Brilio.net - Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau yang lebih populer dengan nama Deddy Corbuzier akhirnya resmi menjadi mualaf pada Jumat (21/6). Ia telah mengucapkan kalimat syahadat sebagai syarat masuk Islam dibimbing langsung oleh Gus Miftah, seorang kiai muda asal Yogyakarta. Prosesi mualaf Deddy Corbuzier dilaksanakan di Masjid Al Mbejaji, Pondok Pesantren Ora Aji milik Gus Miftah usai salat Jumat atau sekitar 12.30 WIB.

Bukan momen yang mengejutkan, kabar Deddy Corbuzier akan menjadi mualaf telah santer terdengar beberapa bulan yang lalu. Isu Deddy Corbuzier akan memeluk agama Islam semakin kuat setelah pria berusia 42 tahun itu diketahui sering mengunggah video di akun YouTube-nya. Video-video tersebut membahas sejumlah isu agama Islam, bahkan membahas isu yang cukup sensitif. Tak ayal, saat itu banyak warganet yang memprediksi Deddy Corbuzier akan segera menjafi mualaf.

Lantas apa saja yang dibahas Deddy Corbuzier? Brilio.net menghimpun 5 momen Deddy Corbuzier mendiskusikan Islam sejak sebelum menjadi mualaf dari akun Youtube Deddy Corbuzier, Jumat (21/6) berikut ini.

1. Mendiskusikan bahaya buka puasa dengan yang manis.

momen deddy diskusi islam © 2019 brilio.net

Loading...

Pada Juni 2017 lalu, Deddy Corbuzier mencuri perhatian usai mengunggah video di akun YouTube mengenai bahaya buka puasa dengan makanan yang manis. Video itu sempat memicu kontroversi di kalangan sebagian warganet yang tidak menontonnya sampai habis. Dalam video itu, ia menyampaikan bahaya kesehatan yang bisa terjadi karena sering berbuka dengan makanan yang manis karena telah tercampur dengan pemanis buatan. Tak hanya itu, ia juga menampilkan pandangan dari Ustaz Widjayanto dalam bahasan tersebut.

2. Hukum memelihara anjing dalam Islam.

momen deddy diskusi islam © 2019 brilio.net

Deddy Corbuzier kembali mendiskusikan isu seputar agama Islam dalam video yang diunggah di YouTube pada Mei 2019 lalu. Kali ini dia mendiskusikan hukum memelihara anjing dalam Islam dengan mewawancarai seorang pria muslim yang memelihara anjing di rumah.

3. Salut dengan polisi yang mengucapkan takbir.

momen deddy diskusi islam © 2019 brilio.net

Tak berselang lama, Deddy Corbuzier mengunggah video yang menampilkan polisi di tengah kerumunan demonstran yang menggugat hasil Pilpres 2019. Di tengah kerumunan demonstran, polisi itu berteriak Allahuakbar untuk mendinginkan suasana. Deddy mengaku salut dengan apa yang dilakukan oleh polisi itu.

4. Bahas isu kafir dengan Ustaz Widjayanto.

momen deddy diskusi islam © 2019 brilio.net

Deddy Corbuzier kembali mengajak Ustaz Widjayanto dalam kesempatan diskusi dalam video yang diunggahnya pada awal Mei 2019 lalu. Dalam video itu, Deddy mendiskusikan tentang pengalamannya disebut-sebut sebagai kafir oleh banyak orang. Ustaz Widjayanto menanggapi hal itu dengan santai.

"Emang kafir kenapa? Dulu, Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah, hijrah itu kepentingan agama lho, yang mengantarkan Ibnu Khuroid, orang kafir," ucap Ustaz Wijayanto.

5. Diskusi agama dengan Gus Miftah.

momen deddy diskusi islam © 2019 brilio.net

Deddy Corbuzier dikenal memiliki kedekatan dengan kiai muda asal Yogyakarta, Gus Miftah. Sebelum memutuskan menjadi mualaf, ia diketahui beberapa kali mendiskusikan agama Islam lewat video di Youtube-nya. Dengan obrolan santai, mereka mendiskusikan isu agama Islam seperti isu tentang sejarah Nabi Muhammad hingga isu seputar toleransi beragama menurut Islam.