Brilio.net - Menjadi orang tua bukanlah peran yang serta-merta mudah untuk dijalani. Tak sekadar bertanggung jawab dalam membesarkan dan menafkahi sang anak, mereka juga harus mendidik putra-putrinya agar memiliki karakter yang baik. Hal itu pun turut disadari sepenuhnya oleh Nia Ramadhani.

Untuk itu, istri Ardi Bakrie ini pun selalu berusaha sebaik-baiknya dalam mendidik anak-anaknya. Pemeran Siska dalam sinetron Bawang Merah Bawang Putih ini bahkan memiliki sejumlah prinsip dalam mengasuh buah hati, terutama anak perempuannya, Mikhayla Zalindra Bakrie.

Lewat akun Instagram-nya, perempuan kelahiran 1990 itu pun membagikan sejumlah gaya parenting yang diterapkan kepada sang anak. "I am very open to my Mikhayla. Aku ga ngomongin ttg anak laki2 dulu, karena aku belom banyak belajar dan masih sedikit pengalaman," tulis Nia Ramadhani pada kolom caption sebuah unggahannya di media sosial.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara Nia Ramadhani dalam membentuk karakter putri semata wayangnya, Selasa (12/1).

1. Terbuka.

Loading...

Nia Ramadhani didik anak © Instagram

foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Bagi Nia, seorang ibu harus terbuka kepada buah hatinya. Dalam hal ini, semakin sang anak mengetahui karakter dan kehidupan ibunya, maka semakin banyak hal yang bisa dipelajari oleh sang anak.

"The more daughter knows the details of her mother's life, the stronger the daughter," tulis Nia Ramadhani dalam sebuah unggahan di Instagram-nya.

2. Jujur.

Nia Ramadhani didik anak © Instagram

foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Di samping terbuka, menurut Nia, seorang ibu juga harus selalu jujur. Hal itu dimaksudkan agar. terjalin hubungan yang transparan antara orangtua dan anak.

"JUJUR adalah kunci penting,utk bisa mendapat hubungan yang transparant antara ibu dan anak perempuan (i'm talking about pre-teen age ya). Yang aku maksut JUJUR, itu harus dimulai dari kitanya dulu (The mother) karena sedikit banyak aku percaya perilaku orangtua berpengaruh dalam terbentuknya pribadi si anak," lanjut Nia.

3. Tidak gengsi mengakui kesalahan.

Nia Ramadhani didik anak © Instagram

foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Hal lain yang ditekankan Nia dalam mendidik anak adalah tidak gengsi mengakui ketidaktahuan dan kesalahan. Baginya, menjadi orang tua tak serta merta membuat seseorang paling tahu akan apapun. Lebih jauh, agar memiliki perspektif yang luas dan menjadi lebih bijak, orang tua pun dapat belajar dari anak-anaknya.

"Jangan pernah malu atau gengsi, untuk mengakui ketidaktauan, ketidakpahaman atau mengakui kesalahan kita sebagai seorang ibu di depan anak. Karena walaupun kita ibunya, ga melulu anak2 yang harus dengerin kita,seolah kita yang paling tau semua. Seringkali kita bisa belajar dari mereka," tulis Nia.

4. Menjaga tutur kata.

Nia Ramadhani didik anak © Instagram

foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Kepada Mikhayla, Nia mengatakan agar sang putri selalu menjaga tutur katanya saat akan mengatakan apapun, kepada siapa saja, dan di manapun.

"Sebelum kamu bicara, kamu harus berpikir dulu. Kalau kamu tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan lebih baik diam," ujar Nia kepada Mikhayla, dikutip dari video di akun TikTok Nia Ramadhani Fanbase.

5. Menekankan untuk selalu bersyukur.

Nia Ramadhani didik anak © Instagram

foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Terakhir, Nia juga selalu meminta sang putri untuk bersyukur. Hal ini penting, karena bagi Nia, tidak berterima kasih kepada karunia Tuhan adalah hal yang tak bisa dibenarkan.

"Pokoknya selalu bersyukur, kamu punya nya apa, just focus what you have, Mikhayla tidak boleh fokus ke what you don't have. Karena sampai kapanpun pasti akan selalu ada what you don't have, be grateful," tutur Nia