Brilio.net - Sebagai anak muda yang aktif tentu kamu ingin sekali memiliki bakat yang sesuai dengan keinginan kita. Tapi kamu harus ingat yah, bahwa kamu harus mengetahui dulu potensi yang ada dalam diri kamu. Jangan asal ikut-ikutan teman atau tren saja.

Usia remaja merupakan momen yang tepat untuk kita mengembangkan bakat yang dimiliki. Apalagi anak muda selalu ingin eksplorasi hal apapun. Namun sayangnya tidak semua anak muda sudah menemukan bakat yang dimiliki.

Seperti yang dialami oleh aktor tampan Reza Rahadian, ia mengatakan bahwa saat dirinya remaja, ia juga tak langsung menemukan bakat yang ia miliki. Salah satu caranya adalah dengan mencoba hal-hal yang ia sukai.

“Dari situ kita bisa lihat bakat yang dimiliki masing-masing. Karena setiap orang kan memiliki bakat yang berbeda,” ujarnya dalam acara Virtual Launch Pocari Sweat Bintang SMA 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Reza pun membagikan tips bagi anak muda untuk mengembangkan bakat yang dimiliki. Berikut rangkumannya, Sabtu (3/9).

1. Lakukan apa yang disuka

Tips kembangkan bakat ala Reza Rahadian dan Isyana © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@officialpilarez

Sebagai anak muda, memang waktunya untuk eksplorasi hal apapun. Hal itu tidak salah untuk menemukan bakat yang dimiliki.

“Misalnya suka nyanyi, suka bermain alat musik atau yang lainnya. Lakukan saja,” katanya.

Ia pun bercerita, untuk bisa sampai sekarang ini ia tak langsung ingin menjadi aktor, ia mencoba banyak hal. Seperti dunia seni peran dengan mengikuti sanggar teater.

Saat SMA, Reza menggemari olahraga renang. Ia menekuni olahraga itu sampai pada akhirnya mendapatkan panggilan pelatnas di Jakarta.

“Sayangnya saya nggak masuk menjadi skuat tim renang Indonesia. Jadi saya coba hal lain lagi,” tuturnya.

2. Jangan takut gagal

Tips kembangkan bakat ala Reza Rahadian dan Isyana © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Reza mengatakan saat dirinya tak bisa mengikuti ajang olahrga pelatnas ia sempat berkecil hati dan bersedih. Namun ia meyakini kalau bakat sesungguhnya adalah berakting.

"Ini kesadarannya enggak instan," ucapnya.

3. Kembangkan bakat yang dimiliki

Tips kembangkan bakat ala Reza Rahadian dan Isyana © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Menurutnya, setelah menemukan bakat yang dimiliki sebaiknya dikembangkan. Misal suka musik, bisa mengikuti berbagai perlombaan agar bakat kita bisa terus terasah.

4. Lakukan dengan konsisten

Tips kembangkan bakat ala Reza Rahadian dan Isyana © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Dari pengalamannya selama ini, pemain film Habibie & Ainun itu mengajak para anak muda untuk menemukan bakat dalam dirinya dengan memulai dan mencoba dari hal yang disukai secara konsisten.

"Enggak usah pikirin orang lain dulu. Lakukanlah apa yang kamu suka dan mulailah sekarang. Kamu akan sadar akan bakat itu perlu waktu yang panjang. Itu tidak bisa ditemukan dengan waktu instan," tukasnya.

5. Lakukan secara sungguh-sungguh

Tips kembangkan bakat ala Reza Rahadian dan Isyana © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@isyanasarasvati

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama penyanyi Isyana Sarasvati mengatakan bakat akan muncul ketika anak-anak selalu merasa senang melakukan hal tersebut.

“Yang terpenting semua yang dilakukan harus sungguh-sungguh, rendah hati, dan selalu bersyukur,” ucapnya.

Namun di sisi lain, penting juga memiliki lingkungan keluarga yang sangat suportif dalam mendukung kemauan anak dalam meraih mimpinya.

“Aku selalu ingat, kalau kita sudah menemukan bakat kita, kita harus mengubah bakat itu menjadi modal untuk bertahan hidup di kemudian hari," tuturnya.

Berbicara dengan pencarian bakat dalam diri anak remaja, tahun ini Pocari Sweat kembali melakukan kampanye Bintang SMA 2021. Program ini adalah wadah bagi anak SMA untuk tampil dan unjuk gigi dalam mengeksplorasi bakat dalam dirinya.

Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati mengajak para anak-anak SMA menunjukkan apapun bakarnya dan raih kesempatan bersama para expert dan digital creator. Bahkan mereka juga punya kesempatan berkolaborasi dengan artis internasional.

"Sweeat for dreams, jadi kami ingin mewujudkan mimpi-mimpi para anak SMA bagi mereka yang mau bergerak, berkeringat, dan mau berusaha. Kita ingin melihat anak-anak SMA mewujudkan mimpinya melalui caranya masing-masing yang berbeda," ujarnya.

Ajang ini tidak membatasi kategori para remaja. Para peserta hanya butuh merekam video sederhana sambil menunjukkan bakat yang dimiliki seperti menyanyi, bermusik, akting, menari, bela diri, atau apapun itu.

Acara ini akan diisi oleh seleb papan atas berbakat yang akan menjadi juri, seperti Najwa Shihab, Reza Rahadian, Isyana Sarasvati, konten kreator Jovial Da Lopez, dan penari profesional Ufa Sofura.

(brl/guf)

(brl/guf)