Brilio.net - Sudah satu tahun pandemi virus corona melanda Tanah Air. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini pun telah menjangkiti banyak orang, tak terkecuali selebriti. Bahkan, hingga 2021, banyak seleb yang mengumumkan dirinya terpapar virus ini melalui unggahannya di media sosial.

Pemilik nama lengkap Agustina Hermanto atau akrab disapa Tina Toon salah satunya. Beberapa waktu lalu, Tina Toon mengungkapkan bahwa dirinya sempat dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes swab PCR. Kabar tersebut disampaikan olehnya lewat unggahan di kanal YouTube miliknya.

Mantan aktris cilik ini pun mengisahkan pengalaman kurang menyenangkan tersebut. Ia mengaku terkejut lantaran selama ini merasa telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Berikut cerita Tina Toon usai dinyatakan sembuh dari virus corona, seperti dilansir brilio.net dari akun YouTube Tina Toon pada Kamis (4/2).

1. Tanpa gejala.

Loading...

cerita tina toon positif covid © berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Tina Toon awalnya tidak percaya saat dinyatakan positif Covid-19. Mantan aktris cilik yang kini terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta ini juga tak merasakan gejala apapun. Ia pun menaruh rasa curiga dalam dirinya bahwa hasil tesnya false positive atau bisa jadi berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Tina bercerita divonis positif Covid-19 pada 15 Januari 2021. Awalnya dia merasa sangat kaget karena tak pernah melakukan aktivitas yang sekiranya bisa menularkan virus corona.

"Aku tidak mengalami gejala apapun, batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam, dan sakit badan. Aku tidak mengalami sama sekali. Jadi, kalaupun memang ternyata positif, berarti aku OTG. Tapi, kalau tesnya salah, mungkin itu jadi false positive," terangnya.

2. Selalu mematuhi protokol.

cerita tina toon positif covid © berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Usai dinyatakan positif Covid-19, Tina Toon langsung memberitahukan kondisinya tersebut kepada pihak keluarga. Namun di sisi lain ia mengaku begitu terkejut, lantaran selama ini Tina selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Aku berpikir bahwa yakin banget negatif karena pada saat kegiatan-kegiatan yang sebelumnya juga aku benar-benar full protokol, tidak pernah lepas masker dan face shield, bahkan aku pakai N95 kalau yang lagi ramai banget. Terus, aku memastikan lawan bicara aku atau orang di sebelah aku pakai masker. Kalau nggak, aku kabur," terangnya.

Tina pun selalu menjaga kondisinya agar selalu fit. Bersamaan itu, ia juga jarang bepergian dengan bertemu orang banyak dan memutuskan untuk selalu menyiapkan kebutuhan, seperti tisu basah dan hand sanitizer di mobilnya.

"Pakai hand sanitizer atau cuci tangan itu sudah pasti. Selalu kegiatan itu, kalau break, di mobil baru makan minum dan lain-lain. Kalau lama jedanya, aku pulang dulu, mandi. Kalau sebentar, aku di mobil pakai sanitizer, tisu basah, ganti baju, dan lain-lain. Lepas masker juga sekali-sekali," tambahnya.

3. Jalani tes swab kedua kalinya.

cerita tina toon positif covid © berbagai sumber

foto: Instagram/@tinatoon101

Sehari setelah dinyatakan positif Covid-19, Tina Toon kembali menjalani tes swab PCR. Ia juga mengajak keluarganya untuk turut dites. Hingga, pada tanggal 17 Januari lalu, Tina sudah dinyatakan negatif. Artinya Tina cuma dua hari terjangkit corona.

"Ternyata, tanggal 17 keluar, itu negatif semua, termasuk aku. Untuk aku pribadi, aku pakai dua lab dan lab satu yang bareng keluarga semua negatif, lab dua yang aku sendiri itu negatif. Gimana itu bisa terjadi, aku nggak tahu," ujarnya.

4. Tetap jalani isolasi.

cerita tina toon positif covid © berbagai sumber

foto: Instagram/@tinatoon101

Meski sudah dinyatakan negatif, Tina Toon  tetap menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Kemudian, di hari ke-13 masa isolasi, wanita berusia 27 tahun ini melakukan tes rapid mandiri dan hasilnya non reaktif.

"Setelah dinyatakan negatif, aku mau tes lagi, kan. Cuma, dokter bilang, 'It's gonna be the same, jadi kamu tunggu aja tiga sampai tujuh hari isolasi mandiri, nanti baru tes lagi'. Dari situ aku merasa bahwa aku mungkin positif, jadi aku memutuskan 14 hari isolasi mandiri," ucapnya.

5. Konsumsi vitamin.

cerita tina toon positif covid © berbagai sumber

foto: Instagram/@tinatoon101

Untuk menjaga imunitas tubuhnya, selama masa isolasi, Tina pun rajin mengonsumsi vitamin. Hal tersebut juga disarankan dokter yang mengecek kondisi tubuhnya.

"Aku selalu minum madu. Cek oksigen dan suhu terus-terusan. Vitamin E, terus aku minum vitamin D. Jadi kalau banyak kegiatan bagus minum ini karena kurang kena sinar matahari. Aku minum antibiotik 3 hari pertama satu hari sekali," pungkasnya.