seorang guru.

perjalanan karier sarwendah © berbagai sumber

foto: Instagram/@sarwendah29

Berbeda dengan Ruben yang kesulitan berbahasa asing, Sarwendah justru sangat fasih berbahasa Mandarin. Rupanya, sebelum terjun di dunia entertainment, ibu dari Thalia Onsu ini merupakan guru Bahasa Mandarin.

"Aku (sempat) jadi guru Mandarin sama translate Mandarin," ucap Sarwendah.

3. Pernah jadi ekstras iklan.

perjalanan karier sarwendah © berbagai sumber

foto: Instagram/@sarwendah29

Dalam perbincangannya, Sarwendah juga menceritakan jika sebelum menekuni di bidang tarik suara, ia pernah bekerja sebagai figuran hingga ekstras untuk beberapa iklan.

"Aku tuh dulu cita-citanya pengen jadi model. Tapi tinggi nggak mencukupi, jadi sudahlah ya. Pas pulang ke Jakarta sudah selesai kuliah itu aku jadi guru Mandarin, kerja di kantoran, tapi kadang suka ikut audisi dan waktu itu aku inget banget jadi ekstras iklan-iklan gitu," ucap Sarwendah.

4. Tidak sengaja diterima audisi.

perjalanan karier sarwendah © berbagai sumber

foto: Instagram/@sarwendah29

Karier Sarwendah dimulai sejak terjun ke dunia musik bersama girlband Cherrybelle. Namun, diakui oleh Sarwendah jika hal tersebut merupakan sebuah ketidaksengajaan.

Berawal dari mengantar teman untuk audisi, ia akhirnya berhasil terpilih bersama 9 orang lainnya dari 400 peserta yang mengikuti audisi tersebut.

"Aku temani teman aku audisi tahun 2010. Terus pada akhirnya pada saat audisi itu orangnya bilang, 'Kenapa kamu nggak ikut audisi?'. Aku bilang, 'Nggak lah. Aku juga bukan penyanyi profesional, aku biasa-biasa aja'. Emang niatnya cuma nemenin temen kan, temanku bilang, 'Udah kamu ikut audisi aja daripada nungguin'. Ya udah deh, tapi yang diterima ternyata aku," kenang Sarwendah.

5. Kini Sarwendah bersolo karier.

perjalanan karier sarwendah © berbagai sumber

foto: Instagram/@sarwendah29

Memulai karier sebagai anggota girlband Cherrybelle, Sarwendah yang saat itu memiliki nama panggung Wenda Tan hanya bergabung dalam girlband tersebut selama dua tahun. Sejak saat itu, Sarwendah pun mulai bersolo karier. Pada Februari lalu, ia baru saja meng-cover lagu Mandarin berjudul Xin Cheng.

"Itu lagunya aku cover dari Ayu Ting-Ting judulnya Suara Hati yang aku cover ke Bahasa Mandarin Xin Cheng," ucapnya.